Apakah Anda sedang mencari informasi tentang apa itu company profile? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang apa itu company profile dan bagaimana cara membuat hal tersebut. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya, check it out guys.
Mengenal Company Profile
Salah satu cara untuk menciptakan citra merek yang baik bagi suatu perusahaan adalah dengan membuat profil perusahaan yang baik. Profil perusahaan adalah dokumen tertulis yang berisi gambaran umum tentang suatu perusahaan.
Profil perusahaan biasanya mencantumkan produk yang diproduksi perusahaan, alamatnya, visinya, dan misinya. Dokumen ini juga digunakan sebagai alat branding untuk menarik calon pelanggan atau mitra bisnis ke bisnis.
Media tampilan company profile juga bisa bermacam-macam, mulai dari brosur, buku, website, hingga aplikasi smartphone. Profil perusahaan ini biasanya dibuat oleh seorang marketing atau tenaga penjual untuk keperluan branding perusahaan.
Unsur Company Profile
Sebelum melihat contoh company profile yang tepat, kita perlu mengetahui beberapa elemen penting yang terdapat dalam company profile. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membuat profil bisnis:
- Desain yang menarik
- Warnanya sesuai dengan logo perusahaan atau pedoman merek
- Setiap item disimpan dengan rapi
- Mudah dibaca dan ringkas
- Cetak dalam resolusi tinggi
- Memiliki gambar atau ilustrasi yang menarik
Template Company Profile
Template atau desain profil bisnis yang menarik akan membuat pembaca lebih tertarik untuk menggunakan produk, layanan, atau berkolaborasi dengan bisnis Anda. Ada banyak template resume bisnis yang bisa Anda gunakan secara gratis.
Gunakan template di Microsoft Word atau Canva untuk menggunakan template yang dapat Anda edit langsung sebagai buku. Jika Anda ingin lebih kreatif, Anda dapat melakukannya dengan Photoshop, Corel Draw, atau Adobe Illustrator.
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan berbagai templat yang dapat Anda temukan di situs web Zakra, Clarina, Talon, Himalaya, Business Hub, Airi, atau Interior Lite untuk profil perusahaan Anda sebagai situs web.
Struktur dan Cara Membuat Company Profile
Seperti makalah penelitian, profil perusahaan juga harus disusun dalam struktur yang rapi. Hal ini dimaksudkan agar calon pelanggan atau mitra bisnis mengetahui bahwa perusahaan kita adalah perusahaan yang terpercaya. Berikut adalah struktur dan cara untuk membuat company profile yang akurat.
1. Cover Depan
Kita perlu memulai profil perusahaan kita dengan halaman sampul yang menarik. Sampul dapat berupa foto atau ilustrasi yang menggambarkan kegiatan perusahaan.
2. Daftar Isi
Dengan begitu banyak halaman di profil bisnis Anda, sebaiknya sertakan daftar isi sehingga panel informasi bersama dapat dilihat dengan mudah tanpa harus membuka setiap halaman satu per satu.
3. Sejarah Perusahaan
Biarkan pelanggan atau mitra bisnis tahu lebih banyak tentang perusahaan kami, perkenalkan tentang sejarah pembentukan dan perkembangan perusahaan. Dengan cara ini, pelanggan atau mitra bisnis dapat melihat prospek bisnis di masa depan.
Mereka juga bisa menebak cara kerjanya sesuai keinginan mereka. Secara tidak langsung, pembaca akan merasakan bahwa perjalanan bisnis Anda masih kuat hingga saat ini. Ingat, pilihlah kalimat yang nyaman untuk mereka baca.
4. Visi dan Misi
Semua bisnis harus memiliki visi dan misi sehingga mereka dapat fokus bekerja untuk mencapai tujuan awal mereka. Secara tidak langsung, pembaca akan merasakan bahwa perjalanan bisnis Anda masih kuat hingga saat ini. Ingat, pilihlah kalimat yang nyaman untuk mereka baca.
5. Presentasi Produk dan Jasa Perusahaan
Nah, bagian ini merupakan bagian terpenting dari company profile. Di sini Anda dapat membuat daftar produk yang Anda tawarkan dan kelebihannya dibandingkan yang lain. Selain itu, kami juga dapat menyertakan testimonial dari pelanggan yang menyukai produk perusahaan kami.
6. Portofolio dan Kelebihan Perusahaan
Disarankan untuk mencantumkan prestasi perusahaan, portofolio dan sertifikat di profil perusahaan agar mitra bisnis peduli dan percaya pada perusahaan Anda. Tulis bukti keberhasilan bisnis dalam bentuk dokumen, sertifikat yang dicapai dan portofolio pekerjaan yang dilakukan untuk klien.
Selanjutnya, dalam hal manfaat, Anda dapat membuat daftar manfaat perusahaan Anda untuk menarik pembaca yang tertarik membeli produk Anda, menggunakan layanan Anda, atau berbisnis dengan perusahaan Anda.
7. Penutup
Terakhir, kami dapat menyertakan ajakan bertindak yang relevan dengan pihak yang membaca profil perusahaan. Jika company profile ditujukan untuk mitra bisnis, call to action tentu saja merupakan ajakan untuk bekerja sama atau berinvestasi. Sedangkan jika company profile adalah untuk pelanggan, call to action adalah ajakan untuk membeli produk kita.
8. Back Cover
Setelah ditutup, jangan lupa untuk menutup company profile Anda dengan cover yang tidak kalah menarik dengan covernya. Di sampul belakang, kami biasanya menyertakan alamat perusahaan, alamat email, akun media sosial, dan nomor telepon.
Dalam artikel ini, kami membantu Anda memahami apa itu company profile. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa itu company profile, semoga informasi yang kami sampaikan tentang apa itu company profile, bermanfaat bagi Anda.
Have A Nice Day 😊