Mengapa Harga Jasa Pembuatan Website Mahal?

Mengapa Harga Jasa Pembuatan Website Mahal?

Mengapa harga jasa pembuatan website mahal? Yap, itu adalah pertanyaan yang sering dilontarkan dari mereka yang belum siap sukses di era digital. Penasaran apa alasanya? dan perlukah kita membayar jasa pembuatan website dengan harga yang mahal? di artikel ini, Anda akan menemukan jawabanya.

Terlepas dari mahal dan murahnya suatu produk itu memang relatif bagi setiap orang, namun bisa kita pukul rata bahwa produk yang harganya diatas 5 juta adalah produk yang mahal, terlebih lagi yang kita bahas adalah website yang notabenya produk digital. Produk yang tidak bisa kita pegang seperti kita memegang motor atau kamera misalnya.

Lalu, Kenapa Harga Website Mahal?

Di Indonesia ini memang belum 100% berada di era digital. Bisa dibilang, Indonesia baru menginjakan satu kaki ke era digital. Disaat orang luar negeri sudah kepikiran bagaimana hidup di planet lain, di Indonesia orang masih berfikiran sangat kuno. Masih banyak yang berfikir mending meninvestasikan uang dalam bentuk produk fisik dibanding menginvestasikan uang ke produk digital (website / apps).

Jelas, ini adalah penyebab kenapa para pemilik UKM di Indonesia sangat-sangat lambat dalam berkembang. Sebelum Indonesia benar-benar berada di 100% era digital, saya sarankan Anda untuk segera curi start menginvestasikan uang Anda untuk produk digital. Atau, Anda akan terbenam di bisnis konvensional selamanya.

Ok, kita balik lagi ke pembahasan utama yaitu “mengapa harga jasa pembuatan website itu mahal?”. Jawabanya adalah sederhana, “karena ini berguna untuk bisnis Anda. Selain itu membuatnya juga tidak mudah & bahan yang digunakan juga mahal”. Loh, apa saja bahanya? oke baik, kami jelaskan dalam beberapa point berikut ini :

  1. Hosting / Server

    • Sebenarnya hosting memang ada banyak macam. Anda bisa menemukan hosting abal-abal/murahan di internet. Ada yang 250.000 sampai 500.000 rupiah. Harga yang sangat murah, namun jelas itu produk murahan. Jujur saja, kami tidak suka menggunakan server murahan. Kami tidak suka menjual produk murah. Kenapa? karena hasilnya juga tidak maksimal dan akan banyak sekali komplain dikemudian hari. Website Anda akan sering down. Kadang kebuka kadang tidak. Dan bahkan akan mudah sekali terkena hack.
    • Kami selalu gunakan hosting yang terjamin kualitasnya. Kami bekerjasama dengan perusahaan server di Jogja untuk pelayanan paket bisnis. Dan untuk paket profesional, kami juga menyediakan hosting/server dari Siteground atau Bluehost. Yang jelas harganya diatas 2 juta rupiah.
    • Ada harga, ada barang.
  2. Domain (Ini Murah)

    • Kalau domain murah ya, ini cuma Ro. 150.000-an untuk domain .com
  3. SSL Premium

    • SSL premium adalah https pada website Anda, biasanya berwarna hijau. Ini berguna untuk engkripsi data customer Anda, menghalangi virus/spam masuk dan juga berguna untuk keramahan website Anda di search engine. Harganya antara 500.000 sampai 2 juta rupiah. Tergantung merk yang mau dipakai.
  4. Themes

    • Themes adalah tampilan website yang akan Anda pakai. Bisa dikatakan ini adalah desain yang akan dipakai di website Anda. Jika website Anda dibangun menggunakan CMS WordPress, maka themes biasanya dibeli di situs marketplace themes ternama, yaitu themeforest. Harganya berkisar antara 800.000 sampai 1,5 juta rupiah.
    • Jangan sampai Anda menggunakan themes Nulled ya!! Themes Nulled itu apa bisa Anda baca disini.
  5. Plugin

    • Plugin bisa dibilang adalah fitur yang akan dipakai di website yang akan Anda buat. Ini hal yang tidak sepele, karena harganya ada yang mencapai 5 juta rupiah. Tergantung kebutuhan Anda.
    • Contoh plugin ini adalah misal Anda ingin memasang fitur statistik pengunjung di website Anda, agar Anda bisa melacak yang mengakses website Anda dari mana saja. Apakah dari Google, Facebook atau Instagram misalnya.
  6. Lisensi Plugin Pihak ke 3

    • Kasus lain dari plugin adalah apabila Anda ingin memakai fitur ongkos kirim JNE, POS, Tiki, J&T, dll. Kami harus membayar lisensi ke vendor untuk penggunaan kurir tersebut. Kemudian, kami memasangkan di website untuk Anda gunakan.
  7. Waktu Untuk Desain

    • Setelah semua bahan siap, kami juga membutuhkan waktu untuk mendesain website Anda. Kami butuh waktu yang cukup, suasana yang tenang dan tentu saja koneksi internet yang cepat. Yap, ini tidaklah mudah dan cukup membutuhkan kesabaran.
  8. Quality Control CMS

    • Setelah selesai mendesain website, kami harus kembali mengecek kualitas website Anda. Quality control fitur apa saja yang belum bekerja dengan baik. Jangan sampai ketika Anda gunakan, website Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya.
  9. Quality Control Security

    • Setelah quality control fitur/CMS, selanjutnya adalah testing security. Tentu saja ini khusus untuk website paket profesional ya. Untuk website paket hemat, kami tidak tetsing karena memang hanya website standard saja. Tapi untuk paket profesional, kami akan berikan services VIP dibagian security.
  10. Quality Control Search Engine

    • Dan terakhir adalah testing apakah website Anda sudah layak di SEO atau di AdWords-kan. Karena tidak semua website bisa lolos SEO atau AdWords.

Nah, setelah semua tahap diatas selesai, barulah kami deliver website Anda dan siap untuk diorbitkan. Ya, itu adalah point-point penting yang harus Anda perhatikan. Cukup banyak dan mahal bukan? Jadi, kalau diluar sana ada jasa pembuatan website murah, Anda wajib curiga dengan kualitasnya.

Kok di Matob Creative Ada Jasa Pembuatan Website Murah?

Wait, tapi kok di matob.web.id ada website yang harganya murah? Ya, itu adalah website instant untuk pemula bisnis. Kami tidak tega untuk tidak memfasilitasi membantu para pemula bisnis di Indonesia. GO UMKM GO !!! 🙂

Dikemudian hari, cepat atau lambat, kami akan segera menghapus paket hemat tersebut disaat semua orang di Indonesia sudah siap menatap era digital.

Semoga membantu.

Matob Creative Studio
Jasa pembuatan website Jogja

Close Menu
WhatsApp WhatsApp kami