Cara Rename Folder Wp-content Pada WordPress Self-Hosted

Cara Rename Folder Wp-content Pada WordPress Self-Hosted

Jumpa lagi dengan Kami, Matob creative studio, Jasa Pembuatan Website Nomor 1 di Jogja. Kali ini Matob akan mengulas salah satu tips dan trik keamanan wordpress yaitu bagaimana cara merubah atau me-rename folder wp-content pada wordpress self hosted.

Selain menggunakan metode mengganti url login wordpress yang sudah lazim dilakukan banyak praktisi, me-rename folder wp-content pada wordpress merupakan cara lain untuk menyembunyikan identitas website kita. Langsung saja kita simak artikel berikut.

Rename Folder Wp-content Pada WordPress Self-Hosted

WordPress merupakan platform cms website paling terkenal dan powerful pada saat ini. Sebanyak 25% website di seluruh dunia dibangun menggunakan platform wordpress.

Walaupun begitu, masih banyak orang yang meremehkan wordpress karena stereotip wordpress itu kan blog. Mungkin masih banyak yang tidak bisa membedakan antara wordpress.org dan wordpress.com. keduanya merupakan perusahaan yang berbeda.

Cara mengetahui suatu situs menggunakan wordpress atau tidak, dapat dilakukan dengan melakukan klik kanan pada web lalu klik view page source. bila web tersebut menggunakan wordpress, makan akan kelihatan tulisan /wp-content/ .

Nah ada satu tips untuk menyembunyikan identitas CMS wordpress yang kita pakai, Yaitu : Rename Folder Wp-content Pada WordPress Self-Hosted. Dengan demikian, cms web kita tidak akan diketahui oleh pengunjung.

Oke lansung aaja tanpa basa basi. semoga bermanfaat

  1. Rubah nama folder wp-content anda…klik kanan rename nama folder sesuai selera..misalnya webku
  2. selanjutnya buka file web di root anda..cari file wp-config.php file, Tambahkan code dibawah ini, tepatnya sebelum baris ” require_once ABSPATH . ‘wp-settings.php’ “,

codenya :

define (‘WP_CONTENT_FOLDERNAME’, ‘webku’);
define (‘WP_CONTENT_DIR’, ABSPATH . WP_CONTENT_FOLDERNAME) ;
define(‘WP_SITEURL’, ‘http://’ . $_SERVER[‘HTTP_HOST’] . ‘/’);
define(‘WP_CONTENT_URL’, WP_SITEURL . WP_CONTENT_FOLDERNAME);

Jangan lupa semua rubah file default-constants.php yang lokasinya di /wp-includes/, ganti semua nama “wp-content” dengan nama folder yang diganti… misalnya : ( wp-content –>menjadi webku);

Caranya buka  file default-constants.php dengan notepad ++, selanjutnya CTRL-F, cari wp-content ganti dengan webku. replace all.

Setelah semua langkah di atas selesai, silahkan refresh browser anda. Maka identitas CMS website anda tidak akan diketahui oleh pengunjung.

——

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan klik suka dan bagikan ke taman- teman anda. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter, Facebook dan Instagram.

Terimakasih telah membaca artikel kami Cara Rename Folder Wp-content Pada WordPress Self-Hosted, lain kali kami akan membahas tutorial lainnya di web Matob Creative Studio – Jasa Pembuatan Website Profesional ini. sampai jumpa.

 

Close Menu
WhatsApp WhatsApp kami