Selama 2015-2023, enam pusat perbelanjaan seperti Ramai Family, Galleria, Ambarukmo, Malioboro Mall, Jogjatronic dan Jogjakarta City menguasai Jogja.
Namun, pada tahun-tahun berikutnya, enam pusat belanja baru, seperti Jogja One, Lippomall Yogyakarta, Jogja Town Square, Malioboro City, Sahid Yogya Lifestyle dan Hartono Mall Jogja, bermunculan.
Meskipun 12 pusat perbelanjaan ini dianggap banyak, masih ada banyak potensi untuk lebih banyak lagi mall baru di Jogja.
Sekilas Tentang Hartono Mall Jogja
Lokasi: Jl. Raya Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta 57731
HTM: Gratis
Buka Tutup: 10.00 – 22.00 WIB
Telepon: (0274) 2924095
Pada tanggal 20 November 2015, HMJ (Hartono Mall Jogja) pertama kali dibuka, dan langsung menarik perhatian masyarakat Yogyakarta.
Menurut Wikipedia, mall ini tidak hanya menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta, tapi juga di Jawa Tengah.
Ini menempati 6,2 hektar tanah, memiliki total luas lantai kotor 220.000 meter persegi dan NLA (Nett Leasable Area) seluas 80.000 meter persegi yang bisa disewa.
Mal yang memiliki delapan lantai dan dua basement ini mampu menampung 300 tenant yang ingin meramaikan pusat perbelanjaan ini.
Lantai bawah tanah hingga lantai tiga merupakan rumah bagi berbagai fasilitas hiburan, wahana permainan, gadget, fashion dan aksesoris, kesehatan, kecantikan, dan lainnya.
Selain itu, tersedia tempat parkir di lantai B1 dan B2 yang mampu menampung lebih dari 7.000 kendaraan bermotor dengan menggunakan sistem parkir otomatis yang aman dan nyaman bagi yang ingin memarkir kendaraannya.
Tenant dan Brand
Daya tarik utama HMJ bukan hanya ukuran bangunan dan jumlah penyewa yang banyak, tetapi juga merek-merek ternama yang menempati pusat perbelanjaan tersebut.
Dari 300 tenant tersebut, 200 diantaranya membawa merek lokal, sedangkan 100 lainnya membawa merek internasional.
Beberapa brand besar yang telah bergabung dalam mall ini antara lain H&M Department Store, Parkson Department Store, Matahari Department Store, Hypermart, ACE Hardware, Electric Solution, Informa, Converse, Velvet, Uniqlo, Zara, Nike, JCO, KFC, Gramedia, Eggo Waffle, Chatime, Kidz Station, Fun World, dan CGV Blitz Cinema, untuk beberapa nama.
Aktifitas Menarik di Hartono Mall Jogja
Selain berbelanja berbagai jenis barang, banyak aktifitas menarik lainnya yang dapat dilakukan di HMJ, diantaranya seperti:
1. Hangout dan Cuci Mata
Menjelajahi pusat perbelanjaan yang luas sambil melihat berbagai jenis barang dari merek-merek yang berbeda tentu memberikan keasyikan tersendiri, meskipun tidak ada niat untuk berbelanja.
Apalagi jika sedang ada event seperti pameran, pertunjukan musik, atau festival yang sering diadakan di atrium HMJ.
Setelah puas berkeliling dan ingin beristirahat sambil nongkrong bersama pacar, teman, atau keluarga, Anda bisa singgah ke tenant food & beverage yang dapat ditemukan di Lower Ground, Ground Floor, dan Lantai 3.
Berbagai brand terkenal tersedia, seperti Starbucks, Italian Delight, Wendy’s, BreadTalk, Chatime, Es Teler 77, dan masih banyak lagi.
2. Wisata Kuliner
Anda tidak akan kelaparan dan kehausan saat berada di dalam HMJ untuk waktu yang lama, karena terdapat foodcourt yang ada di 3 lantai yang akan memanjakan lidah Anda dengan berbagai macam makanan dan minuman.
Terdapat menu lokal seperti Baksi Kota Cakman, Japanese Food yang disajikan oleh Ichiban Sushi dan Sumo Squid, aneka olahan seafood yang ada di Fish n Co, serta menu-menu lainnya yang pasti akan menggoyang lidah Anda.
3. Wahana Permainan
Bagi mereka yang ingin berbelanja sambil membawa anak-anak, tidak perlu khawatir, karena sejumlah wahana permainan siap menemani mereka selama Anda sibuk berbelanja.
Kings Fun menawarkan berbagai wahana permainan seperti Boom Boom Car, Virtual Cooking Mama, Pump, Danzbase, Maximum Tune, dan lain-lain.
Sementara itu, Funworld menawarkan Mexican Coaster, Kereeta Thomas, Happy Swing, Caroussel, Bumper Car, Magic Bike, Pump It Up Prime, dan masih banyak lagi permainan termasuk 150 mesin game.
Jika anak Anda suka bermain game online, Anda bisa membawanya ke Gamer Village. Ada 100 Gaming PC dengan koneksi internet 30 Mbps untuk area PC dan 100 Mbps untuk area Wifi.Id Corner. Sedangkan bagi mereka yang gemar berolahraga, Fun & Fit di Lantai 3 bisa menjadi pilihan.
