Menguasai Peringkat Google: Panduan SEO untuk Pemula

Apakah Anda tertarik pada dunia SEO tapi bingung mulai dari mana? Berikut informasi mengenai panduan SEO untuk pemula tips menguasai peringkat Google.

Mengenal SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan untuk optimisasi website dengan tujuan untuk memudahkan mesin pencari dalam menemukan halaman atau website agar berada di halaman pertama mesin pencari dengan keyword yang telah ditentukan oleh user.

SEO memiliki aspek utama yakni mempermudah menemukan istilah dan frasa atau kata kunci agar dapat menghasilkan lalu lintas berkualitas pada situs Web, membuat situs web agar mudah dicari oleh mesin pencari, hingga membangun tautan dan memasarkan nilai yang unik pada situs web.

Optimasi mesin pencari merupakan sebuah dunia yang kompleks dan selalu berubah – ubah. Namun dapat mudah untuk dipelajari terkait dasar – dasarnya bahkan pengetahuan SEO ini.

Dasar Panduan SEO untuk Pemula

Panduan SEO untuk Pemula

Sebelum lebih jauh untuk mengetahui panduan SEO untuk pemula, untuk mempermudah mari mengenal tentang hirearki kebutuhan Maslow.

Hierarki kebutuhan Maslow merupakan teori psikologi yang memprioritaskan kebutuhan manusia yang paling mendasar seperti udara, air, dan keamanan fisik dibandingkan kebutuhan yang lebih maju seperti harga diri dan status sosial. Teori kebutuhan Maslow tidak dapat mencapai kebutuhan tingkat atas tanpa memastikan kebutuhan yang lebih mendasar terpenuhi terlebih dahulu. Seperti dengan SEO ini sama seperti teori psikologi kebutuhan Maslow.

Rand Fishkin menjelaskan panduan SEO untuk pemula dengan mudah sebagai berikut ini.

meningkatkan daya saing markup cuplikan/skema agar menonjol di SERP
panduan SEO untuk pemula Judul, URL & deskripsi untuk menarik RKPT tinggi di peringkat
konten yang layak dibagikanyang menghasilkan tautan, kutipan, dan amplifikasi
Pengalaman pengguna yang luar biasa
termasuk kecepatan memuat yang cepat, kemudahan penggunaan, dan UI yang menarik di perangkat apa pun
kata kunci dioptimalkanuntuk menarik pencari & mesin
konten yang menarikyang menjawab pertanyaan pencari
penting untuk pemeringkatan aksesibilitas perayapan sehingga mesin dapat menjangkau dan mengindeks konten Anda

Sebuah dasar SEO yang baik dimulai dengan memastikan aksesibilitas dalam pencarian dan berlanjut dari sana. Dengan menggunakan panduan SEO untuk pemula ini maka dapat mengikuti tujuh langkah menuju SEO yang baik sebagai berikut:

Pertama, aksesibilitas perayapan sehingga mesin dapat membaca situs web dengan baik.

Kedua, konten yang menarik dapat menjawab pertanyaan pencari.

Ketiga, kata kunci dioptimalkan untuk menarik pencari dan mesin

Keempat, pengalaman pengguna yang luar biasa termasuk kecepatan dalam memuat yang cepat dan UX yang menarik.

Kelima, konten yang layak dibagikan menghasilkan tautan, kutipan, dan penguatan.

Keenam, Sebuah judul, URL, dan deskripsi yang menarik agar rasio klik tayang (RKT) yang tinggi di peringkat.

Ketujuh, Markup cuplikan atau sebuah skema supaya menonjol di SERP.

Bab – Bab Panduan SEO untuk Pemula

Berikut ini panduan dari awal SEO agar memiliki situs yang sukses di pencarian google:

Bab 1

Untuk awalan SEO yang baik, perlu untuk mempelajari optimasi mesin pencari. Hal ini penting dan semua hal dasar yang perlu diketahui untuk memulai memiliki mesin SEO dengan benar.

Bab 2

Cara kerja mesin pencari- perayapan, pengindeksan, dan pemeringkatan yakni ketika mesin pencari benar – benar tidak dapat menemukan, maka bab ini akan menunjukkan bagaimana robot pencari berhasil merayapi internet untuk menemkan situs yang Anda miliki dengan menambahkan indeks.

Bab 3

Melakukan sebuah riset kata kunci penting. Dalam hal ini pendekatan yang ditargetkan pengguna ialah mencakup riset kata kunci dan metode lain untuk menentukan apa yang dicari oleh audiens.

