cek grammar

6+ Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Terbaik

Apakah Anda sedang mencari tentang aplikasi cek grammar bahasa Inggris terbaik? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi cek grammar bahasa Inggris terbaik. Langsung saja mari kita mulai.

Isi konten dari sebuah blog saat ini telah ditulis semenarik dan seinformatif mungkin. Mungkin saja saat ini Anda menerbitkannya dan mendapatkan pembaca oleh banyak orang. Saat Anda menulis dan melakukan pengecekan ulang, ternyata ada kesalahan ejaan dan struktur kalimat yang kurang tepat.

Hal ini tentu membuat Anda sedikit insecure dan bingung bukan terhadap tanggapan berbagai orang atas tulisan Anda? Apalagi jika pesan tersebut ditulis dalam bahasa Inggris. Nah, kesalahan itu bisa dihindari sejak awal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi cek grammar yang banyak beredar di internet.

Manfaat Tools Cek Grammar

Siapapun menginginkan konten yang dipublikasikan, baik di blog maupun media lain, minim akan kesalahan bukan? Jika Anda menemukan kesalahan tata bahasa, hal tersebut mungkin saja dapat merusak reputasi seseorang sebagai penulis yang baik dan professional. Konten artikel dengan banyak kesalahan tata bahasa cenderung akan dianggap tidak profesional. Akibatnya, akan membuat para pembaca akan pindah ke lain tempat untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Untuk memastikan bahwa konten tidak memiliki kesalahan tata bahasa maupun struktur kalimat, perlu dilakukan pengecekan ulang grammar-nya. Namun, ketika Anda melakukan proses manual mungkin saja hal ini tidak 100% akurat, sebab manusia tempatnya salah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memerlukan aplikasi cek grammar online.

Berikut beberapa manfaat yang umum diberikan oleh tools cek grammar bahasa Inggris:

  • Kesalahan typo (salah ketik). Ketika saya ingin mengetik coffee store, namun malah terketik cooffe stoer. Kesalahan seperti ini akan minim jika Anda menggunakan tools cek grammar.
  • Terlalu banyak kalimat pasif. Dalam sebuah kepenulisan artikel, penggunaan kalimat aktif lebih diutamakan karena dianggap mampu memperjelas ide dan pesan yang ingin disampaikan. Namun, ini tidak berarti bahwa kalimat pasif tidak efektif, Anda harus dapat memosisikan porsi kalimat pasif dalam tulisan Anda. Ketika Anda menggunakan tools cek grammar, Anda dapat mengetahui berapa banyak porsi yang ideal untuk tulisan Anda. Sehingga konten Anda pastinya akan semakin membaik daripada sebelumnya.
  • Kesalahan tanda baca. Penggunaan tanda baca yang tepat akan memberikan makna yang tersirat pada konten dapat tersampaikan. Misalnya, suatu kalimat tanya tidak boleh diakhiri dengan tanda baca, sebab akan membuat makna kalimat tadi berbeda. Anda dapat mengetahuai kalimat mana yang memerlukan tanda baca seperti koma, titik dan sebagainya menggunakan tools cek grammar.
  • Penggunaan kata-kata yang berlebihan dan keseringan. Tools cek grammar bahasa Inggris sering memeriksa kata-kata yang terlalu sering digunakan dalam konten Anda. Kemudian alat ini akan menyarankan daftar kata alternatif untuk membuat pesan Anda lebih beragam. Dengan demikian, konten Anda akan semakin menarik untuk dibaca dan tidak membosankan.

Rekomendasi Aplikasi Cek Grammar Terbaik

Dari banyak opsi yang tersedia, kami akan mencoba merekomendasikan beberapa aplikasi dan website cek grammar online terbaik. Selain mengoreksi kesalahan tata bahasa, beberapa tools dibawah ini juga bermanfaat bagi peningkatan skill Anda dalam kepenulisan Anda. Berikut rekomendasi tools cek grammar bahasa Inggris.

