Cara Kerja Harddisk: Teknologi dan Proses yang Perlu Anda Ketahui

Cara Kerja Harddisk: Teknologi dan Proses yang Perlu Anda Ketahui

Harddisk merupakan salah satu perangkat penyimpanan data yang paling umum digunakan oleh pengguna komputer. Ketika lebih banyak data yang perlu diakses, memori internal yang terdapat pada komputer atau notebook tidaklah cukup. Maka, harddisk lah yang menjadi solusinya. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan penjelasan lengkap mengenai cara kerja harddisk dan teknologi yang terkait.

Apa itu Harddisk?

Sebelum membahas tentang teknologi dan cara kerja harddisk, mari kita kenali dulu apa itu harddisk. Harddisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data dalam jumlah besar, dan diakses oleh komputer sebagai data sekunder. Harddisk sangatlah penting dalam sebuah PC atau server karena menyimpan seluruh data dan aplikasi yang digunakan oleh pengguna.

Bagaimana Teknologi Harddisk Bekerja?

Harddisk bekerja berdasarkan teknologi yang disebut dengan magnetic storage. Dalam teknologi magnetic storage, Hard Disk Drive (HDD) menggunakan sebuah piringan magnetik dan head yang berfungsi untuk menjangkau seluruh area piringan tersebut. Ada beberapa bagian yang terdapat dalam Harddisk yang sangat penting untuk dipahami, yaitu:

Platters

Platters merupakan piringan magnetik datar yang terdapat dalam Harddisk, biasanya berukuran sekitar 2,5 atau 3,5 inci. Kapasitas penyimpanannya tergantung pada jumlah piringan yang ada dalam sebuah Harddisk. Seluruh data dieksekusi di platters, dengan kecepatan yang sangat tinggi. Setiap data atau file disimpan di tempat yang berbeda di area platters ini.

Heads

Heads merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam Harddisk. Heads berfungsi untuk membaca dan menulis data dari platters. Namun, heads ini juga bergerak di atas permukaan platters sehingga membutuhkan ketelitian dan presisi yang sangat tinggi. Berbeda dengan flash storage seperti SSD, yang menggunakan chip memori, Harddisk dapat mengalami kerusakan jika heads nya tidak diposisikan dengan benar di atas permukaan platters.

Actuator Arms

Actuator Arms merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menggerakan head diatas permukaan platters. Actuator Arms memainkan peranan penting dalam peresapan data, karena posisi head yang bergerak sangat mempengaruhi kecepatan transfer data. Semakin cepat arms tersebut menggerakkan head, maka kecepatan transfer data akan semakin cepat pula.

Motor Spindle

Motor Spindle juga merupakan sebuah komponen penting dalam Harddisk. Karena, motor spindle ini berfungsi untuk bergerak dan mengatur kecepatan piringan dalam harddisk untuk memastikan bahwa heads dapat bergerak dengan benar dan pada kecepatan yang benar.

Itulah bagian penting dari Harddisk yang harus Anda ketahui. Berikutnya, mari kita pahami bagaimana cara kerja Harddisk dan bagaimana data disimpan di dalamnya.

Cara Kerja Harddisk

Pada awalnya, ketika komputer memerlukan data, CPU akan mengirimkan permintaan ke harddisk, dan permintaan tersebut kemudian di-handle oleh sebuah controller dalam Harddisk. Selanjutnya, controller akan memerintahkan head untuk membaca atau menulis data dari platters.

Ketika head sudah berada di posisi di atas platters dan siap untuk membaca, maka daya magnet akan dihasilkan dan membaca area piringan magnetik untuk menyimpan data. Kemudian, controller akan menerjemahkan sinyal magnetik menjadi bahasa biner, dan data ini kemudian dikirimkan kembali ke permintaan CPU.

Saat Harddisk melakukan operasi read/write, head akan membaca atau menulis data pada platters yang berputar. Karena, data diubah menjadi potongan-potongan kecil, maka head harus membaca setiap potongan tersebut dalam urutan yang tepat dan terus menerus. Kecepatan rotasi platters akan sangat mempengaruhi transfer data yang cepat atau lambat. Semakin cepat putaran platters, maka data akan dapat ditransfer dengan lebih cepat.

Kesimpulan

Dari penjelasan-penjelasan diatas, kita dapat memahami bahwa sebuah Harddisk bekerja dengan mengandalkan beberapa bagian yang saling terkait. Sebagai pengguna komputer, terutama yang baru mengenal teknologi Harddisk, Anda harus memahami bagaimana sebenarnya Harddisk bekerja. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memperbaiki atau memperbarui Harddisk Anda, dan mengetahui cara mencegah atau meminimalisir kerusakan pada perangkat ini.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik tentang teknologi terkini. Terima kasih telah membaca artikel ini.