Pantai Marina Semarang 2023 Harga Tiket Masuk

Pantai Marina Semarang termasuk kedalam salah satu pantai paling ramai dikunjungi saat liburan. Keindahan pemandangan sore hari dari pantai ini mampu menarik banyak wisatawan bahkan dari luar Semarang.

Suasana pantainya yang tenang dan tempat yang nyaman jadi nilai lebih tempat wisata favorit keluarga ini. Anda tidak hanya akan melihat panorama alam tapi juga dapat menikmati berbagai hal menarik lainnya.

Pada awalnya pantai ini merupakan kawasan hutan bakau yang tidak terlalu terawat. Namun setelah di reklamasi, pantai ini mulai memperlihatkan keindahan dan daya tariknya ke wisatawan.

Daerah perkantoran dan komplek perumahan di selatan Pantai membuat akses menuju pantai ini sangat mudah. Selain itu berbagai fasilitas pendukung pun tersedia di kawasan pantai, lebih jelasnya simak terlebih dahulu ulasan mengenai Pantai Marina berikut.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Tawang Sari, Semarang

HTM: Rp.5.000 per Orang

Jam Buka: 05.00 – Malam

Nomor Telepon:

Daya Tarik Pantai Marina 

Dengan garis pantai sekitar 500 meter, wisatawan yang datang bisa melihat langsung pemandangan laut Jawa yang tenang. Tepi pantainya pun sangat sejuk dan nyaman karena dipenuhi dengan banyak pohon rindang.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga atau pasangan di sore hari. Berikut ini beberapa kegiatan dan hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Marina Semarang.

Lokasi Pantai Marina Semarang

Lokasi pantai selalu memberikan ketenangan dan kesenangan bagi para pengunjungnya. Suara ombak dan angin yang sepoi-sepoi, menawarkan suasana liburan yang menyenangkan bagi keluarga dan teman-teman.

Di kota Semarang, terdapat Pantai Marina, salah satu pantai populer di wilayah Jawa Tengah. Banyak wisatawan yang memilih untuk menghabiskan waktu liburan mereka di sini bersama keluarga atau teman-teman dekat.

Meskipun anggaran terbatas, Pantai Marina tetap menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan pantai.

Tidak seperti pantai-pantai besar lainnya seperti Ancol Jakarta, Bontang Batang, atau pantai di Lampung Selatan dan Bantaeng Sulsel, Pantai Marina tetap menawarkan pengalaman yang tak kalah indah.

Wisata Pantai

Pantai Marina di Semarang, Jawa Tengah memang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan bagi para pengunjung.

1. Kapal Wisata

Salah satu daya tarik utama dari pantai ini adalah keberadaan kapal wisata yang dapat digunakan untuk berkeliling di wilayah perairan. Kapal ini biasanya dipergunakan oleh para wisatawan untuk menikmati keindahan pantai dan sekitarnya dari atas kapal.

2. Gazebo dan Hutan Bakau

Tidak hanya menawarkan kapal wisata, Pantai Marina juga menyediakan banyak fasilitas lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Arena balap mobil yang terletak di sebelah utara pantai, menyewakan ban renang, gazebo yang terletak di sepanjang pantai, serta deretan kursi yang di persiapkan untuk bersantai.

Anda bisa menikmati hutan bakau sambil berputar-putar menggunakan kapal selain itu Anda juga bisa melihat aktivitas di pelabuhan Tanjung Mas yang terletak di sebelah timur pantai.

3. Spot Berfoto

Pantai Marina juga terkenal dengan keindahan pemandangan breakwater, sebuah spot terbaik bagi para wisatawan yang suka berfoto dan berbagi keseruan dengan teman-teman. Selain itu, Pantai Marina memiliki pasir putih yang lembut sehingga cocok untuk jalan-jalan santai di garis pantainya.

4. Wisata Kuliner

Anda juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Semarang hingga olahan seafood lezat di kedai-kedai yang ada. Masakan udang lobster, kepiting, dan ikan laut siap mengisi perut Anda yang lapar setelah berkeliling pantai.

Tempat ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh dalam bentuk makanan maupun pernak-pernik khas Semarang. Selain puas menikmati pemandangan pantai, Anda pun dapat puas berbelanja serta menikmati kuliner yang tersaji di Pantai Marina ini.

5. Tempat Pemancingan

Tidak hanya menawarkan keindahan alam, Pantai Marina juga menjadi lokasi pemancingan favorit. Terdapat bibir pantai yang terdapat tumpukan batu-batu besar yang berfungsi untuk membentengi pantai.

Tempat ini menjadi area yang baik bagi ikan untuk berlindung dan menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk memancing.

Walaupun hanya terdapat ikan kecil, tetapi memancing di lokasi ini tergolong cukup mudah dan murah karena tidak perlu menyewa kapal untuk sampai ke tengah demi mendapatkan ikan.

6. Tempat Parkir Luas

Dengan akses jalan yang mudah dan lahan parkir yang luas, Pantai Marina menjadi tempat yang mudah untuk dikunjungi oleh para pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai yang indah dan menenangkan. Namun, tetap perlu memperhatikan keselamatan diri dan lingkungan sekitar saat berkunjung ke Pantai Marina.

7. Melihat Sunset Pantai Marina Semarang

Pantai Marina sangat terkenal sebagai salah satu spot menyaksikan Sunset terbaik di Semarang. Pemandangan matahari yang perlahan tenggelam di garis khatulistiwa selalu dinanti wisatawan.

Menjelang sore hari jalanan di pinggir pantai selalu ramai oleh pengunjung dari segala usia. Tidak jarang mereka datang bersama keluarga atau sendiri berolahraga di sekitar Pantai.

Penginapan di Sekitar

Berada di lokasi yang mudah diakses menjadi keuntungan tersendiri untuk para pengunjung Pantai Marina Semarang, karena pilihan penginapan yang bisa dipilih menjadi lebih fleksibel. Ada banyak opsi penginapan populer di sekitar pantai.

Beberapa pilihan penginapan bintang lima di sekitar Pantai Marina Semarang di antaranya adalah Gumaya Tower Hotel Semarang, Hotel Bengkalis, Quest Hotel, dan Hotel Neo Candi Semarang.

Selain itu, bagi backpacker atau wisatawan yang ingin berhemat, beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda pilih adalah Imam Bonjol Hostel Semarang, Nozz Hotel, dan Whiz Hotel Semarang.

Dengan banyaknya opsi penginapan, para pengunjung dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing.

Rute Menuju Lokasi

Rute untuk sampai di Pantai Marina sebenarnya mudah dijangkau. Entah dari arah barat seperti Kendal atau pun dari arah timur contohnya seperti Demak, bahkan hingga dari arah Ungaran. Berikut rute yang bisa Anda pilih, antara lain:

Rute dari Kendal

Rute ke Pantai Marina dari Kendal, Pekalongan, Batang dan sekitarnya. Anda hanya perlu menuju ke arah timur dan memasuki bundaran kali banteng.

Bundaran ini berdekatan dengan Museum Ranggawarsito, dan menuju ke jalan dengan arah Surabaya, sampai di SPBU, Anda cukup belok ke kiri menuju ke Supermarket Giant, dan Anda pun sudah berada dekat dengan Pantai Marina.

Rute dari Kudus

Rute dari Kudus. Bila Anda dari Kudus, Pati, Demak dan yang lainnya, Anda dapat menuju ke Semarang dengan ke jalan arteri dan menuju langsung ke Pantai Marina,

Rute dari Solo dan Jogja

Rute dari Solo, Jogja, dan sekitarnya. Ana dapat mengambil jalan melalui tugu muda dan menuju ke arah barat hingga sampai di bundaran kali banteng, setelah sampai di SPBU, segera berbelok ke kiri dan Anda akan sampai di Pantai Marina ini.

Bila Anda masih bingung untuk sampai di Pantai Marina ini, Anda bisa menggunakan Google Map. Sebenarnya, untuk menjangkau Pantai Marina sudah banyak terdapat kendaraan umum.

Namun jika Anda ingin lebih praktis untuk menjangkau Pantai Marina ini, Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Semarang, biasanya terdapat penyewaan sepeda motor dan mobil di kota, dengan harga yang cukup bervariasi.

Harga Tiket Masuk

Cukup dengan membayar beberapa ribu rupiah, wisatawan sudah bisa bebas berkeliling menikmati keindahan Pantai Marina. Selain itu tarif berbagai fasilitas yang ada pun sangat terjangkau, untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel berikut:

Kategori Harga Tiket
Karcis Masuk Wisatawan Rp5.000,00
Sewa Kapal Rp10.000,00
Sewa Kapal Mancing Start From Rp100.000,00
Sewa Jet Ski Rp250.000,00 – Rp1.500.000,00
Baca juga: