cara membuat blogspot

Cara Membuat Blogspot Gratis dan Praktis

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara membuat blogspot? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang cara membuat blogspot. Membuat situs web bukanlah pekerjaan sederhana. Pembuatan situs web hanya dapat dilakukan oleh orang-orang dengan keahlian coding. Oleh sebab itu artikel tentang cara membuat blogspot mungkin dibutuhkan oleh para pemula.

Blog merupakan jurnal online berisi berbagai informasi dalam bentuk artikel, foto, ataupun video, yang selalu diupdate secara rutin sehingga dapat dibaca banyak orang. Terdapat beraneka ragam layanan untuk membuat blog, salah satu platform blog yang terkenal yakni Blogger. Dengan menggunakan layanan tersebut anda dapat membuat blog dengan mudah tanpa perlu berhadapan dengan bahasa pemrograman.

Blogspot adalah platform blogging gratis yang dipublikasikan pertama kali oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Selang 4 tahun kemudian, Google mengakusisi blogger. Platform ini menjadi terhubung dengan akun google Adsense, Adwords, dan Google Analytics sehingga blog bisa memperoleh pendapatan dari iklan.

Banyak orang memandang blogger terlalu kuno jika digunakan pada masa sekarang. Padahal walau tergolong lawas platform ini layak dipakai, bahkan masih ada banyak orang di luar sana yang mengandalkan blogger sebagai platform mereka. Mereka menyukai blogger karena lebih simpel, praktis, dan sangat mudah dikelola daripada platform blog lain. Platform ini pun dapat diakses dari berbagai peramban web, seperti Chrome, Firefox, Safari, dan Microsoft Edge.

Keunggulan Blogspot

cara membuat blogspot

1. Akun Terintegrasi

Blogger merupakan layanan yang terintegrasi dengan Google. Sehingga, pembuatan akun blog pada blogger tidaklah ruwet. Anda bisa masuk secara otomatis dengan akun Gmail yang dimiliki. Di blogger anda tak perlu mengeluarkan biaya hosting atau tempat penyimpanan file karena blog anda akan otomatis mendapatkan subdomain .blogspot.com dan sudah disediakan memori sebesar 15GB

2. Tampilan

Secara default, blogspot memang tak mempunyai banyak  opsi tampilan. Banyak yang meremehkan website ini karena hal tersebut, tapi jika anda menengok ke sisi positifnya itu merupakan suatu bentuk kepraktisan. Alih-alih pusing memikirkan tampilan blog. Anda dapat berfokus untuk mengurus hal-hal yang lebih penting seperti kualitas isi konten.

Jika anda memerlukan tampilan yang unik, terdapat banyak sekali tema Blogger yang tersedia di internet. Anda hanya perlu mengunduh dan memasangnya di blog.

3. Kontrol

Blogger memudahkan Anda dengan kontrol website yang gampang. Tersedia berbagai opsi pengaturan yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Terdapat juga integrasi layanan Google ke Blogger yang memanjakan agar bisa menambahkan akun Google Analytics atau Google Search Console dengan mudah dalam sekali klik.

4. Keamanan

Aspek keamanan Blogger sudah cukup terjamin karena platform ini diurus dan dikelola oleh Google.

Namun, untuk menghindari resiko ketidakamanan, Anda harus selalu berhati-hati saat menggunakan tema dari pihak ketiga.

Cara Membuat Blogspot di Blogger

cara membuat blogspot

1. Kunjungi Blogger

Langkah pertama dalam cara membuat blogspot yaitu akses website blogger menekan ini Blogger.

2. Kaitkan dengan akun google

Blogger adalah platform yang terintegrasi dengan akun Google, oleh karena itu, siapkan akun Google dan Gmail terlebih dahulu.

3. Isi profil blog

Sesudah usai menautkan akun gmail dengan blogger, cara membuat blogspot selanjutnya yaitu Anda perlu melakukan konfirmasi profil blog dengan mengisi nama blog yang ingin ditampilkan.Lalu, klik Lanjutkan ke Blogger.

Kemudian tekan Create New

Masukkan judul blog yang ingin Anda kembangkan pada bagian Title. Judul tersebut akan tampil di halaman depan blog.

Pada bagian Address, masukkan URL yang ingin dipakai sebagai alamat blog. Secara otomatis alamat blog akan disertai dengan ekstensi .blogspot.com. Mia seperti matobmantap.blogspot.com.

Tentukan tema yang ingin diterapkan pada blog sesuai keinginan pada bagian Theme

Jika semuanya telah terisi, klik Create blog!. Pada tahap ini cara membuat blogspot sudah dapat dikatakan selesai, sebab blog Anda sudah siap digunakan.

4. Membuat post atau halaman

Setelah selesai membangun platform blog, cara membuat blogspot dilanjutkan dengan pengisian dengan beragam konten. Blogger terdiri dari 2 bagian yaitu post dan halaman

Pages atau halaman menampilkan halaman-halaman penting di blog yang berwujud halaman kategori atau informasi penting seperti about us. Untuk membuat halaman, anda cukup klik menu Pages dan klik tombol New page.

Sedangkan, post merupakan konten yang mengisi halaman-halaman utama tersebut. Untuk membuat post, anda cukup klik menu Post dan pilih tombol New post

5. Melakukan perubahan pada blog

Langkah opsional cara membuat blogspot yaitu melakukan editing pada blog. Blogger menawarkan beraneka ragam fitur yang berguna seperti fitur penyesuaian blog. Anda bisa mengunjungi pengaturan di bagian backend jika anda ingin mengubah judul, alamat, dan tema blog.

Ketika mengganti alamat blog, pertimbangkanlah secara matang terlebih dahulu sebab alamat yang sebelumnya tidak akan dapat dikunjungi lagi oleh pengunjung blog. Hal itu akan berujung pada masalah ketika anda sudah mempunyai banyak postingan, maka postingan-postingan tersebut juga tidak dapat dikunjungi lagi oleh pengunjung.

Tersedia juga opsi untuk mengubah tema blog. Anda bisa mengganti tema tanpa harus mengalami kesulitan dalam mengubah kode program. Di sana sudah tersiapkan berbagai pilihan tema yang bisa kamu sesuaikan dengan topik yang ingin kamu bawakan di blog milik kamu itu. Selepas menemukan tema yang dirasa cocok, anda juga dapat melakukan penyesuaian terhadap tema tersebut.

Pengguna pun dapat mengedit, menghapus, dan mengelola tulisan di blogger. Pengguna juga dapat menambahkan gambar dan video. Selain itu, pengguna juga dapat mengelola kolom komentar pada bagian bawah blog.

6. Mempelajari pengaturan lebih lengkap

Sehabis memperlajari cara membuat blogspot, membuat konten, mengatur dan mengubah tampilan blog. Anda disarankan untuk menjelajah lebih dalam ke bagian pengaturan. Karena bagian ini berisi konfigurasi tampilan, fungsi, keamanan, SEO, dan lain-lain.

Ada tujuh submenu pada bagian pengaturan blogger. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 7 submenu tersebut:

  • Basic

Submenu ini berisi empat opsi pengaturan. Pertama, yaitu judul dan deskripsi blog. Ada juga settingan privasi supaya blog terlihat di direktori Blogger dan mesin pencari.

Kedua adalah bagian publishing yang mengatur URL blog. Bagian ini diperlukan saat blog ingin disambungkan pada domain.

Ketiga, opsi HTTPS yang berfungsi memastikan blog Anda memiliki sertifikat keamanan. Untuk menghidupkan opsi ini, Anda hanya tinggal memilih opsi Yes pada bagian tersebut.

Keempat, bagian permissions mengatur orang yang berhak menjadi admin blog. Anda juga bisa mengatur orang yang berhak membaca blog.

  • Posts, comments, and sharing

Opsi ini mengelola dua elemen utama dalam blog yakni Post and Comments.

Opsi posts mengatur tentang berapa banyak jumlah post yang ditampilkan dan bagaimana post ditampilkan.

Opsi comments mengatur bentuk comments section, siapa yang boleh meninggalkan komentar, comments moderation, verifikasi komentar, serta tambahan pesan untuk kolom komentar.

  • Email

Bagian pengaturan ini diaktifkan agar anda dapat mempublikasikan konten via email. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan email untuk memperoleh notifikasi komentar atau mengirim konten terbaru

  • Language and formatting

Anda bisa mengatur bahasa yang dipakai di blog pada bagian language. Terdapat juga fitur transliterasi (penggantian huruf dari abjad yang satu ke abjad yang lain) yang dapat diaktifkan.

Bagian formatting berupa pengaturan zona waktu dan format penulisan tanggal.

  • Search preferences

Bagian search preferences erat kaitannya dengan SEO. Pada bagian ini, anda bisa melakukan konfigurasi untuk meta description, errors and redirection, crawlers and indexing, dan juga monetization.

  • Other

Opsi other berisi konfigurasi yang bertautan dengan konten seperti soal import dan export konten, RSS feed, notifikasi konten dewasa, dan pengaturan Google Analytics.

  • User settings

Pada bagian ini, anda dapat mengatur segala hal berkaitan dengan akun Blogger seperti privasi, identitas, foto profil, dan informasi personal lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat blogspot, semoga informasi yang kami sampaikan tentang cara membuat blogspot, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja