D’Mall di Depok merupakan pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.
Mall ini mengusung konsep yang baru dan berusaha untuk menarik pengunjung dengan berbagai gerai yang lengkap, mulai dari pusat perbelanjaan, restoran, arena hiburan hingga kantor bank.
Selain itu, lokasinya yang strategis dan mudah diakses melalui transportasi publik menjadikan D’Mall Depok semakin diminati.
Mall ini memiliki lima lantai dan telah mengalami renovasi serta perubahan konsep untuk meningkatkan citranya dan menyesuaikan dengan pergeseran tingkah laku masyarakat.
Lokasi: Jl. Margonda Raya Kav. 88, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423
HTM: Gratis
Telepon: (021) 7753487
Buka Jam Berapa
- Senin 10.00–21.30
- Selasa 10.00–21.30
- Rabu 10.00–21.30
- Kamis 10.00–21.30
- Jumat 10.00–21.30
- Sabtu 10.00–22.00
- Minggu 10.00–22.00
Berbagai wilayah di Indonesia pun banyak yang telah menjadi sasaran pengembangan pusat perbelanjaan baru. Pengembangan mall yang terbilang pada seri mega terlihat jelas di area sekitar ibukota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
Namun perkembangan tersebut tidak hanya merambah pada area Jabodetabek dan Pulau Jawa saja, melainkan kota-kota besar lainnya dari Sabang bahkan hingga ke ujung Merauke sekalipun ikut menyaksikan perkembangan ini.
Tak bisa dipungkiri, pusat perbelanjaan pun selalu menjadi trend dan primadona hingga selalu dipadati oleh masyarakat.
Perkembangan Pusat Perbelanjaan di Indonesia
Terdapat beberapa pusat perbelanjaan yang memiliki ikon megah dan selalu ramai dikunjungi, seperti Taman Anggrek, Plaza Senayan, Kelapa Gading, AEON Serpong, dan FX Sudirman, khususnya di bagian selatan Jakarta. Namun, meskipun begitu, perkembangan mall di Indonesia tidak selalu membuahkan hasil yang baik.
Banyak pusat perbelanjaan yang mengalami kejadian pahit, seperti selalu sepi hingga hampir gulung tikar, seperti halnya dengan Mall Grand Serpong, ITC Kuningan, ITC Fatmawati, Kelapa Gading Trade Center W, Bekasi Square, Mega Karawang, Grand Palladium Medan, Kaza City Surabaya, dan masih banyak lagi.
1. Strategi Marketing Pusat Perbelanjaan
Masalah strategi pemasaran menjadi salah satu penyebab utama kegagalan eksistensi dari pusat perbelanjaan di Indonesia. Banyak pusat perbelanjaan yang kurang sukses dalam menjalankan strategi pemasaran mereka, sehingga kurang diminati oleh pengunjung.
Bahkan ada beberapa contoh pusat perbelanjaan yang sudah tidak dioperasionalkan lagi dan berubah menjadi bangunan kosong nan angker, seperti Pasaraya Sri Ratu, Lingkar Selatan (Molis) Bandung, Ramayana Gresik, Ramayana Kediri, dan MX Malang.
Dalam industri perbelanjaan, strategi pemasaran yang tepat dan inovatif sangatlah penting agar pusat perbelanjaan dapat bertahan dan berkembang di pasar yang semakin kompetitif.
2. Konsep Mall
Di Indonesia, pembangunan pusat perbelanjaan seringkali hanya mengandalkan permintaan kebutuhan kota dan beranggapan semakin banyak penduduk maka semakin banyak pula pengunjungnya.
Namun, konsep bangunan dan tata letak gerai yang terkesan terlalu terkotak-kotak seringkali kurang menarik bagi pengunjung dan membuat mereka cepat bosan.
Namun, berbeda dengan mall di mancanegara yang banyak sukses dan bisa menjadi contoh untuk Indonesia.
Sebagai contoh, pusat perbelanjaan yang didirikan oleh Giga Group Pakistan DXMall seperti:
- Islamabad
- Khrisna Apra Indirapuram
- Neytaji Subhnash Place (NSP)
- Rohini West
- Ring Road Pitampura
- Rawalpindi
- Boracay Filipina
Tak hanya itu, pusat perbelanjaan lainnya seperti Orchard di Singapura, Langkawi Fair Shopping Mall di Kuala Lumpur, Bandar Seri Inskandar Perak di Malaysia, dan Ho Chi Minh di Vietnam juga sukses berkat konsep yang menyesuaikan dengan pergeseran tingkah laku masyarakat.
Oleh karena itu, Indonesia perlu belajar dan mengembangkan konsep pusat perbelanjaan yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung.
3. Fungsi Utama Mall
Fungsi mall saat ini tidak lagi hanya sebagai tempat berbelanja, tetapi juga sebagai arena hiburan dan sosialisasi.
Apalagi penerapan konsep Transit Oriented Development (TOD) menjadi faktor kunci dalam menstabilkan jumlah pengunjung.
Pengembangan perumahan dan pusat perbelanjaan yang terintegrasi dengan moda transportasi publik berorientasi pada konsep one stop living. Berada di one stop living area, pusat perbelanjaan ini diyakini tidak akan pernah sepi pengunjung.
Hal ini dikarenakan selalu ada penghuni apartemen/hotel atau pekerja yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke mall, baik untuk sekadar makan, nongkrong, nonton film, atau istirahat.
Perkembangan D’Mall Depok
Mall Depok yang dibangun di atas tanah seluas 45.000 meter persegi pada tahun 1996, terdiri dari 5 lantai termasuk 1 lantai basement, merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Depok yang menghadapi permasalahan serupa.
Namun, dengan munculnya pusat perbelanjaan lain di sekitar Depok, mal tersebut seolah kehilangan daya tariknya.
Untuk mengatasi masalah ini, PT. Propindo Sedayu selaku pemilik mal ingin memperbaiki citra dan mengubah konsep pusat perbelanjaan bagi masyarakat Depok.
Strategi awal adalah mengubah nama Depok Mall menjadi Dmall. Selanjutnya, mall ini bertujuan untuk menyempurnakan konsepnya dengan mengadopsi konsep sukses dari berbagai pusat perbelanjaan di luar negeri.
Konsep baru DMall dirancang agar fleksibel dan merangkul semua lapisan masyarakat, dengan menyediakan tempat yang menyenangkan dan nyaman untuk berbelanja sehari-hari, bertemu kolega atau teman, atau sekedar berkumpul bersama keluarga dan teman.
Lokasi Dimana
Jika menggunakan transportasi publik, akses ke DMall Depok sangat mudah dan strategis karena terletak di jantung Kota Depok, sebelah timur Hotel Fave Margonda.
Untuk memudahkan pencarian alamat, Anda juga dapat menggunakan aplikasi map yang akan membawa Anda ke Jalan Margonda Raya Kavling 88, Depok, Jawa Barat.
Daftar Restoran
DMall Depok dengan konsep barunya menawarkan berbagai gerai yang lengkap, mulai dari pusat perbelanjaan pakaian, alat kebutuhan rumah tangga, restoran, toko buku, arena hiburan hingga berbagai kantor administrasi bank.
Seluruh gerai tersebut terakomodasi pada seluruh lantai DMall, berikut adalah daftar gerai-gerai yang tersedia di DMall.
Basement:
Berikutnya, di Dmall Depok, lantai basement tidak hanya difungsikan sebagai area parkir, namun juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat memanjakan pengunjung seperti gerai kecantikan spa, Daily Foodhall Shops, dan layanan laundry.
Tidak hanya itu, terdapat juga salon khusus kendaraan yang bernama Auto Polish. Dengan adanya fasilitas tersebut, pengunjung dapat merawat dan membersihkan kendaraannya dengan mudah ketika berkunjung ke pusat perbelanjaan ini.
Lantai Ground (G):
Di lantai dasar, pengunjung bisa menemukan berbagai restoran terkemuka seperti KFC, Baskin Robbins, Starbucks, Domino’s Pizza, Gokana Ramen & Tepan, Es Teler 77, Ichiban Sushi, dan Dunkin Donuts.
Selain itu, terdapat juga gerai seperti Yopie Salon, Optik Melawai, Yongki Komaladi, dan Golden Truly.
Lantai 1:
Pada lantai ini, sebagian besar gerai menjual mainan khusus untuk anak-anak. Ada juga kuliner menu nusantara yang tersedia di Warung Tekko dan Bakso Malang Karapitan (BMK).
Lantai 2:
Meskipun beberapa ruko masih kosong, di lantai ini Anda bisa menemukan gerai penjualan produk elektronik dan furnitur seperti Electronic Solution, My Home, dan MPG Furniture. Tidak hanya itu, bioskop CGV Cinemas juga tersedia di lantai 2 ini.
Lantai 3:
Lantai ini dikenal sebagai pusat kuliner nusantara. Anda dapat menikmati Bebek Semego, Bakso Tenis Pancoran, Bakmi Margonda, Pempek Tussy, Soto Betawi, Bakmi Bangka, Warung Sate, dan berbagai jenis makanan food court lainnya yang tersedia di sini.
Penutup
Dari rangkaian informasi di atas, kita dapat melihat bahwa D’Mall Depok hadir dengan konsep yang baru, berbeda dari konsep pusat perbelanjaan di Indonesia pada umumnya.
D’Mall di Depok tidak hanya hadir sebagai tempat perbelanjaan, tetapi juga sebagai tempat untuk bersosialisasi dan bersenang-senang.
Mulai dari gerai lengkap hingga berbagai arena hiburan dapat ditemukan di dalam D’Mall Depok. Dengan lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau, D’Mall Depok menawarkan kemudahan bagi pengunjung untuk menemukan berbagai gerai dan fasilitas yang disediakan.
Bagi Anda yang ingin mencari pengalaman belanja yang berbeda, D’Mall Depok bisa menjadi pilihan yang menarik.