wordpress 5.5

Apa Fitur yang Hadir di WordPress 5.5 Versi Terbaru

  • by

WordPress 5.5 beta telah keluar, dan dijadwalkan akan dirilis pada 11 Agustus 2020. Ini akan menjadi rilis WordPress.org utama kedua tahun ini, dan hadir dengan banyak fitur dan peningkatan baru.

Kami telah mengikuti pengembangan dengan cermat dan menguji beta pertama untuk mencoba fitur baru yang sedang dalam proses.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan apa yang akan datang di WordPress 5.5 dengan fitur dan screenshot tampilannya.

Catatan: Anda dapat mencoba versi beta di komputer atau di lingkungan pementasan dengan menggunakan plugin WordPress Beta Tester.

WordPress 5.5 masih dalam pengembangan, yang berarti fitur-fiturnya masih bisa berubah dan tidak bisa mencapai rilis final.

Karena itu, mari kita lihat apa yang akan hadir di WordPress 5.5.

Fitur dan Peningkatan Baru di Block Editor

Kembali pada akhir 2018, WordPress memperkenalkan pengalaman menulis baru dengan WordPress 5.0. Antarmuka penulisan baru ini disebut editor blok (alias Gutenberg).

Sejak itu, setiap rilis baru WordPress menghadirkan banyak pembaruan ke editor. WordPress 5.5 akan hadir dengan banyak peningkatan dan fitur baru yang akan meningkatkan pengalaman menulis Anda beberapa kali lipat.

Berikut ini adalah beberapa penyempurnaan yang mungkin ingin Anda coba.

UI Improvements di Block editor : sekilas mirip dengan elementor

WordPress 5.5 akan hadir dengan peningkatan UI utama pada editor blok. Anda akan melihat batas di sekitar bilah alat dan tombol, ikon baru, dan penyorotan fokus saat Anda bergerak melintasi blok saat menulis.

wordpress 5.5 block editor

wordpress 5.5 block editor terlihat seperti elementor

Tombol (+) untuk menambahkan blok baru juga telah berubah dan sekarang lebih terlihat dan lebih terlihat seperti tombol.

The New Block Directory

WordPress 5.5 akan menghidupkan direktori blok baru. Ini hanyalah plugin WordPress yang menambahkan blok baru ke editor blok, dan sudah ada lusinan blok baru yang tersedia.

Direktori blok juga built-in untuk pencarian ‘Tambahkan blok baru’. Anda cukup mencari fitur, dan jika tidak ada blok yang cocok dengan pencarian Anda, maka secara otomatis akan menampilkan hasil yang cocok dari direktori blok.

wordpress 5.5 block directory

wordpress 5.5 block directory

Direktori blok mencakup blok individu. Itu tidak termasuk plugin library blok yang dikirimkan dengan beberapa blok berguna yang dapat Anda instal.

Block Patterns coming in WordPress 5.5

WordPress 5.5 akan memperkenalkan pola blok. Mereka adalah blok yang siap digunakan dengan pengaturan yang umum digunakan untuk membantu Anda menambahkannya dengan cepat untuk membuat tata letak.

Block Patterns coming in WordPress 5.5

Block Patterns coming in WordPress 5.5

Saat ini ada beberapa pola yang sudah tersedia. Ini akan berkembang sebagai plugin, tema WordPress, dan intinya terus mendaftarkan lebih banyak pola.

Navigasi dan Gerakan Blok yang Efisien

WordPress 5.5 juga akan mempermudah pemindahan blok di dalam editor konten. Anda cukup mengklik pegangan blok dan menyeretnya ke atas dan ke bawah.

navigasi blok

navigasi blok

Peningkatan lainnya adalah kemampuan untuk memilih blok induk di blok bersarang seperti blok grup atau kolom.

Inline Image Editing

WordPress memungkinkan Anda melakukan beberapa pengeditan gambar dasar seperti crop, resize, rotate, dan scale. Namun, untuk melakukan itu Anda perlu membuka gambar di perpustakaan media.

WordPress 5.5 akan memungkinkan Anda untuk mengedit gambar secara inline tanpa meninggalkan editor blok. Anda akan dapat menskalakan, memotong, memutar, dan mengubah ukuran gambar di tempat.

inline image editing wordpress 5.5

inline image editing wordpress 5.5

Auto Updates for WordPress Plugins & Themes

WordPress hadir dengan sistem manajemen pembaruan yang kuat. Ini juga memungkinkan Anda mengaktifkan pembaruan otomatis untuk plugin dan tema WordPress dengan mengubah konfigurasi WordPress Anda atau dengan menggunakan plugin pihak ketiga.

WordPress 5.5 memungkinkan Anda mengaktifkan pembaruan otomatis untuk plugin dan tema melalui dasbor admin. Anda akan dapat membuka halaman plugin dan mengklik ‘Aktifkan pembaruan otomatis’ di samping plugin yang ingin Anda perbarui secara otomatis.

auto update plugin

auto update plugin

The New Default WordPress XML Sitemaps

Peta situs XML adalah file yang mencantumkan semua konten situs web Anda dalam format XML. Ini membantu mesin telusur seperti Google untuk menemukan dan mengindeks konten Anda dengan mudah.

Ini memainkan peran yang sangat penting dalam pengaturan SEO WordPress. Semua plugin SEO WordPress teratas hadir dengan fitur peta situs XML built-in.

WordPress 5.5 akan hadir dengan fitur peta situs built-in yang diaktifkan secara default. Ini akan membuat file indeks peta situs baru bernama wp-sitemap.xml yang akan berisi tautan ke semua file peta situs lain yang akan dibuatnya.

wordpress core sitemap

wordpress core sitemap

Fitur Peta Situs default akan mendukung semua jenis posting, taksonomi (kategori, tag dan taksonomi khusus), dan arsip penulis. Namun, ini tetap hanya akan menyediakan fungsionalitas dasar yang diperlukan dari protokol peta situs XML.

Jika Anda sudah menggunakan plugin SEO WordPress yang dilengkapi dengan Peta Situs XML-nya sendiri, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Dua plugin SEO terbesar All in One SEO Pack dan Yoast SEO telah memutuskan untuk terus menyediakan peta situs mereka sendiri karena mereka menawarkan fitur kustomisasi lanjutan untuk membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Fitur Default Lazy Load Images in WordPress

Gambar membutuhkan waktu lebih lama untuk diunduh daripada teks biasa dan ini meningkatkan waktu buka halaman. Mengoptimalkan gambar untuk web dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan dan kinerja situs WordPress Anda.

Salah satu teknik yang paling umum digunakan adalah memuat gambar secara lambat. Teknik ini hanya mengunduh gambar yang terlihat di layar browser pengguna. Gambar lain diunduh saat pengguna menggulir ke bawah situs web Anda.

WordPress 5.5 akan menjadikannya opsi default untuk semua situs dengan menambahkan atribut ‘loading’ ke tag img. Atribut ini didukung oleh semua browser web modern (kecuali Safari).

lazy load menjadi fitur bawaan wordpress 5.5

lazy load menjadi fitur bawaan wordpress 5.5

Ini adalah peningkatan kinerja yang penting tidak hanya untuk situs WordPress Anda tetapi untuk seluruh internet. WordPress adalah pembuat situs web paling populer, dan digunakan oleh lebih dari 35% dari semua situs web di internet.

Gambar yang lambat memuat akan menghemat banyak bandwidth dan meningkatkan kinerja server hosting WordPress. Ini juga akan membuat situs web lebih cepat yang selalu merupakan hal yang baik.

Update Themes and Plugins with a Zip File

Terkadang plugin WordPress atau pembaruan tema mungkin tidak berfungsi seperti yang diharapkan dalam hal ini Anda harus memperbarui tema atau plugin secara manual. Saat ini, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan klien FTP.

WordPress 5.5 memungkinkan Anda melakukannya di dalam dasbor WordPress. Anda dapat membuka halaman Plugins »Add New dan klik tombol Upload.

upload plugin zip

upload plugin zip

Sekarang lanjutkan dan unggah file zip yang Anda unduh untuk pembaruan plugin. WordPress secara otomatis akan mendeteksi bahwa plugin ini telah dipasang dan memberi Anda opsi untuk ‘Replace current with uploaded’.

install updated version

Demikian pula, Anda juga dapat menginstal pembaruan untuk tema WordPress. Cukup buka halaman Tampilan »Tema dan klik tombol ‘Tambahkan Baru’. Setelah itu klik tombol Unggah Tema untuk mengunggah file zip tema Anda.

Under The Hood Changes in WordPress 5.5

WordPress 5.5 juga akan membawa banyak perubahan bagi perusahaan jasa pembuatan website untuk dieksplorasi dan digunakan dalam tema, plugin, dan proyek mereka sendiri.

WordPress 5.5 akan dikirimkan dengan beberapa pustaka eksternal yang diperbarui seperti phpMailer, SimplePie, Twemoji, dan banyak lagi. Jika Anda menggunakan plugin SMTP WP Mail kami, maka itu sudah diperbarui dengan perpustakaan phpMailer baru.

Pengembang dapat mengontrol opsi pembaruan otomatis dengan menonaktifkan, mengaktifkan, atau memblokirnya secara selektif untuk plugin atau tema tertentu.

Dashicons akan diperbarui dan mencakup 65 ikon baru.

WordPress 5.5 akan hadir dengan kemampuan untuk memindai masalah kompatibilitas PHP secara lebih efektif.

Kami harap artikel ini membantu Anda mendapatkan ide bagus tentang apa yang akan hadir dalam rilis WordPress 5.5. Beri tahu kami fitur apa yang menurut Anda menarik dan apa yang ingin Anda lihat di rilis WordPress mendatang.