desain website

7 Tip Desain Website Untuk Startup Yang Perlu Kamu Tahu

Memiliki sebuah website untuk bantuan pasar bisnis Anda adalah suatu keharusan di hari ini dan usia dan sebagai Bill Gates, Microsoft Pendiri, sekali dikutip, “ Jika bisnis Anda adalah tidak di internet , maka bisnis Anda akan keluar dari bisnis .” Bergabunglah dengan kami di artikel ini saat kami membahas 7 Tip Desain Web Penting untuk Startup.

Menurut penelitian oleh Adobe , 59% orang lebih suka menjelajahi situs web yang dirancang dengan indah daripada yang biasa dan biasa. Sebuah riset mengungkapkan bahwa 92% pemilik usaha kecil yang mengejutkan percaya bahwa memiliki situs web adalah strategi pemasaran digital paling efektif di luar sana. Jelas, desain web memainkan peran utama dalam kesuksesan bisnis apa pun, jadi mari kita lihat bagaimana Anda dapat memanfaatkan potensi penuhnya.

Fokus Web untuk Pengalaman Seluler / Responsive Website

Seiring perkembangan teknologi seluler, semakin banyak orang di seluruh dunia yang memiliki akses ke internet melalui perangkat seluler mereka. Akibatnya, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk mengembangkan situs web yang mobile-friendly dan dapat beradaptasi untuk berbagai ukuran layar. Statistik yang dikumpulkan dari pakar industri seperti QuickSprout dan Google menunjukkan bahwa 52% pengguna cenderung tidak menyukai dengan website perusahaan jika mereka mengalami pengalaman seluler yang negatif.

Jasa Pembuatan Website Jogja Terbaik
responsive design

Agar situs Anda tetap ramah seluler, ikuti kiat-kiat berikut:

  • Jangan gunakan situs ganda. Di masa lalu, pengembang web akan membuat situs web terpisah untuk perangkat seluler. Ini adalah praktik yang sudah ketinggalan zaman dan Google menyarankan agar tidak melakukannya. Jika Anda ingin meningkatkan lalu lintas pencarian, gunakan satu URL untuk desktop dan situs web responsif Anda.
  • Gunakan data terstruktur. Anda harus menggunakan data terstruktur yang sama di situs seluler Anda seperti yang Anda lakukan di versi desktop. Dengan pengindeksan yang memprioritaskan seluler, Google hanya akan menelusuri data terstruktur di seluler dan melewati versi desktop.
  • Hindari Flash . Flash menguras sumber daya seluler, menyedot daya baterai, dan tidak berfungsi di perangkat seluler. Selain itu, Flash memiliki masalah keamanan dan Anda disarankan untuk tidak menggunakannya. Tapi ingatlah untuk membuat file Javascript, gambar dan CSS Anda tersedia untuk Google melalui Google Search Console.
  • Perhatikan ukuran tombol dan font. Gunakan ukuran font minimal 14px untuk seluler dan 11 Poin untuk IOS. Pastikan tombol Anda setidaknya berukuran 44PX kali 44PX. Tetap gunakan satu jenis huruf dan gunakan spasi agar mudah dibaca. Kencangkan kabel dan pilih perataan sisi kiri.
  • Gunakan Gambar Resolusi Tinggi. Gunakan gambar dengan resolusi dua kali lipat dari yang Anda lakukan di desktop. Ini membuat pengalaman pengguna seluler lebih menyenangkan.
  • Hindari pop-up. Pengguna tidak menyukai pop-up, Google juga tidak menghargai mereka sementara beberapa orang berpendapat bahwa pop-up adalah salah satu teknik periklanan yang paling dibenci

Jadikan Desain Anda Unik

Karena ada begitu banyak situs web yang tersedia di internet, penting untuk membuat desain yang menarik dan unik agar menonjol dari pesaing Anda. Menurut penelitian , 75% pelanggan potensial sering membuat penilaian atas kredibilitas perusahaan berdasarkan estetika keseluruhan situs web mereka.

Lakukan riset dan temukan warna dan elemen yang tepat yang berbicara langsung kepada pelanggan Anda. Sebelum peluncuran resmi situs web Anda, Anda dapat menguji beberapa iterasi dan mungkin melakukan penelitian kegunaan untuk melihat versi situs web mana yang lebih disukai oleh audiens target. Melalui pengujian berkelanjutan dan penelitian pengalaman pengguna, Anda akan dapat merancang situs web yang berbicara banyak kepada audiens Anda.

Buat Ajakan Bertindak (CTA) yang Jelas

Pandu pengguna Anda dengan ajakan bertindak yang jelas seperti tombol atau tautan langsung. Baik itu penjualan atau bentuk promosi lainnya, pastikan pengguna Anda dapat menemukan informasi dengan cepat dan mudah di situs web Anda. Riset menunjukkan bahwa 86% pengunjung ingin melihat informasi yang berkaitan dengan produk dan layanan. Selain itu, pastikan untuk menyertakan informasi penting yang mungkin ingin dilihat pengguna Anda seperti halaman “tentang kami” dan informasi kontak.

