Cara Menulis Konten Web yang Efektif dan Dapat Diakses
Cara Menulis Konten Web yang Efektif dan Dapat Diakses

Cara Menulis Konten Web yang Efektif dan Dapat Diakses

Konten web sangat berbeda dari cetak. Konten cetak memiliki berbagai cara untuk menarik dan mempertahankan perhatian pembaca. Dapat menggunakan tekstur, font, ilustrasi, dan bahkan aroma kertas yang berbeda untuk menarik perhatian seseorang. Sejauh ini keuntungan terbesar yang dimilikinya adalah tidak ada kelelahan mata yang disebabkan oleh radiasi dari layar.

Tapi bagaimanapun, konten web lebih mudah diakses dan dicari. Itu sebabnya ia menarik banyak orang. Tetapi untuk mempertahankan perhatian itu, penulis konten web perlu memastikan bahwa kontennya mudah dicerna dan diakses. Aksesibilitas dalam kaitannya dengan membaca menyiratkan bahwa isinya mudah dipahami.

Mari kita lihat bagaimana langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat konten web Anda efektif dan dapat diakses.

Kiat untuk Menulis Konten yang Dapat Diakses

Ini adalah beberapa panduan yang dapat membantu Anda meningkatkan konten web Anda.

  • Tulis dengan Jelas dan Ringkas

Kejelasan adalah salah satu hal terpenting dalam hal konten online. Itu karena tidak seperti konten cetak, ini tersedia untuk lebih banyak orang. Banyak dari mereka tidak memiliki keterampilan sastra yang cukup untuk memahami kata dan frasa yang kompleks.

Jadi, penting untuk membuat konten Anda sangat jelas agar lebih mudah dipahami. Ini mudah dicapai dengan bantuan parafrase. Penulis hanya perlu mengoreksi konten mereka dan memparafrasekan apa pun yang tampaknya terlalu sulit.

Jika penulis tidak yakin dengan parafrase mereka, maka mereka dapat memilih solusi lain; untuk parafrase online . Ini mengharuskan penulis online dan menemukan alat yang dapat menyusun ulang untuk mereka.

Parafrase online biasanya dibundel dengan opsi khusus yang diarahkan untuk meningkatkan kejelasan/keterbacaan teks yang diberikan. Opsi ini dapat digunakan untuk tujuan ini.

Kasus penggunaan parafrase lainnya yang baik adalah ketika Anda menulis dalam bahasa yang berbeda. Mari kita asumsikan seorang penulis yang berbicara bahasa  Inggris dan bahasa Indonesia sedang menulis di yang terakhir. Mereka dapat meningkatkan tulisan mereka dengan alat. Parafrase indonesia dapat membantu mereka menggunakan kosakata yang lebih baik serta merumuskan kalimat secara efisien.

Ringkas juga penting bersama dengan kejelasan. Orang-orang di web menginginkan jawaban cepat atas pertanyaan mereka. Mereka tidak punya waktu untuk membaca paragraf panjang dan penjelasan yang rumit. Itu sebabnya semua yang Anda tulis harus singkat, jelas, dan to the point.

  • Format Konten Anda untuk Pemindaian

Konten web memiliki satu keunggulan dibandingkan cetak, dan itu adalah kemampuan untuk membiarkan pengguna melompat ke bagian yang ingin mereka baca.

Sebagian besar artikel di internet memiliki daftar isi dan mengklik judul akan membawa pengguna langsung ke bagian itu.

Namun meskipun fungsi tersebut tidak ada, pengunjung tetap dapat lebih mudah menemukan apa yang mereka cari jika konten diformat dengan benar. Apa yang kami maksud dengan pemformatan untuk pemindaian?

Pemformatan untuk pemindaian menyiratkan bahwa seluruh konten dipecah menjadi judul yang relevan, sub-judul, dan bahkan poin-poin.

Setiap judul dan sub-judul harus membahas hanya satu topik. Ketika pengunjung datang ke konten Anda, mereka dapat membaca judul dan langsung ke topik yang mereka butuhkan.

