Lokasi: Jl. Raya Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta 57731
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: 10.00 – 22.00 WIB
Telepon: (0274) 2924095
Selama periode tahun 2015-2023, Jogja telah memiliki enam Pusat Belanja yang telah lama menguasai kota, yaitu Ramai Family, Galleria, Ambarukmo, Malioboro Mall, Jogjatronic, dan Jogjakarta City.
Tidak hanya itu, Jogja juga telah menambahkan enam Pusat Belanja baru, yaitu Jogja One, Lippomall Yogyakarta, Jogja Town Square, Malioboro City, Sahid Yogya Lifestyle, dan Hartono Mall Jogja.
Meskipun 12 Pusat Perbelanjaan tersebut dianggap cukup banyak, banyak pihak berpendapat bahwa Jogja masih membutuhkan tambahan mall karena ITK (Indeks Tendensi Konsumen) DIY terus mengalami peningkatan.
Selain itu, terdapat setidaknya tiga keunggulan yang melekat pada Yogyakarta dan tidak dimiliki oleh kota-kota tetangganya.
Keunggulan-keunggulan tersebut membuat para pengembang dan peritel tertarik untuk menciptakan proyek-proyek baru terkait dengan bidang mereka di Provinsi DIY.
Yogyakarta memiliki tiga keunggulan, yaitu sebagai destinasi wisata dunia yang menjadi primadona pariwisata Indonesia kedua setelah Bali, banyaknya mahasiswa baru yang datang dan kuliah di Yogyakarta dari seluruh penjuru Indonesia, dan menjadi kota urban yang terbuka terhadap segala perubahan seperti gaya hidup.
Karena tingkat kebutuhan masyarakat terus meningkat dan semakin bervariasi, pusat perbelanjaan menjadi sarana yang dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.
Oleh karena itu, PT Delta Merlin Dunia Properti mendirikan Hartono Mall Jogja (HMJ) sebagai pusat perbelanjaan terbesar di DIY dan Jawa Tengah.
Dengan masih besarnya tingkat kebutuhan masyarakat Jogja dan sekitarnya akan hadirnya pusat-pusat perbelanjaan baru, kehadiran HMJ diprediksi akan memiliki prospek bagus ke depan dan menarik minat para peritel serta pengunjung.
Masyarakat urban sekarang membutuhkan pengakuan, kepuasan penglihatan, dan eksistensi di tengah lingkungan sekitarnya, sehingga pusat perbelanjaan seperti HMJ dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Sekilas Tentang
HMJ dibuka untuk pertama kalinya pada 20 November 2015 dan langsung memikat perhatian masyarakat Yogyakarta.
Mall ini merupakan Pusat Perbelanjaan terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan total gross floor area seluas 220.000 meter persegi dan Nett Leassable Area (NLA) seluas 80.000 meter persegi di atas lahan seluas 6,2 hektar.
Dibandingkan dengan Pusat Belanja sebelumnya, seperti Plaza Ambarukmo, Paragon City Semarang, dan Solo Paragon, HMJ memiliki gross floor area yang lebih besar.
Bangunan HMJ memiliki 8 lantai dan 2 basemen yang dapat menampung lebih dari 300 tenant.
Selain itu, HMJ juga menawarkan berbagai fasilitas hiburan, wahana permainan, gadget, fashion dan aksesoris, kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya di lantai lower ground hingga lantai 3.
Area parkir tersedia di lantai B1 dan B2 yang mampu menampung lebih dari 7.000 kendaraan bermotor dengan sistem parkir menggunakan mesin otomatis.
Selain ukuran dan jumlah tenant yang banyak, HMJ juga menawarkan brand-brand ternama yang diakui baik lokal maupun internasional.
Dari 300 tenant, 200 di antaranya merupakan brand lokal dan 100 tenant lainnya berasal dari brand internasional seperti H&M Department Store, Parkson Department Store, Matahari Department Store, Hypermart, ACE Hardware, Electric Solution, Informa, Converse, dan Velvet.
HMJ menawarkan banyak brand besar seperti Uniqlo, Zara, Nike, JCO, KFC, Gramedia, Eggo Waffle, Chatime, Kidz Station, Fun World, dan CGV Blitz Cinema.
Dengan banyaknya toko di sini, HMJ ingin menegaskan tagline-nya sebagai “Your Shopping World” dan mempertahankan posisinya sebagai ikon pusat perbelanjaan di DIY.
Untuk memanjakan pengunjung kelas eksklusif, terutama wisatawan asing yang berkunjung ke Jogja, HMJ bekerja sama dengan JW Marriott yang berlokasi di sebelah selatan pusat perbelanjaan ini.
Hotel bintang lima ini menyediakan 413 kamar dengan berbagai tipe dan harga bagi kalangan menengah ke atas serta tamu-tamu mancanegara yang sudah mengenal brand hotel kelas internasional ini.
Meskipun HMJ memberi ruang yang cukup bagi pengunjung kelas menengah ke atas, General Manager HMJ, Herman E. Fherero, mengatakan bahwa mall ini tetap memprioritaskan kalangan menengah ke bawah.
Menurutnya, tingkat konsumsi masyarakat Jogja terhadap brand ternama belum sebesar Solo atau kota-kota besar lainnya di Indonesia, meskipun Jogja sendiri merupakan kawasan urban.
Oleh karena itu, HMJ berubah dari konsep presenter menjadi mall lifestyle, yang lebih cocok dengan pola dan gaya hidup masyarakat Jogja.
Dari jumlah tenant yang meramaikan HMJ, sekitar 10 persennya diisi oleh produk-produk UMKM. HMJ menargetkan sekitar 30 persen dari kalangan menengah ke atas dan 70 persen merupakan perpaduan antara kalangan menengah, bawah, dan mahasiswa.
HMJ merupakan bagian dari PT Delta Merlin Dunia Properti yang telah dikenal sebagai raja properti di DIY dan Jawa Tengah sejak tahun 2000.
Perusahaan ini memiliki empat pusat perbelanjaan, tiga hotel, dan satu wisma, yang semuanya menjadi bukti eksistensi PT Delta Merlin Dunia.
Beberapa hotel dan pusat perbelanjaan yang dimiliki oleh perusahaan ini antara lain Hartono Trade Center, Best Western Solo, The Alana Solo, dan Hartono Mall Solo.
HMJ sendiri sengaja dibangun di lokasi yang strategis di pinggiran jalan, dengan alamat di JL. Raya Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, sehingga dapat dijangkau dengan mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari segala arah.
Pusat perbelanjaan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, sehingga pengunjung dapat berbelanja sepuas-puasnya di sini.
Wisata Belanja
Menjelajahi HMJ sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah pasti memberikan pengalaman yang menyenangkan.
Mata akan dimanjakan dengan berbagai jenis barang yang tersedia di Lower Ground, Ground Floor, Upper Ground, Lantai 1, Lantai 2, dan Lantai 3. Apapun yang diinginkan, selama uang di dompet mencukupi, Anda dapat membelinya.
Dengan 300 tenant yang menempati HMJ, Anda dapat membandingkan kualitas dan harga barang yang akan dibeli, serta berburu diskon untuk mendapatkan harga terbaik dan termurah.
Namun, waktu yang tersedia harus cukup panjang karena untuk menjelajah seluruh toko, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam, terlebih lagi jika Anda ingin memilih barang dan membandingkan harga antara toko satu dengan yang lain.
Bagi pengunjung yang baru pertama kali datang ke HMJ, disarankan untuk melihat tenant directory di pintu masuk atau di bagian informasi untuk mengetahui apa saja yang tersedia di setiap lantai.
Pada Ground Floor dan Upper Ground, terdapat puluhan tenant yang membawa nama puluhan brand baik lokal maupun internasional, sehingga tempat yang paling tepat bagi pengunjung yang ingin membeli produk-produk fashion dan aksesoris berada di kedua lantai ini.
Namun, untuk mencari produk Parkson, pengunjung harus menuju ke Lower Ground. Sedangkan untuk mencari produk Beauty & Personal Care, pengunjung dapat menuju ke Lower Ground karena di lantai ini tersedia berbagai produk dari belasan merek, dan selebihnya dapat ditemui di Ground Floor dan 2nd Floor.
Bagi pengunjung yang mencari tempat makan setelah berbelanja, Lower Ground dan Ground Floor menjadi pilihan pertama karena terdapat food court dari puluhan tenant, serta beberapa restoran dan tenant kuliner yang ada di lantai 3.
Sedangkan untuk pengunjung yang ingin memanjakan putra-putrinya dengan berbagai fasilitas hiburan, Kidz Station dapat ditemukan di Upper Ground, sementara Kings Fun terletak di Lantai 1, Fun World di Lantai 2, dan Gamer Village serta Fun & Fit di Lantai 3.
Bagi pengunjung yang ingin menonton film-film terbaru, dapat menuju Lantai 2 untuk menikmati bioskop cineplex persembahan dari CGV Blitz Cinemas.
Untuk informasi yang lengkap mengenai HMJ dan semua toko yang ada di dalamnya, cara terbaik adalah membuka website resmi dari pusat perbelanjaan tersebut.
Di sana juga tersedia informasi tentang event dan pameran, promo-promo yang sedang berlangsung, serta lowongan kerja bagi yang tertarik bekerja di bidang retail.
Untuk menggerakkan roda perdagangan di pusat perbelanjaan ini, dibutuhkan banyak SDM sehingga HRD mall hampir setiap waktu memasang informasi lowongan kerja atau karir.
Informasi tentang berbagai event, pameran, dan promo dari produk atau toko tertentu dapat ditemukan di website resmi HMJ, serta akun Facebook dan Instagram resmi dari pusat perbelanjaan ini.
Selain itu, informasi juga dapat diperoleh dengan menghubungi customer service melalui email info@hartonomallyogya.com atau nomor telepon (0274) 2924095.
