5 Tren Digital Marketing pada Tahun 2019

5 Tren Digital Marketing pada Tahun 2019

Saat tahun 2019 dimulai, dunia bisnis mencari keunggulan kompetitif baru dan cara untuk terhubung dengan lebih banyak pelanggan. Digital marketing tidak memiliki tanda-tanda melambat atau berhenti, itulah sebabnya pemilik bisnis fokus pada penguatan upaya digital marketing mereka untuk tahun mendatang.  Berikut adalah lima tren digital marketing yang dapat diharapkan mulai terbentuk pada tahun 2019.

Media Sosial Akan Berisi Percakapan

Bisnis seharusnya tidak lagi melihat media sosial sebagai percakapan satu arah.  Sebaliknya, 2019 akan melihat perusahaan menggunakan media sosial untuk terlibat dengan audiensi serta mengukur keinginan dan kebutuhan mereka.  Mendengarkan sosial yang efektif dan memperhatikan percakapan tentang merek mereka dan merek pesaing akan membantu bisnis mempelajari jenis konten apa yang berkerja lebih baik untuk target.

sosial media marketing - Digital Marketing 2019

Langkah-langkah tambahan yang dapat diambil perusahaan untuk mengembangkan hubungan yang lebih pribadi dengan pelanggan meliputi:

  • Mengajukan dan menjawab pertanyaan konsumen
  • Membuat dan memposting materi yang menarik
  • Memiliki waktu respons cepat antara 24-48 jam

Terus melakukan percakapan di media sosial melalui postingan dan komentar pengguna. Dan mempersonalisasikan pengalaman pengguna dengan memanfaatkan konten yang dibuat pengguna yang beresonansi dengan pelanggan. Ini dapat membantu bisnis meningkatkan kesadaran akan merek, mendapatkan kepercayaan konsumen, dan memperkuat loyalitas merek.

Video Akan Disempurnakan Untuk SEO

SEO membantu pemilik bisnis memahami perilaku pengguna.  Mesin pencari terus memperbarui agar website yang menarik diperlihatkan kepada pengguna. Oleh karena itu, penggerak bisnis perlu beradaptasi dengan algoritma media sosial yang berubah untuk menjaga peringkat mereka tetap utuh.  Menurut penelitian, “Video dibagikan 1.200% lebih dari gabungan tautan dan teks.” Video sangat menarik dan memiliki peluang untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan mengembangkan hubungan emosional yang kuat dengan pemirsa.

Tahun ini, saya memperkirakan bahwa bisnis akan lebih fokus pada pengoptimalan konten video untuk menaikkan ranking SEO google.  Pastikan kata kunci ditambahkan ke dalam tiga aspek video Anda ini:

  • Judul video
  • Deskripsi
  • URL

Kata kunci untuk video akan bervariasi tergantung pada bisnis Anda.  Anda mungkin ingin membuat judul video Anda sebagai pertanyaan atau jawaban atas pertanyaan yang cenderung ditonton oleh pemirsa.  Teks juga dapat ditambahkan ke video Anda.  Sertakan kata kunci dalam skrip video Anda sehingga Google dapat membaca apa yang dicantumkan dalam video.

Optimalkan konten video sehingga tepat waktu, relevan, dan menarik.  Ketika dibuat dengan benar, video dapat membantu meningkatkan keterlibatan media sosial, menghasilkan arahan yang bagus, menciptakan ajakan untuk bertindak dan meningkatkan penjualan. Bisnis juga harus fokus pada peningkatan SEO mereka demi mengenal audiens.  Semakin tepat strategi SEO Anda, semakin dekat Anda dengan audiens target Anda.

Geo-Marketing Akan Berkembang

Bisnis telah memasukkan geo-marketing ke dalam strategi untuk sementara waktu.  Tetapi kebutuhan akan hasil yang lebih tepat dan akurat telah mengarah pada teknologi baru, seperti geo-fencing, untuk membuat bisnis lebih dekat dengan pelanggan.  Geo-fencing telah mengembangkan cara penargetan lokasi yang memungkinkan perusahaan menarik klien pesaing atau menciptakan promosi untuk merek mereka. Salah satu cara untuk mengambil keuntungan dari geo-marketing adalah dengan fokus pada area yang memiliki kejenuhan besar pada target pasar Anda.

LOCAL SEO -DIGITAL MARKETING 2019

Menayangkan iklan digital untuk pengguna seluler dalam area geografis yang telah ditentukan adalah cara lain untuk memanfaatkan geo-marketing.  Misalnya, bisnis dapat membuat dan meluncurkan iklan geo-mapping seperempat mil dari toko pesaing.  Setiap kali pelanggan masuk ke lokasi yang ditargetkan itu, mereka akan disajikan dengan iklan untuk bisnis Anda, yang berpotensi memicu minat pada toko dan merek Anda.  Pemberitahuan bertarget ini adalah cara terbaik untuk menghasilkan keterlibatan tinggi dan kesadaran akan merek bisnis Anda.

Email Marketing Akan Bersifat Pribadi

Konsumen lebih peduli dengan personalisasi sekarang daripada sebelumnya.  Ketika berhubungan dengan merek, konsumen menyadari bahwa itu adalah hal-hal kecil yang penting.  Itulah sebabnya mengambil langkah ekstra untuk mempersonalisasi email dapat menghasilkan lebih banyak pelanggan yang loyal dan lebih banyak konversi.

email-marketing-2 DIGITAL MARKETING 2019

Saat membuat kampanye menandai email yang dipersonalisasi, pastikan untuk:

  • Buat email spesifik berdasarkan segmen pasar Anda yang berbeda
  • Pilih untuk mempromosikan produk dan layanan yang menarik bagi pelanggan tersebut
  • Buat konten yang singkat namun mudah diingat
  • Pemasaran kreatif yang menarik dan mewakili merek Anda

Email tidak hanya membuat pengiklanan bersifat lebih pribadi, tetapi lebih banyak bisnis fokus membuat email mudah diakses oleh perangkat seluler.  Menurut penelitian, hampir 84% responden survei mengatakan mereka menggunakan smartphone mereka sebagai perangkat pilihan mereka untuk email pribadi. Memastikan konten email Anda dipersonalisasi dan dioptimalkan sangat penting untuk menghasilkan arahan dan memanfaatkan pasar yang sangat mobile ini.

Teknologi Baru Akan Muncul

Bisnis akan mulai mengintegrasikan teknologi baru untuk meningkatkan upaya pemasaran dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Kecerdasan buatan dan augmented reality adalah dua teknologi yang diharapkan dapat meningkatkan layanan pelanggan dan strategi pemasaran bisnis secara keseluruhan.

teknologi baru 2019

Untuk tetap berada di puncak permainan teknologi, pastikan untuk mendedikasikan sejumlah waktu tertentu setiap minggu untuk menjadi terbiasa dan memahami apa yang terjadi di wilayah digital.  Saat peluang baru seperti platform iklan atau alat pendengar sosial muncul, penting bagi Anda untuk mengetahui kemampuan mereka.  Salah satu cara untuk tetap mendapatkan informasi terbaru dan terdepan dari pesaing Anda adalah dengan berlangganan RSS feeds dan Halaman Facebook dari web.  Sumber-sumber tersebut akan mengikuti perkembangan teknologi baru dan mengumumkan tren terbaru dan terbesar yang tersedia untuk membantu Anda dalam sasaran pemasaran Anda.

Ketika perusahaan bergerak ke puncak 2019, penting untuk diingat bahwa menerapkan salah satu tren ini adalah baik, tetapi menggabungkan semua itu secara kohesif di seluruh inisiatif digital marketing akan menghasilkan hasil yang lebih besar.


 

Demikian artikel 5 Tren Digital Marketing pada Tahun 2019 dari Matob Creative Studio – Jasa Pembuatan Website Jogja. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Bila anda merasa artikel ini penting silahkan di share di sosial media anda. Terimakasih..

 

 

Close Menu