5 Tips Memanfaatkan Chatbot untuk Survei Kepuasan Pelanggan

5 Tips Memanfaatkan Chatbot untuk Survei Kepuasan Pelanggan

Di era digital seperti saat ini, kepuasan pelanggan menjadi salah satu fokus utama bagi setiap bisnis. Mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dan sejauh mana kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang disediakan sangat penting untuk menjaga kelangsungan bisnis. Salah satu cara efektif untuk mengumpulkan data mengenai kepuasan pelanggan adalah melalui survei. Nah, kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai penggunaan chatbot untuk mengumpulkan survei kepuasan pelanggan serta tips-tips untuk memanfaatkannya secara optimal.

Peran Chatbot dalam Bisnis

Chatbot merupakan salah satu fitur dalam WhatsApp CRM yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Terlebih jika bisnis mempunyai volume pesan masuk yang tinggi dari para pelanggan, baik calon pelanggan, pelanggan baru maupun pelanggan lama. Dengan berbagai kompleksitas arus komunikasi yang terjalin tiap harinya serta banyaknya produk-produk yang ingin ditawarkan sebuah perusahaan, peran chatbot menjadi sangat krusial demi memastikan seluruh pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan efisien.

Berikut peran lain yang dapat chatbot lakukan dalam bisnis

  1. Meningkatkan interaksi pelanggan dengan survei kepuasan: Chatbot dapat digunakan untuk mengirimkan survei kepuasan pelanggan secara langsung kepada mereka setelah berinteraksi dengan layanan atau produk tertentu.
  2. Efisiensi komunikasi karena respon cepat: Chatbot mampu memberikan respon cepat terhadap pertanyaan atau masalah pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka dalam hal layanan pelanggan.

Tips Memanfaatkan Chatbot untuk survei Kepuasan Pelanggan

Untuk mengumpulkan survei kepuasan pelanggan menggunakan chatbot, kamu dapat menerapkan tips-tips jitu berikut ini agar hasilnya dapat mendukung kemajuan bisnis yang lebih efektif.

  1. Desain pertanyaan yang relevan

Pastikan pertanyaan yang diajukan dalam survei memiliki relevansi dengan produk atau layanan yang disediakan. Hal ini akan memastikan bahwa feedback yang diperoleh akan bermanfaat bagi perbaikan atau pengembangan selanjutnya. Gunakan fitur personalisasi dalam chatbot untuk membuat pesan survei terasa lebih ramah dan relevan bagi setiap pelanggan.

  1. Integrasi dengan platform komunikasi populer

Integrasikan chatbot dengan platform komunikasi populer seperti WhatsApp untuk mencapai lebih banyak pelanggan. Melalui integrasi WhatsApp ini, kamu dapat memudahkan pelanggan dalam berinteraksi dan memberikan feedback.

  1. Feedback interaktif

Berikan pelanggan umpan balik langsung setelah mereka menjawab setiap pertanyaan. Misalnya, beritahu mereka bahwa tanggapan telah diterima dan ucapan terima kasih atas partisipasi mereka. Sehingga pelanggan dapat mengetahui bahwa feedback yang dikirimkan telah berhasil diterima.

Setelah pelanggan menyelesaikan survei, gunakan chatbot untuk mengirimkan follow-up atau tindak lanjut atas feedback yang diberikan.

  1. Fleksibilitas waktu

Berikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk mengisi survei kapanpun mereka mau, sesuai dengan kenyamanan mereka. Jika memang waktu pengisian survei terbatas, berikan tenggat waktu yang cukup luang bagi pelanggan untuk mengisinya.

  1. Rahasia dan privasi

Yakinkan kepada pelanggan bahwa tanggapan mereka akan dijaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk tujuan analisis internal perusahaan. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya pelanggan kepada perusahaan sehingga mereka lebih terbuka dalam membagikan informasi dan feedback kepada perusahaan.

Kumpulan survei pelanggan yang dapat dilakukan melalui chatbot

Melalui chatbot, kamu dapat mengumpulkan beragam hasil survei kepuasan pelanggan, meliputi:

  1. Evaluasi pengalaman pengguna

Melalui chatbot, pelanggan dapat memberikan feedback tentang pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan tertentu. Survei ini dilakukan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

  1. Penilaian kualitas layanan

Pelanggan dapat memberikan penilaian terhadap kualitas layanan yang diberikan, seperti kecepatan respon atau kesopanan petugas dalam menanggapi keluhan pelanggan. Hal ini dapat memberikan kamu wawasan mengenai kualitas pelayanan yang telah diberikan bahkan dapat mengukur bagaimana kepuasan pelanggan saat ini terhadap layanan.