Salah satu cara lain untuk mengakses informasi dari pusat perbelanjaan megah ini adalah dengan memasang aplikasi belanja online Hartono Mall yang dapat diunduh melalui Google Play Store.
Dengan memasang aplikasi tersebut, berbagai program, event, pameran, dan promo yang digelar oleh HMJ dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja.
HMJ memberikan kemudahan tidak hanya melalui aplikasi seluler tetapi juga melalui Premiere Card yang mulai digunakan pada tanggal 28 Mei 2016.
Premiere Card diberikan secara gratis kepada pelanggan yang berbelanja minimal Rp.150.000 sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan.
Dengan menunjukkan kartu tersebut saat berbelanja, pelanggan yang berbelanja minimal Rp.100.000 di Special Tenant atau Rp.150.000 di Anchor Tenant, akan memperoleh 1 poin yang dapat ditukar dengan souvenir-souvenir menarik.
Pemegang Premiere Card yang berbelanja minimal Rp.500.000 berhak mendapatkan 1 poin tambahan untuk diikutsertakan dalam undian dengan hadiah utama All New Nissan Grand Livina di akhir periode.
Aktifitas Menarik
Di HMJ, selain berbelanja berbagai jenis barang, banyak kegiatan menarik lainnya yang dapat dinikmati, antara lain:
1. Hangout dan Cuci Mata
Menjelajahi pusat perbelanjaan yang luas dan melihat berbagai jenis barang dari berbagai merek dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan, bahkan jika tidak ada niat untuk berbelanja.
Terlebih lagi, jika ada event seperti pameran, pertunjukan musik, atau festival yang sering diadakan di atrium HMJ.
Setelah puas berkeliling, pengunjung dapat beristirahat dan nongkrong bersama pacar, teman, atau keluarga di tenant food & beverage yang tersebar di Lower Ground, Ground Floor, dan Lantai 3.
Berbagai merek terkenal seperti Starbucks, Italian Delight, Wendy’s, BreadTalk, Chatime, Es Teler 77, dan lain-lain dapat dipilih oleh pengunjung.
2. Wisata Kuliner
Anda tidak perlu khawatir kelaparan dan kehausan ketika berlama-lama di dalam HMJ karena terdapat food court yang terletak di 3 lantai yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman.
Anda dapat menikmati menu lokal seperti Baksi Kota Cakman, Japanese Food yang disajikan oleh Ichiban Sushi dan Sumo Squid, aneka hidangan seafood di Fish n Co, serta berbagai menu lainnya yang pastinya akan memanjakan lidah Anda.
3. Wahana Permainan
Bagi pengunjung yang membawa anak ke pusat perbelanjaan, tidak perlu khawatir karena terdapat sejumlah wahana permainan yang siap menemani putra-putri Anda saat Anda sedang berbelanja.
Di Kings Fun, misalnya, terdapat wahana permainan seperti Boom Boom Car, Virtual Cooking Mama, Pump, Danzbase, Maximum Tune, dan lain-lain. Sementara itu, di Funworld terdapat Mexican Coaster, Kereeta Thomas, Happy Swing, Caroussel, Bumper Car, Magic Bike, Pump It Up Prime, serta lebih dari 150 mesin game lainnya.
Jika putra-putri Anda lebih menyukai game online, Anda dapat membawanya ke Gamer Village, yang menyediakan 100 PC gaming yang didukung oleh koneksi internet sebesar 30 Mbps di area PC dan 100 Mbps untuk area Wifi.Id Corner.
Sedangkan untuk pengunjung yang gemar bermain olahraga, Fun & Fit di Lantai 3 adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.
4. Nonton Bioskop
Di CGV Blitz Cinemas, para pengunjung dapat merasakan sensasi yang berbeda ketika menonton film terbaru, karena mereka bukan hanya akan menyaksikan gambar bergerak saja.
Para pengunjung dapat menonton film dengan layar cekung di Sphere-X atau menikmati film 4D dengan efek gerakan, efek air, angin, dan aroma di Cinema 4DX.
Saat ini, CGV Blitz Cinemas di HMJ memiliki tiga ruang studio Regular, satu studio Starium, satu Velvet, satu Spherex, dan satu studio 4DX.
5. Event Menarik
Sejak soft opening pada tanggal 20 November 2015, HMJ selalu menghadirkan event menarik minimal satu kali dalam sebulan.
Tidak hanya itu, HMJ juga seringkali menghadirkan artis-artis dan grup musik ternama di Indonesia, seperti Drive, Kotak, Letto, Geisha, dan lain-lain.
HMJ sering menggelar berbagai pameran dan kompetisi menarik, seperti Auto Show, Culinary Festival, K-Pop Dance Competition, Vocal Competition, dan berbagai event lainnya.
Meskipun HMJ tidak memiliki arena gokart di bagian atapnya seperti Hartono Mall Solo Baru, namun dengan seringnya menggelar event yang menarik, pusat perbelanjaan ini memiliki daya tarik lebih untuk mengundang pengunjung.