Mudahkan Pelatihan Karyawan Dengan Learning Management System

Mudahkan Pelatihan Karyawan Dengan Learning Management System

Salah satu ciri-ciri perusahaan yang mengalami perkembangan adalah perusahaan yang secara terus menerus mengembangkan proses pembelajaran dan pelatihan kepada karyawannya.

Saat ini sendiri, perusahaan bisa memanfaatkan software learning management system dalam memudahkan proses pembelajaran dan pelatihan karyawan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu learning management system dan fungsinya bagi perusahaan, simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

Apa itu Learning Management System?

Learning management system adalah suatu sistem yang dapat memfasilitasi, merencanakan, dan membantu perusahaan dalam menyelenggarakan pembelajaran dan pelatihan dengan tujuan meningkatkan skill, kompetensi, dan kapabilitas yang dimiliki oleh karyawan.

Sistem ini sendiri akan bekerja dengan membantu perusahaan dalam mengatur, melacak, dan mengelola karyawan dari segi pembelajaran yang kondusif dan efektif.

Dengan pembelajaran dan pelatihan yang lebih sistematis ini, maka dapat memungkinkan bagi karyawan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dan akan sangat berguna bagi mereka ketika melakukan pekerjaan sehari-hari mereka.

Fungsi Penggunaan Learning Management System di Perusahaan

Penggunaan learning management system (LMS) di suatu perusahaan sendiri memiliki sejumlah fungsi yang dapat mendukung tujuan dari proses training dan learning yang akan dilakukan oleh karyawan.

Adapun beberapa fungsi penggunaan LMS di sebuah perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Dapat Memberikan Tugas dan Kuis

Dengan menggunakan software LMS, perusahaan dapat memberikan tugas dan kuis kepada karyawan sebagai bagian dalam proses pelatihan yang dilakukannya secara mudah.

Pada beberapa sistem manajemen pelatihan sendiri, sudah terdapat beberapa software yang sudah dilengkapi dengan fitur kuis online agar mempermudah perusahaan dalam melakukan evaluasi terhadap karyawan.

2. Dapat Menyelenggarakan Virtual Training

Selain itu, software learning management system juga berguna untuk mengadakan pelatihan karyawan secara virtual. Kemampuan yang dimiliki oleh software LMS satu ini akan sangat berguna bagi perusahaan dengan karyawan yang tersebar di beberapa daerah.

Dalam hal ini, perusahaan juga dapat menyajikan beragam materi pelatihan digital, baik itu video atau animasi, dan dokumentasi materi pembelajaran yang dapat diakses secara mandiri oleh karyawan.

3. Dapat Menjadi Bahan Evaluasi

Software LMS juga dapat menjadi salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan dalam mengetahui feedback dari para karyawannya.

Setelah menyelesaikan program pelatihan, para karyawan dapat memberikan feedback tentang hasil dari pelatihan yang dilakukannya.

Dalam hal ini, perusahaan dapat melihat feedback tersebut dan dapat menggunakannya sebagai bahan evaluasi perusahaan untuk program pelatihan selanjutnya.

Rekomendasi Software Learning Management System

Saat ini sendiri, sudah terdapat beberapa perusahaan di luar sana yang menyediakan software LMS dengan menawarkan berbagai macam fitur menarik.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi dari software LMS terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan Anda.

1. Software Learning Management System LinovHR

Rekomendasi software LMS pertama adalah Software Learning Management System LinovHR yang memiliki banyak fitur menarik yang dapat mendukung perusahaan dalam proses perencanaan, implementasi, hingga evaluasi kegiatan pelatihan karyawan.

Beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Software LMS LinovHR di antaranya seperti Go to E-Learning, Course, Category Learning, Question Type, Feedback Theme, E-Learning Overview, Quiz, dan ESS Request E-Learning.

2. Its Learning LMS Example

Aplikasi LMS satu ini dilengkapi dengan pustaka konten yang besar guna membantu perusahaan dalam pembuatan kursus. Dengan pustaka konten yang besar ini, maka perusahaan akan dimudahkan dalam proses pembelajaran karyawan dari awal hingga akhir.

3. EdApp Learning Management System

Software LMS satu ini memberikan kemudahan kepada perusahaan dengan memberikan akses ke fitur-fitur yang sangat intuitif dan sangat menarik seperti gamification, spaced repetition, microlearning, dan mobile learning, yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam melatih karyawan secara efektif dan efisien.

Itulah seputar informasi mengenai apa itu learning management system hingga fungsi-fungsi yang diberikan oleh software satu ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!