4. Nonton Bioskop
Lewat CGV Blitz Cinemas, pengunjung yang ingin menikmati film-film terbaru akan merasakan sensasi yang berbeda, karena tidak hanya sekedar gambar bergerak saja yang akan disaksikan.
Tapi juga nonton film dengan layar cekung di Sphere-X atau menikmati film 4D dengan efek gerak, efek air, angin dan efek aroma di Cinema 4DX.
Saat ini CGV Blitz Cinemas yang ada di HMJ memiliki 3 ruang studio Regular, 1 studio Starium, 1 Velvet, 1 Spherex, dan 1 studio 4DX.
5. Event Menarik
Sejak awal pembukaannya pada tanggal 20 November 2015, HMJ telah secara konsisten menghadirkan setidaknya satu acara menarik setiap bulannya.
Bahkan, seringkali HMJ menghadirkan artis dan grup musik ternama di Indonesia seperti Drive, Kotak, Letto, Geisha, dan lain sebagainya.
6. Wisata Belanja
Menjelajahi pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah ini memberikan hiburan tersendiri.
Mata akan dimanjakan dengan berbagai jenis barang yang tersebar di Lantai Bawah, Lantai Dasar, Lantai Atas, Lantai 1, 2, dan 3. Apapun yang diinginkan, selama uang di dompet cukup, bisa dibawa pulang.
Menariknya, dengan 300 tenant yang menempati HMJ, Anda bisa membandingkan kualitas dan harga barang yang akan dibeli, sekaligus berburu diskon untuk mendapatkan harga terbaik dan termurah.
Selain menyediakan uang yang cukup, waktu yang tersedia juga harus lama, karena butuh waktu sekitar 2-3 jam untuk menjelajahi semua toko tanpa harus masuk ke satu per satu, apalagi memilih dan membandingkan harga antar toko.
Oleh karena itu, bagi yang baru pertama kali mengunjungi pusat perbelanjaan ini, disarankan untuk melihat direktori penyewa di pintu masuk atau di bagian informasi untuk mengetahui apa yang ada di setiap lantai.
Lantai-lantai di Hartono Mall
Berikut gambaran singkat tentang isi dari setiap lantai yang ada di HMJ:
Fashion dan Aksesoris
Bagi pengunjung yang ingin membeli produk fashion dan aksesoris, tempat yang tepat adalah Ground Floor dan Upper Ground. Di kedua lantai ini terdapat puluhan tenant yang membawa merek-merek lokal dan internasional. Jika mencari produk Parkson, pengunjung bisa menuju ke Lower Ground.
Produk Kecantikan
Namun jika ingin mencari produk kecantikan dan perawatan pribadi, Lower Ground adalah tempat yang paling tepat, karena lantai ini menyediakan berbagai produk dari belasan merek. Sementara itu, produk lainnya dapat ditemukan di Ground Floor dan 2nd Floor.
Food Court
Untuk mencari tempat makan setelah berbelanja, pengunjung dapat menuju Lower Ground dan Ground Floor, di mana terdapat food court dari puluhan tenant dan beberapa restoran serta tenant kuliner di Lantai 3.
Hiburan Anak
Bagi pengunjung yang ingin memanjakan anak-anak dengan berbagai fasilitas hiburan, Kidz Station dapat ditemukan di Upper Ground, Kings Fun ada di Lantai 1, Fun World di Lantai 2, dan Gamer Village serta Fun & Fit di Lantai 3.
Sedangkan untuk menonton film-film terbaru, pengunjung dapat menuju Lantai 2 untuk menikmati bioskop cineplex dari CGV Blitz Cinemas.
Keunggulan Yogyakarta
Hal ini terkait dengan Indeks Tendensi Konsumen DIY yang terus meningkat. Selain itu, terdapat tiga keunggulan yang melekat pada Yogyakarta dan tidak dimiliki oleh kota tetangga.
Pertama, Yogyakarta adalah destinasi wisata dunia yang menjadi primadona pariwisata Indonesia kedua setelah Bali.
Kedua, ada banyak mahasiswa baru dari seluruh penjuru Indonesia yang datang dan kuliah di Yogyakarta setiap tahun.
Ketiga, Yogyakarta saat ini telah menjelma menjadi kota Urban yang terbuka terhadap segala perubahan, salah satu diantaranya adalah lifestyle atau gaya hidup.
Oleh karena itu, kebutuhan masyarakatpun terus mengalami pelonjakan dan jenisnya juga semakin bervariasi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sarana yang dapat mengakomodasi seperti pusat perbelanjaan sangat dibutuhkan.
Dalam hal ini, PT Delta Merlin Dunia Properti mendirikan Hartono Mall Jogja (HMJ), pusat perbelanjaan terbesar se-DIY dan Jawa Tengah.
Dengan melihat masih besarnya tingkat kebutuhan masyarakat Jogja dan sekitarnya akan hadirnya pusat-pusat perbelanjaan baru, kehadiran HMJ diprediksi akan memiliki prospek yang bagus di masa depan dan akan menarik minat para peritel serta dibanjiri oleh pengunjung.