Linux Ubuntu dan Linux Mint

Perbedaan Linux Ubuntu dan Linux Mint

Kali ini Matob akan berbagi informasi mengenai Perbedaan Linux Ubuntu dan Linux Mint. Keduanya merupakan OS berbasis Linux. Ingin tahu apa saja perbedaan dan keunggulannya yuk simak ulasan berikut ini.

Banyak argumen dapat dibuat untuk menggunakan Linux Mint dan bukan Ubuntu, dan ada argumen tandingan untuk menginstal Linux Ubuntu. Kedua distribusi Linux  ini relatif mudah digunakan. Linux Mint awalnya dibangun di Ubuntu. Namun, distribusinya telah berubah, dan pilihan di antara keduanya mungkin tidak jelas. Temukan apakah Ubuntu atau Linux Mint adalah Linux yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Perbedaan Secara Keseluruhan

Linux Ubuntu

Ubuntu

  • Lingkungan desktop GNOME mudah digunakan.
  • Banyak pintasan keyboard.
  • Audio, internet, media sosial, dan lainnya terintegrasi ke dalam desktop.
  • Lensa dan cakupan mengintegrasikan pengalaman online dan offline.

Linux Mint

  • Desktop Cinnamon memiliki tampilan dan nuansa yang familiar dengan Windows.
  • Media, internet, dan media sosial adalah aplikasi yang berdiri sendiri.
  • Tidak menyertakan opsi belanja di hasil penelusuran.
  • Upgrade terbatas pada rilis minor.

Jika Anda pengguna Windows yang beralih ke Linux, Anda akan menyukai keakraban desktop Cinnamon. Namun, jika Anda bersedia memberi Ubuntu kesempatan, itu mungkin akan mengejutkan Anda.

Desktop Experience

Ubuntu

  • Bilah peluncuran akan mengingatkan pengguna Mac tentang Dock macOS.

Linux Mint

  • Menggunakan desktop Cinnamon, yang memiliki tampilan dan nuansa seperti Windows.

Satu argumen untuk Linux Mint atas lingkungan desktop GNOME di Ubuntu adalah bahwa pengguna Windows akan menemukan Linux Mint lebih familiar. Desktop Cinnamon default sangat mirip dengan desktop yang digunakan Windows selama 20 tahun terakhir.

GNOME adalah pengalaman untuk dinavigasi dan digunakan. Bilah peluncuran di sisi kiri desktop menyediakan akses instan ke aplikasi favorit. Aplikasi lain dapat diakses dari GNOME Shell.

Tidak ada yang salah dengan Linux Mint. Jika Anda menyukai desktop tradisional, itu sempurna. Tetapi Ubuntu membuka jalan baru dan mencoba hal-hal baru. Jika Anda belum mencoba GNOME karena Anda mendengar hal-hal buruk, berikan waktu satu bulan, dan Linux Ubuntu akan berubah pikiran.

Pintasan Keyboard

Ubuntu

  • Banyak jalan pintas, semua dengan dokumentasi yang jelas.

Linux Mint

  • Linux Mint memungkinkan Anda membuat pintasan ke aplikasi favorit.

Satu hal hebat tentang GNOME adalah pintasan keyboard yang ditawarkannya dan betapa mudahnya membuka jendela yang menampilkannya.

Windows memiliki banyak pintasan keyboard. Setelah Anda mempelajarinya, Anda akan menggunakannya secara teratur. Masalahnya adalah, pintasan di Windows tidak didokumentasikan dengan jelas.

Di GNOME, Anda dapat menekan tombol super (tombol Windows) dan tombol Escape pada keyboard untuk menampilkan daftar pintasan—fitur yang harus ditambahkan oleh setiap lingkungan desktop.

Integrasi Desktop

Ubuntu

  • Pengalaman desktop yang mulus.
  • Integrasi media, internet, dan media sosial ke dalam desktop.

Linux Mint

  • Setiap program berdiri sendiri.
  • Atur pintasan ke favorit Anda.

Saat Anda menggunakan Linux Mint, setiap program adalah aplikasi yang berdiri sendiri. Sebaliknya, karena cara kerja GNOME, Anda dapat memutar musik, menonton video, melihat foto, memperbarui media sosial, dan mengakses internet dari GNOME Shell. Hasilnya, Sistem Linux Ubuntu memberi Anda pengalaman yang mulus dan merupakan contoh bagus dari peningkatan yang dilakukan pada desktop modern.

Perbedaan menarik lainnya antara kedua distribusi ini adalah apa yang ditampilkan masing-masing di hasil pencarian. Tidak seperti Linux Mint, Linux Ubuntu menyertakan tautan ke situs belanja sebagai bagian dari hasil pencarian. Jadi, jika Anda sedang mencari sebuah lagu dan Anda melihat opsi untuk membeli lagu lain dari artis yang sama, itu poin lain yang mendukung Ubuntu.

Penyedia Pencarian GNOME

Gnome Linux Ubuntu

Ubuntu

  • Pengalaman desktop yang mulus.
  • Integrasi media, internet, dan media sosial ke dalam desktop.

Linux Mint

  • Setiap program berdiri sendiri.
  • Atur pintasan ke favorit Anda.

Penyedia pencarian GNOME memungkinkan untuk mengintegrasikan yang terbaik dari web ke desktop Anda.

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin menghabiskan banyak waktu menggunakan layanan online seperti Gmail dan Reddit seperti halnya aplikasi offline. Jadi, masuk akal untuk mengintegrasikan hasil online dan offline saat mencari sesuatu di desktop.

Proses Upgrade

Ubuntu Upgrade

Ubuntu

  • Proses upgrade bisa secara langsung.

Linux Mint

  • Upgrade rilis sedikit.

Ubuntu adalah basis untuk Linux Mint, jadi Ubuntu selalu selangkah lebih maju. Dan sekarang, Linux Mint telah menyelaraskan dirinya dengan siklus rilis Long-Term Support (LTS) dua tahun Ubuntu. Ini berarti Ubuntu dan Linux Mint akan berbeda pada saat rilis LTS berikutnya tersedia.

Selain itu, memutakhirkan dari satu rilis Ubuntu ke rilis berikutnya sangat mudah dan telah dilakukan selama bertahun-tahun. Sebaliknya, Linux Mint memungkinkan Anda untuk mengupgrade rilis minor saja.

Cobalah Keduanya

Jika Anda pengguna Linux pemula atau berasal dari Windows, Anda mungkin lebih tertarik dengan Linux Mint. Jika Anda menginginkan distribusi berfitur lengkap, Ubuntu mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada akhirnya, cara terbaik untuk mengetahui distribusi Linux mana yang memenuhi kebutuhan Anda adalah dengan mencoba Ubuntu dan Linux Mint.