Gunakan CTA yang Jelas
Gunakan CTA yang Jelas

CTA Anda harus jelas dan ringkas, jadi mulailah dengan tindakan yang diinginkan. Misalnya, jika Anda mempromosikan whitepaper, mulailah CTA dengan “unduh” atau “berlangganan”. Coba gunakan kata-kata yang akan membangkitkan emosi pengguna dan memancing antusiasme. Beri audiens Anda alasan yang baik untuk melakukan suatu tindakan, jadi cobalah untuk menonjol dan tawarkan nilai jual yang unik. Selalu waspadai perangkat tempat CTA akan muncul dan jangan takut untuk menjadi kreatif.

Tingkatkan Kemudahan Navigasi Antar Halaman

Jangan mendekati proses desain tanpa perencanaan yang tepat. Pikirkan tentang bagian yang dibutuhkan situs web Anda dan buat peta situs sebagai bagian dari perencanaan navigasi Anda. Jika Anda mendesain situs web bisnis biasa menggunakan tema seperti yang disebutkan di sini , jangan menemukan kembali roda. Sebaliknya, gunakan konvensi web (dan menu tema bawaan, seperti menu mega) kecuali Anda memiliki solusi yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa untuk membuat navigasi Anda responsif dan menautkan logo ke beranda Anda. Selain itu, terapkan navigasi lekat agar tetap terpasang saat pengguna menggulir situs.

Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki navigasi yang membingungkan dan sulit digunakan. Pengguna yang mengalami navigasi yang buruk mungkin tidak ingin kembali ke situs web Anda; oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan warna dan teks yang tepat agar navigasi Anda menonjol. Ingat, ada banyak persaingan online sehingga Anda harus menggunakan bahasa yang ramah pengguna sehingga navigasi Anda tampak logis dan menghasilkan UX yang mulus.

Optimalkan Konten untuk Mesin Pencari

jasa seo
Optimalkan Konten untuk Mesin Pencari

Kita hidup dalam kenyataan di mana orang menggunakan Google untuk menemukan Bing. Dan itu adalah fakta terkenal bahwa Google lebih menyukai konten yang dioptimalkan dengan baik. Jika Anda mengoptimalkan konten Anda dengan benar, mesin pencari akan dapat menampilkannya di hadapan pengguna yang tepat. Google ingin menjawab maksud pencari seakurat mungkin sehingga Anda harus membuat dan mengoptimalkan konten dengan cara yang logis.

Gunakan kata kunci dan tautan yang tepat agar pengguna dapat menemukan situs web Anda melalui Google, Yahoo atau Bing. Pikirkan tentang istilah yang mungkin digunakan pengguna untuk menelusuri produk Anda dan pastikan untuk menyertakannya di situs Anda. Gunakan gaya teks yang berbeda seperti judul, isi, subjudul, dan teks isi. Mengikuti pedoman pengoptimalan mesin pencari yang baik akan membantu peringkat halaman Anda lebih tinggi di Google dan pada akhirnya akan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Sertakan Konten yang Relevan

Sejak Bill Gates menciptakan frase ” content is king “, ada lebih banyak penekanan pada pembuatan konten yang lebih baik yang beresonansi dengan audiens target. Apakah konten Anda berisi gambar, video atau teks, pastikan itu relevan dengan bisnis Anda. Pemasaran konten bisa menjadi tugas yang sulit karena menurut CMI , 56% pemasar B2C mengatakan bahwa “memproduksi konten yang menarik” adalah salah satu tantangan utama yang mereka hadapi.

Anda perlu membuat konten yang mencerminkan merek Anda dan menyampaikan pesan yang tepat. Meskipun konten adalah raja, konteks adalah kaisar karena saat ini, menjadi sangat penting untuk menyesuaikan konten Anda ke dalam konteks yang tepat agar pengguna dapat menemukannya dengan lebih mudah. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah salah merepresentasikan diri Anda melalui konten dan berakhir dengan rasio pentalan yang besar serta hilangnya pendapatan. Jadi jika Anda menjual perangkat lunak, jangan berbicara tentang beberapa gagasan abstrak, tetapi jelaskan dengan tepat apa yang dapat dilakukan perangkat lunak itu. Jangan meminta orang untuk “bergabung dengan Anda dalam misi” atau “menjadi bagian dari sesuatu yang hebat”. Sebaliknya, jual saja perangkat lunak kepada mereka karena itulah tujuan mereka datang.