1. Hemingway

cek grammar

Nama aplikasi ini berasal dari salah satu penulis Amerika terbaik, yaitu Ernest Hemingway. Pria yang menulis berbagai karya sastra, termasuk The Old Man and The Sea, dikenal dengan gaya penulisannya yang ringkas dan efektif. Hemingway akan memastikan kalimat pada konten Anda tidak terlalu panjang dan mudah dipahami. Selanjutnya Anda perlu memposisikan sesedikit mungkin kata keterangan dan frasa pasif, agar pesan yang hendak Anda sampaikan dapat dicerna oleh pembaca.

Hemingway akan memberikan alternatif yang lebih sederhana untuk kata-kata yang digunakan saat ini. Bahkan jika Anda sedang menulis kalimat yang kompleks, Hemingway akan menyarankan Anda untuk memecah kalimat tersebut menjadi dua kalimat atau lebih. Hemingway Editor lebih dari sekadar pemeriksa grammar Inggris. Aplikasi ini membantu Anda mengomunikasikan ide dalam struktur kalimat yang ringkas dan mudah dipahami.

Tools cek grammar ini dapat Anda gunakan secara gratis di browser gratis, selain itu tools ini juga menawarkan berbagai penyesuaian teks, seperti heading, ukuran teks, dan numbering. Untuk versi yang lebih lengkap tentang Hemingway dalam versi desktop, Anda dapat membelinya seharga $19,99 Anda sudah dapat menikmati berbagai manfaat Hemingway dengan sekali pembayaran tersebut saja.

2. Grammarly

cek grammar

Selanjutnya kami merekomendasikan Grammarly sebagai tools cek grammar online terbaik setelah Hemingway. Tools ini telah banyak digunakan oleh user di internet, selain itu tingkat kompatibilitas Grammarly sangatlah baik ketika hendak dipasang di browser populer dan Microsoft Office. Bahkan tools grammar ini menyediakan grammar keyboard untuk dipasang di smartphone.

Hal yang menjadi tools ini popular adalah biaya yang gratis dan mudah diatur. Setelah ekstensi dipasang di browser, indikator akan muncul di sudut kanan bawah editor teks. Anda akan tahu berapa banyak kesalahan tata bahasa yang Anda buat. Setiap kata yang salah kepenulisan akan ditandai dengan garis merah oleh Grammarly.

Tools favorit tentang Grammarly adalah kemampuannya untuk mengenali istilah teknis, termasuk akronim dan singkatan. Untuk Grammarly, istilah-istilah ini tidak akan dianggap sebagai kesalahan tata bahasa. Selain iut terdapat alat yang akan memberikan saran tentang faktor bentuk, apakah konten pendek dan padat, dan susunan kata.

Untuk menggunakan fitur penuh editor teks Grammarly, Anda harus berlangganan Grammarly Premium. Biayanya $29,95/bulan untuk paket bulanan, $19,98/bulan untuk paket tiga bulan, dan $11,66/bulan untuk paket tahunan.

3. Ginger

cek grammar

Ginger hadir dalam tiga versi, yaitu versi gratis, versi desktop, dan versi premium untuk keyboard. Versi gratisnya dapat diakses di situs resmi Ginger. Namun, tools grammar Giner hanya dapat mengoreksi satu kalimat dalam satu waktu.

Jika menurut Anda versi gratisnya sangat terbatas, opsi lain adalah berlangganan paket Desktop. Anda kemudian akan menerima aplikasi PC khusus yang akan mengoreksi dan menyusun ulang tulisan Anda. Aplikasi ini juga memiliki kamus dan sinonim bawaan sehingga semua tulisan Anda dijamin bebas dari kesalahan.

Dari semua fitur yang tersedia, satu fitur Ginger yang menarik perhatian kami adalah Personal Trainer. Fitur ini akan memberikan saran berdasarkan kesalahan umum. Lebih baik lagi, Ginger menawarkan banyak pilihan bahasa. Ini akan sangat membantu pengguna yang baru mengenal cara kerja Ginger. Biaya berlangganan adalah $29,96/bulan, $89,88/tahun, atau $159,84 untuk paket dua tahun.

