Taman Selecta Batu Malang 2023: Harga Tiket Masuk, Rute Lokasi, dan Fasilitas

Malang merupakan salah satu tujuan wisata populer bagi para turis baik lokal maupun mancanegara. Keindahan alam dan berbagai obyek wisata di kota ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Khususnya di wilayah Kota Batu, banyak obyek wisata menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Dengan keindahan alam dan pegunungan yang memukau, Kota Batu menawarkan banyak pilihan objek wisata yang menarik.

Tak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, Kota Batu juga memiliki berbagai macam fasilitas penginapan, termasuk hotel, villa, resort, dan guest house, yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi para pelancong.

Kota Batu memiliki tagline “Kota Batu dengan Jutaan Keindahan”, dan salah satu tempat wisata yang memenuhi kriteria tersebut adalah Taman Selecta. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan fasilitas yang disediakan di tempat ini, dan menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama keluarga dan teman.

  • Lokasi: Jl. Raya Selecta No. 1, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65336
  • HTM: Rp.40.000 per Orang
  • Jam Buka: 06.00 – 17.00 WIB
  • Telepon: (0341) 591 025
  • Web: selectawisata.com
  • Instagram: @tamanrekreasiselecta

Menilik Taman Selecta

Berkunjung ke salah satu kota di Jawa Timur ini tidak hanya sekedar pergi ke daerah atau mall ternama saja. Ada banyak destinasi rekreasi baru di Malang atau Batu yang tidak boleh dilewatkan.

Tempat-tempat tersebut dapat memberikan pengalaman unik bagi wisatawan dimana mereka dapat dengan leluasa menikmati keindahan alam.

Bagi para pelancong yang berkunjung ke kota ini, salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Taman Rekreasi Selecta.

Taman ini terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, hanya berjarak 13 km dari pusat kota. Lokasinya berada di dataran tinggi, yang memberikan udara sejuk dan segar.

Tempat rekreasi seluas 20 hektar ini memadukan kesejukan udara dan keindahan alam sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Taman liburan keluarga ini menyediakan berbagai fasilitas, seperti kolam renang, bunga, hotel, restoran, dan area bermain. Taman Selecta sudah ada sejak tahun 1928.

Menurut sejarah, Reyter Dewild, warga negara Belanda, memiliki ide untuk membangun kawasan di lembah dengan ketinggian 1100 m dpl.

Di kawasan bersuhu sekitar 17 derajat Celcius ini, tersedia beberapa penginapan ternama, seperti Hotel Bima Sakti, resor Presiden Soekarno, dan Moh. Hatta yang biasa dipakai untuk rapat.

Taman Selecta yang telah direnovasi kini menjadi tempat berlibur yang menyenangkan di Batu, apalagi dengan hadirnya wahana permainan dan fasilitas yang sangat baik seperti kolam renang, restoran, dan area parkir yang cukup luas.

Bahkan memiliki pasar buah, masjid, lapangan tenis, dan taman bermain, menjadikannya tempat yang ideal bagi wisatawan untuk menginap dan menikmati waktu berkualitas bersama keluarga atau piknik.

Banyak wisatawan melihat tempat itu sebagai tujuan rekreasi favorit untuk berlibur atau refreshing.

Fasilitas Taman Selecta Batu Malang

Tempat liburan keluarga ini dikelola dengan baik, terlihat dari berbagai fasilitasnya, seperti kolam renang. Ini adalah lokasi yang ideal bagi wisatawan untuk berenang atau bermain di air yang menyegarkan dan udara yang sejuk.

Taman liburan populer pada tahun 2023 ini diketahui publik, dan Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut di situs web resmi atau Wikipedia.

Selain itu, toilet umum disediakan untuk memastikan kenyamanan pengunjung. Usai menikmati kolam renang, para tamu dapat mengunjungi area taman hiburan, di mana terdapat beberapa wahana yang diperuntukkan bagi wisatawan, khususnya anak-anak.

Area parkir tersedia untuk kendaraan roda dua dan empat bagi pengunjung yang mengendarai mobil pribadi.

Taman Selecta dapat dijangkau dengan mudah dari Surabaya, Jakarta, dan berbagai kota lain di sekitarnya.