Terus Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Saat mendesain situs web, pastikan untuk memikirkan audiens Anda dan masalah apa yang mungkin mereka hadapi saat mengaksesnya. Salah satu masalah umum adalah bahasa. Cobalah menerjemahkan situs web Anda ke bahasa asli sebagian besar pengguna Anda. Di catatan lain, survei Ironpaper menunjukkan bahwa 40% orang merasa frustrasi jika situs web membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat. Anda tidak ingin kehilangan klien karena sesuatu yang mudah diselesaikan.

Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan memiliki bagian di situs web Anda untuk pertanyaan dan jawaban umum yang ditujukan untuk pemula dan halaman produk untuk profesional. Coba gunakan alat seperti Hotjar untuk memantau aktivitas pengguna di situs web Anda untuk mendapatkan wawasan tentang masalah mereka dengan UX . Terapkan tautan untuk jejaring sosial di situs web sehingga pengguna dapat lebih mudah memahami merek Anda. Berhati-hatilah untuk tidak membebani pengguna Anda dengan entri data. Sebaliknya, gunakan metodologi “tetes” di mana Anda tidak meminta pengguna untuk memasukkan semua data dalam satu hari, tetapi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Rancang Jalan Anda Menuju Sukses

Sebagai kesimpulan, saat mendesain situs web untuk startup Anda, pastikan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang dirancang dengan baik dengan navigasi yang mudah dan konten berkualitas. Dengan membuat konten dan desain yang berbicara kepada pelanggan Anda, Anda akan dapat meningkatkan penjualan dan mempertahankan hubungan klien yang tahan lama. Banyak pelanggan sering memberi tahu lingkaran teman mereka tentang pengalaman positif mereka dengan suatu merek; oleh karena itu, fokuslah untuk membangun hubungan yang Anda miliki. Ketahuilah bahwa waktu pelanggan Anda berharga; oleh karena itu, permudah mereka untuk menemukan informasi penting di situs web Anda.layanan buat website jogja

Mendesain ulang Situs Anda

Penting untuk mendesain ulang situs web Anda untuk mewujudkan kehadiran online Anda dan mencapai tujuan Anda. Apakah Anda ingin menjangkau lebih banyak calon pelanggan? Anda mungkin sudah memiliki basis pelanggan yang kuat, dan Anda hanya perlu eksposur ke produk dan layanan baru Anda. Terlepas dari alasannya, mendesain ulang situs web Anda seperti menciptakan kembali rumah Anda menjadi lebih indah, fungsional, dan nyaman.

Berikut beberapa tip untuk saat mendesain ulang situs web Anda:

  • Analisis Situs Web “lama” Anda : Apa yang berfungsi di situs web lama Anda , dan apa yang tidak? Identifikasi masalah tertentu, seperti keranjang belanja yang sering diabaikan. Gunakan Google Analytics untuk mempelajari pola lalu lintas, ketahui apakah Anda memiliki rasio pentalan tinggi (jumlah pengguna yang langsung meninggalkan situs web Anda setelah mengeklik URL Anda) dan laman mana yang menerima pentalan tercepat dan paling sering.
  • Tambahkan Elemen Visual yang Kuat : Karena orang-orang merespons ilustrasi, video, dan gambar dengan lebih baik daripada teks biasa, menambahkan fitur yang menarik dan elemen visual sangat disarankan. Misalnya, Anda dapat menggunakan gambar khusus daripada fotografi stok.
  • Personalisasi Situs Web Anda : Mempersonalisasi situs web Anda sesuai dengan merek Anda, membantu Anda menunjukkan kepribadian Anda. Jadi, inilah saat yang tepat untuk memikirkan tentang berbagai cara Anda dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda, seperti suara blog Anda. Gunakan gambar, font, dan warna yang mencerminkan identitas Anda dan tulis dengan suara yang konsisten untuk menghindari kebingungan.
  • Gunakan Warna Kontras : Buat desain situs web Anda muncul menggunakan warna kontras, soroti area utama yang Anda ingin dilihat pengunjung menggunakan warna yang tidak ditemukan di tempat lain di laman web.
  • Bangun Blog : Untuk pemula, penting untuk membangun blog sedini mungkin karena pemasaran konten adalah cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas situs web. Pastikan untuk menulis blog secara konsisten tentang berbagai topik yang dapat membantu memecahkan masalah audiens target Anda dan menarik lalu lintas pencarian, suka, dan berbagi media sosial.

Saya harap 7 Tip Desain Web Penting untuk Startup ini bermanfaat, dan pastikan untuk meninggalkan komentar Anda di bawah.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Membuat Desain Web Dengan Mudah

Membuat desain web itu tidaklah mudah, karena yang pertama kita harus memperhatikan berbagai hal pada waktu mendesain sebuah website, mulai dari tampilan visual hingga ke

perbedaan sales dan marketing

Perbedaan Sales dan Marketing

Apa perbedaan antara Sales dan Marketing? Marketing menginformasikan dan menarik prospek dan prospek ke perusahaan dan produk atau layanan Anda. Sales, di sisi lain, bekerja

Open chat