Bab 4

Melakukan optimasi di tempat adalah suatu bab yang besar dan kuat. Dalam hal ini mencakup desain yang optimal, pengalaman pengguna, arsitektur informasi, dan semua cara dapat menyesuaikan publikasi konten untuk memaksimalkan visibilitas dan resonansi dengan audiens.

Bab 5

Melakukan SEO teknis dengan menerapkan desain responsif, arahan robot, dan elemen teknis lain seperti data yang terstruktur dan tag meta. Dalam hal ini dapat memberi tahu Google (robot itu sendiri) tentang situs Anda. Hal ini juga akan membantu menentukan peringkat untuk hal yang benar

Bab 6

Panduan SEO untuk pemula selanjtunya adalah membangun tautan dan membangun otoritas. Dalam hal ini akan memperluas pengaruh Anda untuk mendapatkan perhatian dan tautan dari situs dan pemberi pengaruh lain.

Bab 7

Panduan SEO untuk pemula selanjutnya dengan mengukur, memprioritaskan, dan melaksanakan SEO untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tida. Hal ini juga menyesuaikan pendekatan Anda seiring berjalannya waktu.

Glosarium SEO

Dalam rangka mempelajari panduan SEO untuk pemula tentunya juga wajib mempelajari bahasa lain dengan semua istilah – istilah yang ada di SEO. Mempelajari kata demi kata di SEO untuk mempermudah dalam mengenal SEO lebih jauh. Berikut ini beberapa kata – kata yang ada di SEO:

10 blue links: Format mesin pencari yang digunakan untuk menampilkan sebuah hasil pecarian, Biasanya sepuluh hasil di awal semuanya muncul dalam format yang sama.

Black hat: sebuah praktik optimasi mesin pencari yang melanggar pedoman kualitas Google.

Crawling: Merupakan proses mesin pencari menemukan halaman web yang Anda miliki.

De-indexed: Mengacu pada halaman atau sekelompok halaman yang dihapus dari indeks google.

Featured snippets: Kotak jawaban yang muncul pada bagian atas SERP untuk pertanyaan tertentu.

Google My Business listing: Cantuman gratis yangtersedia untuk bisnis lokal

Image carousels: Gambar menghasilkan beberapa SERP yang dapat digulir dari kiri ke kanan.

Indexing: Penyimpanan dan pengorganisasian konten yang ditemukan selama perayapan.

Intent: Dalam konteks SEO mengacu pada apa yang sebenarnya diinginkan pengguna dari kata-kata yang mereka ketikkan pada bilah pencarian.

KPI: Sebuah indikator kinerja utama yakni nilai terukur yang menunjukkan seberapa baik suatu kegiatan mencapai suatu tujuan.

Local pack:  Sebuah paket yang berisikan tiga cantuman bisnis lokal yang muncul untuk penelusuran dengan tujuan lokal.

Organic: Mendapatkan penempatan di hasil pencarian dibandingkan dengan iklan berbayar.

People Also Ask boxes: Sebuah kotak di beberapa SERP yang menampilkan daftar pertanyaan terkait kueri dan jawabannya.

Query: Kata – kata yang diketik di bilah pencarian.

Ranking: Mengurutkan hasil pencarian berdasarkan relevansi dengan kueri.

Search engine: Program pengambilan informasi dalam database yang cocok dengan permintaan yang dimasukkan oleh pengguna misalnya pada google, bing, Yahoo.

SERP features: RHasil ditampilkan dalam format non – standar

SERP: Sebuah singkatan dari halaman hasil mesin pencari yakni halaman yang Anda lihat setelah melakukan pencarian

Traffic: Kunjungan pada situs web

URL: Merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator.URL adalah sebuah lokasi atau alamat setiap bagian konten di web.

Webmaster guidelines: Pedoman yang diterbitkan oleh mesin pencari seperti Google dan Bing dengan tujuan membantu pemilik situs membuat konten yang akan ditemukan, diindeks, dan berkinerja baik dalam mesin hasil pencarian.

White hat: Praktik pengoptimalan mesin telusur tetapi masih mematuhi pedoman kualitas Google.

Itu tadi mengenai panduan SEO untuk pemula dari matob. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin tahu dasar untuk mengenal SEO.

Matob Creative studio merupakan jasa pembuatan website Jogja siap untuk memaksimalkan potensi internet untuk marketing perusahaan Anda dalam kegiatan persaingan di dunia bisnis mesin peramban internet.

Jika Anda menginginkan website Anda dikenal di mesin pencarian teratas, Anda dapat mempercayakan Matob Creative Studio sebagai jasa SEO Jogja.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts