cara update ubuntu linux dengan mudah

Cara Update Ubuntu Linux Dengan Mudah

Tutorial ini menunjukkan kepada Anda cara update Ubuntu untuk versi server dan desktop Ubuntu. Ini juga menjelaskan perbedaan antara “update” dan “peningkatan”, bersama dengan beberapa hal lain yang harus Anda ketahui tentang update di Ubuntu Linux.

Jika Anda adalah pengguna baru dan telah menggunakan Ubuntu selama beberapa hari atau minggu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara update sistem Ubuntu Anda untuk patch keamanan, perbaikan bug, dan peningkatan aplikasi.

Update Ubuntu sangat sederhana. Saya tidak melebih-lebihkan. Ini sesederhana menjalankan dua perintah, atau menggunakan dua klik mouse.

Ada dua cara Anda dapat update sistem Ubuntu Anda:

  • Perbarui Ubuntu melalui baris perintah
  • Perbarui Ubuntu menggunakan alat GUI Update Software

Biarkan saya memberi Anda lebih banyak detail. Harap dicatat bahwa tutorial ini berlaku untuk Ubuntu 20.04, 18.04, atau versi lainnya. Metode baris perintah juga berlaku untuk distribusi Linux berbasis Ubuntu, seperti Linux Mint, Linux Lite, OS dasar, dll.

Satu hal lagi. Artikel ini adalah tentang menjaga sistem Ubuntu Anda diperbarui. Jika Anda mencari peningkatan dari satu rilis ke rilis lainnya, silakan lihat tutorial saya tentang memutakhirkan versi Ubuntu.

Metode 1: Cara Update Ubuntu melalui Terminal / Command Line

sudo apt update

Pertama, buka terminal di desktop Ubuntu. Anda dapat menemukannya di menu, atau menggunakan pintasan keyboard Ctrl+Alt+T. Jika Anda masuk ke server Ubuntu, Anda sudah memiliki akses ke terminal.

Di terminal, Anda hanya perlu menggunakan perintah berikut:

sudo apt update && sudo apt upgrade -y

Ini akan meminta kata sandi. Anda dapat menggunakan kata sandi akun Anda. Anda tidak akan melihat karakter di layar saat mengetik kata sandi di terminal , jadi terus ketik kata sandi Anda dan tekan enter. Ini akan update paket di Ubuntu.

Lihat, betapa mudahnya update Ubuntu dari terminal? Sekarang izinkan saya menjelaskan perintah di atas.

Ini sebenarnya bukan satu perintah, ini adalah kombinasi dari dua perintah. && adalah cara untuk menjalankan beberapa perintah di Linux sedemikian rupa sehingga perintah kedua hanya berjalan ketika perintah sebelumnya berhasil dijalankan.

The “-y” pada akhirnya secara otomatis masuk “ya” ketika perintah “apt upgrade” meminta konfirmasi Anda sebelum menginstal update.

Perhatikan bahwa Anda juga dapat menggunakan dua perintah secara terpisah, satu per satu:

sudo apt update
sudo apt upgrade

Ini akan memakan waktu sedikit lebih lama, karena Anda harus menunggu satu perintah selesai dan kemudian memasukkan perintah kedua.

Lebih dari sekedar update OS

Tidak seperti Windows, Linux bekerja dengan manajer paket. Saat Anda menjalankan update, itu update semua paket yang diinstal melalui apt. Ini berarti update Ubuntu akan update sistem operasi inti, kernel Linux serta aplikasi yang diinstal dari pusat software (jika itu adalah paket apt) atau diinstal menggunakan perintah apt.

Menggunakan Perintah apt di Terminal Linux 

perintah apt dijelaskan dengan contoh. Panduan lengkap untuk perintah yang tepat untuk pemula.

Apa itu sudo apt update

Perintah ini update database lokal dari paket yang tersedia. Jika Anda tidak menjalankan perintah ini, database lokal tidak akan diperbarui dan sistem Anda tidak akan mengetahui apakah ada versi baru dari paket yang tersedia.

Inilah sebabnya, ketika Anda menjalankan perintah “sudo apt update”, Anda akan melihat banyak URL di output. Perintah mengambil informasi paket dari repositori masing-masing (URL yang Anda lihat di output).

Di akhir perintah, ini memberi tahu Anda berapa banyak paket yang dapat ditingkatkan. Anda dapat melihat paket-paket ini dengan menjalankan perintah berikut:

apt list --upgradable

Apa itu sudo apt upgrade

Perintah ini cocok dengan versi paket yang diinstal dengan database lokal. Itu mengumpulkan semuanya, dan kemudian akan mencantumkan paket-paket yang memiliki versi yang lebih baru tersedia. Pada titik ini, ia akan menanyakan apakah Anda ingin memutakhirkan paket yang diinstal ke versi yang lebih baru.

Anda dapat mengetik “yes,” atau “y,” atau cukup tekan enter untuk mengonfirmasi pemasangan update.

Jadi intinya adalah bahwa “sudo apt update” memeriksa ketersediaan versi paket baru, sementara “sudo apt upgrade” sebenarnya menginstal versi baru.

Istilah update mungkin membingungkan, karena Anda mungkin mengharapkan perintah “update apt” untuk update sistem dengan menginstal software baru, tetapi bukan itu cara kerjanya.

Perbedaan Antara apt dan apt-get 

Menjelaskan bagaimana perintah apt serupa namun berbeda dari apt-get dan mengapa Anda harus menggunakan apt daripada apt-get.

Metode 2: Perbarui Ubuntu melalui GUI

Software Updater

Jika Anda menggunakan Ubuntu sebagai desktop, Anda tidak perlu pergi ke terminal untuk update sistem. Anda masih dapat menggunakan baris perintah, tetapi ini opsional untuk Anda.

Di menu, cari “Software Updater” dan jalankan.

Ini akan memeriksa apakah ada update yang tersedia untuk sistem Anda.

Jika ada update yang tersedia, itu akan memberi Anda opsi untuk menginstal update.

Klik “Instal Sekarang.” Ini mungkin meminta kata sandi Anda.

Setelah Anda memasukkan kata sandi Anda, itu akan mulai menginstal update.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu me-reboot sistem Ubuntu Anda agar update yang diinstal berfungsi dengan baik. Anda akan diberi tahu di akhir update jika Anda perlu memulai ulang sistem.

Anda dapat memilih untuk memulai ulang nanti jika Anda tidak ingin langsung mem-boot ulang sistem Anda.

Tips : Jika update software mengalami kesalahan, Anda harus menggunakan perintah “sudo apt update” di terminal. Beberapa baris terakhir dari output akan berisi pesan kesalahan yang sebenarnya. Anda kemudian dapat mencari di internet untuk kesalahan itu dan memperbaiki masalahnya.

Beberapa hal yang perlu diingat tentang update Ubuntu

update ubuntu

Anda baru saja belajar cara update Ubuntu Anda. Jika Anda tertarik, Anda juga harus mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan update Ubuntu ini.

Membersihkan setelah update

Setelah update, sistem Anda mungkin memiliki beberapa paket yang tidak diperlukan yang tidak lagi diperlukan. Anda dapat menghapus paket tersebut dan mengosongkan beberapa ruang dengan menggunakan perintah ini:

sudo apt autoremove

Menambal langsung kernel di Server Ubuntu untuk menghindari reboot

Dalam hal update kernel Linux, Anda harus memulai ulang sistem setelah update. Ini bisa menjadi masalah jika Anda tidak ingin downtime untuk server Anda.

Fitur tambalan langsung memungkinkan untuk menambal kernel Linux saat masih berjalan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu me-reboot sistem Anda.

Jika Anda mengelola server, Anda mungkin ingin mengaktifkan patching langsung di Ubuntu.

Peningkatan versi Ubuntu berbeda dari peningkatan paket

Metode update yang dibahas di sini membuat instalasi Ubuntu Anda tetap segar dan diperbarui. Itu tidak mencakup pemutakhiran versi OS (misalnya, memutakhirkan Ubuntu 16.04 ke 18.04).

Upgrade versi Ubuntu adalah hal yang sama sekali berbeda. Mereka melibatkan update seluruh inti sistem operasi. Anda harus membuat cadangan yang tepat sebelum memulai proses yang panjang ini.

Kesimpulan

Saya harap Anda menyukai tutorial tentang update sistem Ubuntu ini, dan Anda telah mempelajari beberapa hal baru.

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan bertanya tanpa biaya. Jika Anda adalah pengguna Linux yang berpengalaman dan memiliki beberapa tip yang dapat membuat tutorial ini lebih bermanfaat, silakan bagikan kepada kami semua.