Panjang Pendeknya Bunyi Pada Sebuah Lagu/Musik disebut?

Dalam fisika , Bunyi atau suara adalah getaran yang merambat sebagai gelombang akustik/longitudinal, melalui media transmisi seperti gas, cair atau padat.

Dalam fisiologi dan psikologi manusia , suara/bunyi adalah penerimaan gelombang tersebut dan persepsinya oleh otak .  Hanya gelombang akustik yang memiliki frekuensi antara sekitar 20 Hz dan 20 kHz, rentang frekuensi audio , yang menimbulkan persepsi pendengaran pada manusia. Di udara pada tekanan atmosfer, ini mewakili gelombang suara dengan panjang gelombang 17 meter (56 kaki) hingga 1,7 sentimeter (0,67 inci). Gelombang suara di atas 20 kHz dikenal sebagai ultrasound dan tidak terdengar oleh manusia. Gelombang suara di bawah 20 Hz dikenal sebagai infrasonik. Spesies hewan yang berbeda memiliki rentang pendengaran yang berbeda .

Panjang pendeknya bunyi pada sebuah lagu disebut​ pola irama/Rhythm

Irama adalah urutan rangkaian yang menjadi unsur dasar musik. Panjang pendeknya bunyi dihiitung berdasarkan ketukan-ketukan yang teratur. Pola irama berjalan menurut birama(kuat lemahnya suatu bunyi dibatasi dengan suatu garis tersebut, yang disebut garis birama). Contoh pembacaan birama: 4/4, yang memiliki pengeritan setiap birama ada empat ketukan.

Jenis-jenis pola irama:

  • Pola irama rata

Jenis ini adalah pembagian suatu suara dengan sama ataupun rata

  • Pola irama tidak rata

Pendeknya bunyi atau pola irama tersebut tidak atau tidak rata

  • Ostinatoirama

Pola irama, yang pendek serta berulang-ulang dalam irama tersebut.


Baca Juga :