Mengenal Teknologi Jaringan 5G

Pada tahun 2019 perkembangan teknologi menjadi sangat pesat mulai dari persaingan alat elektronik seperti smartphone android sangat kencang sekali. Terbukti setiap perusahaan mengeluarkan banyak tipe varian dalam waktu satu tahun, maka dapat dilihat bahwa semakin kesini perkembangan teknologi menjadi lebih cepat daripada sebelumnya. Sudahkah anda tahu tentang teknologi jaringan terbaru yaitu teknologi jaringan 5G?

Yah pastinya semuanya sudah mendengar dan sudah tahu tentang informasinya. Konon ceritanya teknologi ini merupakan teknologi jaringan tercepat yang ada didunia lhoo. Iyaa karena dengan menggunakan jaringan ini memungkinkan kecepatan internet hingga 6400 mbps (6,4 Gbps). Ingin tahu informasi tentang jaringan 5G yuk simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Apa yang menjadi dasar teknologi 5G

Teknologi Jaringan 5G

Teknologi 5G didasari oleh OFDM (Orthogonal Frequency-Division Multiplexing) yang merupakan metode modulasi sinyal digitial ke saluran kanal yang berbeda dalam mengurangi gangguan sinyal.

Jaringan 5G menggunakan interface 5G NR Air Interface dan menggunakan teknologi bandwidth yang luas seperti mmWave dan Sub 6 GHz.

Seperti jaringan 4G LTE, 5G OFDM dioperasikan berdasar dengan prinsip jaringan seluler yang sama. Tetapi NR Air Interface 5G yang baru bisa meningkatkan OFDM dalam memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih tinggi.

Hal ini bisa memberi lebih banyak akses 5G ke berbagai banyak orang, berbagai hal dan berbagai kasus penggunaan yang berbeda.

Jaringan 5G menghadirkan bandhwidth yang unlimited dengan perluasan penggunaan spectrum dari sub 3 Ghz yang sudah digunakan dalam 4G menjadi 100 GHz dan seterusnya.

Jaringan ini dapat beroperasi di kedua frekuensi band yang rendah (contoh Sub-6 GHz) dan mmWave (24 Ghz atau lebih tinggi), dengan ini dapat menghasilkan kapasitas ekstrem, throughput multi Gbps dan latensi yang cukup rendah.

Kecepatan Jaringan 5G

jaringan 5g

Jaringan ini sudah dirancang untuk memberikan kecepatan data, dengan kecepatan maksimal 20 Gbps berdasarkan dengan persyaratan IMT 2020

Akan tetapi 5G andalan Qualcomm Technologies Sistem Qualcomm, Snapdragon ™ X55 dan Snapdragon X60 Modem-RF hanya dapat mencapai kecepatan data hingga 7,5 Gbps.

Singkat saja jika anda menggunakan 5 G anda dapat mendowload film dengan kualitas 8k 500 persen lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan jaringan 4G LTE.

Selain dari kecepatan internetnya, 5G dirancang dengan tujuan untuk penyediaan kapasitas jaringan yang lebih banyak lagi dengan cara memperluas ke spectrum yang baru.

Jaringan ini juga dapat memberi latensi yang jauh lebih rendah untuk respon yang cepat dan dapat memberikan anda sebuah pengalaman yang sama secara keseluruhan sehingga speed data akan tetap tinggi dan konsisten walaupun anda berpindah pindah tempat.

Sudahkah 5G Tersedia Saat Ini?

Untuk saat ini Jaringan 5G belum tersedia di Indonesia, walaupun sudah banyak tersedia diberbagai belahan dunia. Jaringan 5G sudah tersebar ke lebih dari 35 negara sejak tahun 2019 hingga 2020 dan mungkin pada tahun 2021 akan lebih banyak lagi negara negara yang menggunakan jaringan ini.