4. Whitesmoke

cek grammar

Sebagai pemeriksa tata bahasa Inggris online, WhiteSmoke dapat menjadi tools yang untuk mengoreksi kesalahan dalam tata bahasa, pengucapan, gaya, dan tanda baca. Alat ini memiliki tiga versi yaitu versi mobile, versi PC dan versi web.

Selain koreksi tata bahasa, Anda juga dapat menonton video tutorial dan membaca instruksi. Dengan hadirnya sumber belajar ini, Anda dapat memperkaya pengetahuan Anda tentang menulis, mengeja, dan tata bahasa. WhiteSmoke juga memiliki pemeriksa plagiarisme (pemeriksa plagiarisme) bawaan dan dukungan untuk pemeriksaan tata bahasa di Gmail.

Untuk pengguna Windows, WhiteSmoke dapat langsung digunakan. Namun, untuk pengguna MacOS, mereka harus berlangganan paket Premium atau Bisnis. Semua fitur penting versi PC juga dapat diakses di versi seluler, seperti penerjemah sekali klik dan proofreading di dalam toko (one-click proofreading) yang berbiaya $1.

Jika Anda ingin berlangganan WhiteSmoke, Anda dapat membeli paketnya terlebih dahulu seharga 5 USD/bulan. Kemudian tingkatkan ke paket seharga $11,50/bulan yang mencakup garansi tambahan dan dukungan pelanggan.

5. Nounplus

cek grammar

Ketika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, Anda cukup melakukan langkah sederhana. Ketika atau paste-kan teks yang hendak Anda cek grammarnya. Kemudian, klik Periksa untuk melihat semua kesalahan tata bahasa yang perlu diperbaiki. Meskipun tidak bekerja secara real time, masih dapat digunakan untuk memeriksa aspek lain dari teks.

NounPlus menandai subjek, objek, kata sifat, predikat, dan elemen lain dengan warna berbeda. Alat ini juga menyediakan contoh pengucapan kata sehingga Anda tahu cara membaca kata tersebut. Selain bahasa Inggris, NounPlus juga tersedia dalam beberapa pilihan bahasa, seperti Korea dan Mandarin (Mandarin). Jika Anda mencari pemeriksa tata bahasa online gratis, maka NounPlus adalah jawabannya. Tampilannya juga minimalis dan rapi.

6. ProWritingAid

cek grammar

Seperti aplikasi pemeriksaan tata bahasa lainnya, Pro Writing Aid juga dapat diunduh untuk perangkat macOS dan Windows atau diinstal sebagai ekstensi browser. ProWritingAid memeriksa gaya penulisan, kata-kata yang sering digunakan, klise, transisi, pengalihan, ringkasan, dan banyak lagi. Edisi Premium tools grammar ini tersedia dengan langganan $70/tahun, $100/2 tahun, $140/3 tahun, atau $240/seumur hidup.

7. After the Deadline

cek grammar

Pemeriksa tata bahasa Inggris lainnya adalah after the deadline. Perangkat lunak open source ini dapat diinstal pada sejumlah platform, termasuk WordPress. Saat Anda mengedit konten dengan WordPress, itu memeriksa tata bahasa dan membuat pengeditan lebih mudah.

Sama seperti alat pengecekan grammar bahasa Inggris online pada umumnya, After the Deadline juga berfungsi untuk memperbaiki kesalahan ejaan yang umum terjadi. Namun, yang membedakan aplikasi ini dari yang lain adalah tidak harus dibayar oleh pengguna.

Selain WordPress, pemeriksa tata bahasa online gratis ini juga dapat diaktifkan di Google Chrome, Firefox, dan OpenOffice.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang aplikasi cek grammar, semoga informasi yang kami sampaikan tentang aplikasi cek grammar, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.