Ini Dia! 5 Cara Kerja Mesin 2 Tak Diesel yang Harus Kamu Ketahui

Ini Dia! 5 Cara Kerja Mesin 2 Tak Diesel yang Harus Kamu Ketahui

Mesin 2 tak diesel merupakan salah satu jenis mesin yang masih digunakan hingga saat ini. Mesin ini memang sudah ada sejak lama, namun hingga kini masih banyak orang yang menggunakan mesin ini sebagai sumber tenaga untuk peralatan berat, seperti generator atau mesin kapal.

Namun, tahukah kamu bagaimana mesin 2 tak diesel bekerja? Berikut ini adalah 5 cara kerja mesin 2 tak diesel yang harus kamu ketahui.

1. Menghisap Udara dan Bahan Bakar

Cara kerja mesin 2 tak diesel dimulai dengan proses penghisapan udara dan bahan bakar. Pada mesin ini, udara dan bahan bakar dihisap ke dalam ruang bakar pada saat piston bergerak ke bawah.

Setelah itu, piston naik kembali dan kompresi terjadi di dalam ruang bakar. Pada saat kompresi, suhu dan tekanan di dalam ruang bakar meningkat hingga mencapai kondisi yang cukup untuk memicu proses pembakaran.

2. Pembakaran

Setelah proses kompresi, proses pembakaran terjadi. Pada saat inilah bahan bakar yang telah dihisap tadi akan terbakar dan menghasilkan energi yang kemudian menggerakkan piston.

Dalam proses pembakaran ini, campuran udara dan bahan bakar akan terbakar secara spontan karena tekanannya yang tinggi. Namun, untuk memastikan bahwa pembakaran berjalan dengan sempurna, mesin dilengkapi dengan sistem penyalaan seperti busi.

3. Expansi Gas

Setelah proses pembakaran selesai, gas yang dihasilkan dari pembakaran akan melebar dan menekan piston ke bawah. Inilah yang disebut dengan proses ekspansi gas.

Proses ekspansi gas ini sangat penting dalam menghasilkan tenaga pada mesin. Sebabnya, gas hasil pembakaran yang melebar akan menekan piston ke bawah dan menghasilkan tenaga yang kemudian digunakan sebagai sumber tenaga.

4. Eksos

Setelah proses ekspansi gas selesai, gas peninggalan dari proses pembakaran akan dieksos keluar dari mesin. Pada saat eksos, suhu gas yang keluar masih sangat tinggi, namun akan turun secara perlahan.

Bagian mesin yang bertanggung jawab atas proses eksos ini adalah saluran knalpot. Di dalam saluran knalpot, gas yang keluar akan bertemu dengan beberapa benda penghambat seperti katalisator untuk mengurangi kadar polutan dalam gas yang keluar dari mesin.

5. Pengisian Ulang dan Siklus Berulang

Setelah gas dieksos keluar dari mesin, maka proses pengisian ulang akan dimulai. Saat piston bergerak ke bawah, akan tercipta ruang yang kemudian akan diisi dengan campuran udara dan bahan bakar baru.

Proses pengisian ulang inilah yang membuat proses di atas dapat terus berulang secara berkesinambungan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mesin 2 tak diesel bekerja dengan prinsip dasar yang sama seperti mesin diesel pada umumnya. Namun, karena jumlah taktnya yang lebih sedikit, maka mesin ini lebih sederhana dan mudah dalam pengoperasiannya.

Namun, meskipun sederhana, kita tetap perlu memahami prinsip kerja dan cara perawatan mesin ini agar dapat digunakan secara optimal dan tahan lama.

Sekian informasi tentang 5 cara kerja mesin 2 tak diesel yang harus kamu ketahui. Tak lupa, kami ucapkan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.