Ini sangat baik untuk mempertahankan perhatian pengguna karena mereka akan lebih bersedia untuk terlibat dengan konten Anda. Sebaliknya, jika tidak ada format, pengunjung tidak akan berusaha mencari apa yang mereka butuhkan dan langsung pergi.

  • Tambahkan Alt-Teks ke Gambar Anda

Gambar biasanya hadir dalam konten web. Mereka dapat berupa GIF animasi atau statis. Mereka bisa murni dekoratif atau informatif.

Untuk setiap gambar yang informatif, perlu menambahkan teks alternatif ke dalamnya. Alt-text pada dasarnya adalah deskripsi dari apa yang digambarkan oleh gambar.

Katakanlah Anda telah menulis panduan tentang cara memasang periferal komputer. Panduan ini memiliki gambar di dalamnya yang menunjukkan bagaimana setiap langkah dilakukan. Satu gambar menunjukkan bagaimana keyboard USB terhubung ke PC. Maka alt-text-nya harus seperti ini:

“Colokkan Keyboard ke slot USB di bagian belakang PC”

Teks ini menceritakan apa yang terjadi pada gambar. Ini berguna saat gambar gagal dimuat. Ada banyak alasan mengapa gambar tidak dimuat seperti sumber daya yang hilang/pemuatan halaman yang tidak benar atau karena mesin klien tidak dapat melihat gambar dengan format tersebut.

Dalam semua kasus seperti itu, teks alternatif sangat andal dan membuat konten dapat diakses oleh lebih banyak orang.

  • Letakkan Hyperlink pada Frasa/Kata yang Bermakna

Menambahkan tautan ke artikel lain adalah praktik yang baik. Ini memungkinkan Anda menjaga konten Anda saat ini tetap ringkas dan pembaca masih dapat mempelajari tentang istilah baru dengan mengikuti tautan.

Namun, Anda tidak boleh meletakkan tautan di sembarang tempat. Biasanya, tautan harus ada pada frasa atau kata yang bermakna. Sesuatu yang membuat pembaca ingin mengkliknya.

Jika Anda menambahkan tautan ke teks jangkar yang ambigu, pembaca mungkin menjadi bingung tentang apa yang akan diberikan tautan tersebut. Contoh teks ambigu diberikan di bawah ini:

“Untuk membaca lebih lanjut tentang perawatan mobil, klik di sini.

“Klik di sini” bukanlah ide yang baik, karena tidak memberi tahu pengguna topik perawatan mobil apa yang akan dibahas. Kita dapat membuat teks jangkar yang lebih baik untuk ini seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

“Baca selengkapnya tentang cara melakukan perawatan mobil sendiri.

Ini menetapkan harapan yang jelas tentang apa yang akan ditemukan pengguna jika mereka memutuskan untuk mengeklik tautan itu. Tautan seperti ini membuat konten Anda terlihat otentik dan dapat diandalkan. Pengunjung juga lebih cenderung mengklik tautan tersebut.

  • Hindari Menggunakan Jargon Teknis

Jargon mengacu pada kata-kata khusus yang hanya dapat dipahami oleh orang-orang dari profesi tertentu. Namun, konten web jarang ditargetkan pada profesi tertentu. Biasanya, konten web ditujukan untuk masyarakat umum.

Untuk memastikan bahwa konten Anda tidak membingungkan pembaca Anda, selalu hindari jargon yang terkait dengan topik yang Anda diskusikan. Jelaskan istilah tersebut dengan kata-kata sederhana sehingga pembaca Anda dapat memahami konten Anda.

Ini diperlukan untuk memastikan bahwa artikel/postingan blog Anda dapat diakses oleh khalayak yang luas.

Kesimpulan

Konten yang dapat diakses dan efektif selalu sangat mudah dibaca. Mengurangi hambatan masuk memungkinkan lebih banyak orang untuk terlibat dengan konten Anda (sehingga dapat diakses).

Setiap saran atau saran yang Anda berikan kepada mereka lebih efektif jika mudah dipahami. Sementara hal-hal sulit hanya terbang di atas kepala mereka tanpa efek apa pun.

Dengan lima tips dalam artikel ini, Anda dapat segera membuat konten Anda lebih efektif dan mudah diakses.