  1. Harapan terhadap produk dan layanan

Pelanggan dapat memberikan feedback mengenai produk dan layanan tertentu yang sebelumnya belum disediakan perusahaan. Hal ini bagus untuk pengembangan usaha sehingga sebuah perusahaan dapat tetap kompetitif di tengah persaingan usaha.

  1. Rekomendasi pelanggan

Perusahaan juga dapat memperoleh survei kepuasan pelanggan mengenai keinginan mereka dalam menerima rekomendasi produk atau layanan bisnismu. Lalu, kamu juga dapat menanyakan intensitas serta alasan mereka merekomendasikan produk atau layanan kepada teman atau keluarga.

Data yang berhasil dikumpulkan nantinya dapat dipergunakan untuk membuat program referral, yang akhirnya bisa meningkatkan akuisisi pelanggan baru dan retensi pelanggan lama. Para pelanggan lama ini juga nantinya bisa diberdayakan sebagai brand advocate perusahaan kamu yang senang mempromosikan produk dan layanan usahamu kepada orang lain.

Mengumpulkan survei kepuasan pelanggan dengan kommo

Kommo merupakan salah satu platform WhatsApp CRM yang menawarkan solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja bisnis melalui WhatsApp, baik dari segi pemasaran, penjualan, maupun dukungan pelanggan. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Kommo adalah chatbot yang dirancang untuk mendukung kebutuhan bisnis dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan efisiensi operasional.

Keunggulan dari Chatbot Kommo ialah kemudahan penggunaannya. Dengan antarmuka yang intuitif, pengguna dapat membuat dan mengelola chatbot tanpa harus menguasai keterampilan pemrograman yang kompleks. Tim juga dapat dengan cepat mengimplementasikan chatbot tanpa kesulitan berarti.

Selain itu, Kommo menyediakan Visual Chatbot Builder, sebuah alat pembuat chatbot visual yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat dan menyesuaikan chatbot sesuai dengan kebutuhan bisnis yang spesifik. Fleksibilitas ini memungkinkan pengguna untuk memilih dari berbagai templat yang sudah ada atau membuat chatbot dari awal.

Chatbot Kommo juga memiliki skalabilitas yang tinggi, cocok untuk berbagai jenis bisnis mulai dari yang kecil hingga besar. Mereka dapat menangani volume percakapan yang tinggi tanpa mengurangi kualitas layanan, memastikan bahwa pelanggan selalu mendapatkan respons yang cepat dan relevan.

Selain itu, Kommo menawarkan integrasi yang lengkap dengan berbagai platform dan sistem bisnis yang umum digunakan, seperti WhatsApp, CRM, dan lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan chatbot dengan software dan perangkat lainnya yang mereka gunakan dalam operasional bisnis, meningkatkan efisiensi operasional dan memperbaiki pengalaman pelanggan.

Terakhir, Chatbot Kommo dilengkapi dengan fitur analisis yang kuat, memungkinkan pengguna untuk melacak kinerja chatbot dan mengumpulkan data terkait preferensi dan perilaku pelanggan. Dengan data ini, pengguna dapat terus meningkatkan strategi pemasaran dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan efektif.

Selain Kommo, beberapa penyedia solusi bisnis juga menawarkan fitur-fitur yang sama, seperti Qontak, Barantum, Respond.io dan masih banyak lagi. CRM menjadi pilihan yang tepat bagi bisnis yang ingin memanfaatkan chatbot untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional mereka.

Kesimpulan

Pemanfaatan chatbot dalam mengumpulkan survei kepuasan pelanggan memberikan berbagai manfaat bagi bisnis. Dengan respon cepat, efisiensi komunikasi, dan kemampuan untuk melakukan survei langsung melalui platform populer seperti WhatsApp, chatbot menjadi alat yang efektif dalam mendapatkan wawasan tentang kepuasan pelanggan. Dengan menerapkan tips yang telah dibahas, bisnis dapat memaksimalkan potensi chatbot untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengembangkan produk atau layanan yang lebih baik di masa mendatang.

Selain itu, dengan berlangganan layanan Customer Relationship Management per bulannya, semua fitur yang mendukung bisnis dapat dieksplorasi dengan mudah, mulai dari chatbot hingga pengelolaan sales pipeline, dan inbox pesan yang saling terhubung untuk semua messenger. Dengan begitu, pelanggan dapat menemukan lebih banyak keunggulan WhatsApp CRM serta mengeksplorasi potensi bisnis secara menyeluruh. Oleh karena itu, jangan ragu gunakan chatbot untuk melakukan survei kepuasan pelanggan bisnismu!

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts