Pantai Salju Deli Serdang 2023: Rute Lokasi dan Daya Tarik

Pantai Salju Deli Serdang sebenarnya bukanlah seperti pantai pada umumnya. Sekilas, kawasan ini mirip seperti sungai namun bentuknya menyerupai bibir pantai sehingga banyak orang menyebutnya sebagai pantai.

Pantai ini bernama Salju bukan berarti wisata ini menawarkan musim salju seperti di negara Eropa. Tetapi karena aliran airnya mengalir melewati bebatuan cadas yang tampak berwarna putih seperti salju.

Banyaknya batuan cadas di kawasan ini mengingatkan kita pada Pantai Biru Medan yang juga mempunyai ribuan batu cadas. Bedanya, bebatuan di sini berwarna putih.

Selain keindahan alam, tempat wisata ini memiliki legenda yang dipercaya oleh warga sekitar. Konon bebatuan vulkanik yang Anda jumpai di kawasan ini mirip seperti lubang permainan tradisional Congklak.

Legenda ini diambil dari kisah Boru Sipitu-pitu yang bermakna tujuh putri. Dulu ketujuh putri ini gemar bermain Congklak. Permainan tersebut lalu menjadi syarat bagi para lelaki yang berniat melamar sang putri.

Namun ada sang pangeran yang berhasil memenangkan permainan Congklak. Akan tetapi, para putri mengelaknya. Mereka berusaha mengelabui sang pangeran.

Sampai pada akhirnya, sang pangeran melempar papan Congklak ke arah sungai dan mengutuk para putri hingga mereka menghilang entah kemana.

Keindahan Wisata

Jika Anda sedang berada di Medan dan mencari tempat wisata air yang menyenangkan, Anda bisa mengunjungi Pantai Bela atau yang dikenal juga dengan nama Pantai Salju.

Di sini, Anda bisa menikmati kesegaran air pegunungan dan keindahan alam yang menakjubkan. Pantai Salju berlokasi di Perbaungan, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Meskipun bukan pantai sebenarnya, Pantai Salju menjadi populer di kalangan masyarakat karena airnya yang bersih dan sungainya yang jernih, membuat bibir sungai menyerupai bibir pantai.

Pengunjung sering datang beramai-ramai dengan keluarga atau teman-teman, menikmati sungai, mengambil gambar, atau merekam momen tersebut dalam video.

Sebagai salah satu obyek wisata favorit para pelancong, rasanya kurang lengkap jika Anda tidak menikmati seluruh daya tarik yang ditawarkan dari pemandian di Daerah Galang ini. Simak beberapa daya tarik berikut supaya Anda tidak melewatkannya.

1. Arung Jeram

Terdapat beberapa titik di sungai ini yang memiliki jeram yang deras. Titik-titik ini lalu dimanfaatkan untuk kegiatan arung jeram.

Namun wisata arung jeram di sini tak se-ekstrem olahraga arung jeram di Sungai Elo. Arung jeram di sungai ini cukup sederhana. Pengunjung hanya menaiki ban pelampung double, bukan perahu khusus arung jeram.

Kemudian Anda duduk di atas lubang dan biarkan air sungai menghanyutkan ban yang Anda tumpangi. Derasnya air sungai tidak begitu ganas sehingga olahraga tersebut bisa menjadi aktivitas bermain air yang mengasyikkan.

2. Mandi dan Bermain Air

Berbeda dengan Pantai Iboih yang warna airnya biru, wisata air ini menyuguhkan warna air sungai yang bening dan berwarna hijau toska dari kejauhan.

Panorama bibir sungai dengan bebatuan cadas yang indah siap menarik perhatian pengunjung dan mengundang para wisatawan untuk segera turun menceburkan diri.

Saat tubuh bersentuhan dengan air, nuansa dingin akan langsung merambat ke seluruh bagian tubuh, menciptakan sensasi segar.

Airnya sangat bersih dan jernih karena masih berasal dari sumber mata air pegunungan. Kesegaran dan sensasi dinginnya tidak perlu Anda tanyakan lagi. Segera buktikan dengan mandi dan berendam di pantai ini.

3. Desa Wisata

Anda akan rugi saat berkunjung ke kawasan wisata alam ini namun tidak mencoba menjelajahi wisata sekitarnya. Salah satunya adalah Desa Wisata Galang. Desa ini menyimpan potensi wisata yang luar biasa.