Selain toilet umum, Taman Selecta memiliki banyak tempat makan dan warung makan untuk memuaskan rasa lapar pengunjung.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat Taman Selecta, tersedia banyak akomodasi seperti hotel, resor, dan vila dengan harga yang sangat bervariasi.

Gazebo juga tersedia bagi wisatawan untuk bersantai menikmati pemandangan Taman Selecta. Beristirahat dan melepas penat di kawasan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Taman Selecta Batu Malang.

1. Hunting Foto

Untuk melengkapi liburan di Taman Selecta, pengunjung dapat memanfaatkan momen untuk berfoto dengan latar belakang keindahan alam di sekitar.

Selain itu, di kawasan ini terdapat kebun bunga yang berwarna-warni yang dapat menjadi objek foto menarik.

Selain dari tempat foto yang indah, pengunjung juga dapat menikmati wahana outbound seperti flying fox atau labirin yang cocok untuk seru-seruan bersama keluarga.

Selama menaiki flying fox, wisatawan dapat menikmati keindahan panorama di sekitar Taman Selecta sambil mengabadikan momen berharga bersama keluarga.

2. Kolam Renang di Selecta

Taman rekreasi di Selecta, Malang, Indonesia memiliki kolam renang yang tersedia bagi wisatawan atau pengunjung yang ingin berenang atau bersantai di tepi kolam.

Kolam renang di taman rekreasi Selecta mungkin memiliki kedalaman hinigga 4 meter untuk dewasa. Namun juga tersedia kolam untuk anak-anak.

Beberapa taman rekreasi memang memiliki kolam renang yang lebih kecil untuk anak-anak, sementara yang lain mungkin memiliki kolam renang yang lebih besar untuk orang dewasa.

Kolam renang di taman rekreasi Selecta juga menyediakan fasilitas tambahan seperti menara seluncuran air, ban renang, atau pelampung untuk menambah kesenangan bagi pengunjung.

3. Taman Bunga Selecta

Taman bunga Selecta adalah tempat yang penuh dengan warna-warna cerah dan indah dari berbagai jenis bunga yang tumbuh di sana.

Keindahan taman bunga di Selecta terdiri dari berbagai jenis bunga yang tumbuh di sana, seperti mawar, anggrek, atau bunga matahari.

Taman bunga juga mungkin memiliki taman bonsai, taman herba, atau taman kaktus yang menambah keindahan dan variasi di taman tersebut.

Tentunya, keindahan taman bunga menjadi salah satu objek andalan Selecta sehingga terus dirawat dan dijaga dengan baik.

Rute Lokasi

Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Rekreasi Selecta, dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Letaknya strategis dan dekat dengan Oro-oro Ombo.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dapat menuju ke pusat kota Batu yang dekat dengan Jatim Park dan Batu Night Safari. Dari Alun-alun kota Batu, masuk ke jalan Gajah Mada.

Beberapa ratus meter kemudian akan terlihat gedung kantor BCA dan papan petunjuk kecil yang menunjukkan arah menuju Taman Rekreasi Restoran dan Hotel Selecta. Aplikasi Google Map juga dapat membantu menemukan lokasi taman ini.

Sedangkan untuk transportasi umum, dapat berangkat dari terminal Malang menggunakan kendaraan bernama “len” dengan kode AL atau ADL menuju ke terminal Ladungsari.

Dari sana, dapat naik angkot berwarna pink menuju ke terminal Batu, kemudian naik angkot berwarna orange dengan rute Terminal Batu-Selecta-Coban Talun.

Transportasi ini akan menurunkan para penumpang di pintu masuk utama Taman Rekreasi Selecta.

Harga Tiket Masuk

Berapa tiket masuk dan jam buka taman ini ? Untuk jam operasional dari tempat hiburan ini dibuka mulai dari jam 06.00 hingga jam 18.00 wib. Sedangkan untuk tarif dikenakan biaya sebesar 40 ribu per orang.

Perlu diperhatikan, jangan membuang sampah sembarangan kala berlibur di sini dan jaga anak-anak ketikadi area taman bermain maupun di kolam renang.