Adapun wisata yang Desa Galang tawarkan untuk pengunjung adalah tempat wisata salju panas.

Destinasi wisata terdekat tersebut merupakan cagar alam seluas 176 Hektar yang berada di daerah Dolok Tinggi Raja. Wisatawan akan mendapat suguhan pesona kawah salju. Selain itu, ada Taman Salju yang juga tak kalah menarik keindahannya.

Untuk dapat singgah di desa wisata ini, gunakan saja paket tour Domestik dari Salsa Wisata yang mencakup beberapa destinasi wisata dalam sekali perjalanan. Praktis dan yang pasti akan lebih hemat.

Asal-usul Nama

Silahkan kunjungi Pantai Salju, tempat wisata di perbaungan, Kec. Bangun Purba, Kab. Deli Serdang, Sumut yang menawarkan air sungai sejuk dan alam yang menakjubkan.

Meskipun bukan pantai sesungguhnya, bentuk bibir sungai yang membelah bebatuan cadas terlihat seperti pantai salju, mengundang pengunjung untuk berendam atau berfoto-foto di sini.

Dengan warung dan pondok-pondok untuk beristirahat, dan suasana yang asri, Pantai Salju dapat menjadi pilihan liburan yang tepat untuk keluarga dan teman-teman, dengan ribuan pengunjung pada akhir pekan dan puluhan pada hari biasa.

Fasilitas 

Fasilitas di Pantai Salju dinilai kurang memadai, kemungkinan karena kurangnya koordinasi antara pemerintah daerah dan pengelola pariwisata di kawasan tersebut. Menurut pemerintah Kabupaten Deli Serdang, mereka hanya memungut biaya masuk. Akan lebih baik jika potensi tempat wisata Bangun Purba dimaksimalkan.

Tempat wisata Pantai Salju ini dikelola langsung oleh warga setempat. Diharapkan kedepannya tempat ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Area pemandian dibiarkan alami tanpa ornamen khusus seperti taman, area anak-anak, ayunan, dan lain-lain. Ini benar-benar alami dan bagaimana lingkungan membentuknya. Namun, akan lebih baik jika ditambah fasilitas agar pengunjung merasa lebih nyaman.

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk keluarga. Anda bisa mengajak kerabat terdekat untuk bermain air dan menghabiskan waktu bersama di hari libur.

Apalagi tidak ada penginapan di dekat kawasan Pantai Salju, sehingga Anda harus pulang setelah berenang.

Harga Tiket Masuk

Tidak ada patokan harga tiket masuk kesini biasanya per mobil beserta seluruh penumpang didalamnya dikenakan Rp.15.000 hingga Rp.25.000 tergantung kesepakatan.

Selain di Medan, Pantai Salju juga ada di beberapa daerah lainnya di nusantara seperti Sungai Kunyit, Mempawah, Kalbar. Selain itu ada juga Danau Salju di Pulau Bangka.

Rute Lokasi

Berwisata ke Pantai Salju di Bangun Purba, Deli Serdang, Sumatera Utara, bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan, terutama bagi pecinta wisata air dan alam.

Meskipun fasilitas di sana masih kurang memadai, keindahan alamnya yang menakjubkan, air sungai yang sejuk dan bening, serta lekukan batuan-batuannya yang unik, menjadi daya tarik utama Pantai Salju.

Lokasinya yang berada di Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Deli Serdang dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota Medan, atau sekitar 1 jam dari ibukota Deli Serdang, Lubuk Pakam.

Meskipun belum tersedia penginapan di sana, Pantai Salju tetap menjadi pilihan yang menarik untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga atau teman-teman.

Legenda Boru Sipitu Pitu

Legenda yang menghiasi Pantai Salju ini menambah keunikan dan daya tarik wisata di tempat tersebut.

Keindahan alam yang disuguhkan ditambah dengan kisah-kisah lokal yang menarik akan membuat wisatawan semakin tertarik untuk datang dan menjelajahi tempat tersebut.

Bagi pecinta wisata alam dan legenda, Pantai Salju dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik di kota Medan.

Meskipun aksesnya agak jauh, keindahan dan keunikan yang dimiliki tempat ini pasti akan membuat perjalanan menuju Pantai Salju terbayar dengan indahnya alam dan kisah-kisah lokal yang menarik.