Copywriting dan SEO

  • by
matob jasa pembuatan website jogja

Copywriting dan SEO adalah dua hal yang berjalan seiring. Banyak orang memperlakukan mereka sebagai dua entitas yang terpisah. Hanya segelintir pemasar cerdas yang memahami potensi sebenarnya dari mengintegrasikan kedua komponen ini bersama-sama.

Jadi, apa sebenarnya SEO dan Copywriting itu? Mengapa mereka begitu penting? Dan bagaimana Anda bisa menggunakannya secara efisien untuk meningkatkan visibilitas online situs web Anda? Tim Jasa SEO Jogja kami akan menjelaskan:

Apa itu SEO?

SEO, dalam istilah sederhana, adalah proses mengoptimalkan bidang utama situs web Anda untuk memastikan berkinerja baik pada hasil mesin pencari. Jadi, jika Anda ingin mesin pencari memberi peringkat situs web Anda lebih tinggi dari pesaing Anda, SEO adalah komponen kunci untuk mencapainya.

SEO melibatkan banyak komponen internal yang rumit seperti riset kata kunci, pembuatan tautan, dan pembuatan konten berkualitas.

Photo by Anna Auza on Unsplash

Apa itu Copywriting?

Copywriting mengacu pada proses menciptakan konten promosi yang berkualitas untuk menyebarkan kesadaran tentang produk Anda dan mendorong konsumen untuk mengambil tindakan. Copywriting tidak diragukan lagi salah satu alat paling efektif untuk membuat konsumen terlibat dan meningkatkan penjualan produk Anda juga.

Singkatnya, copywriting sama dengan mempekerjakan seorang salesman untuk mempromosikan produk Anda. Hanya alih-alih mendekati satu klien sekali waktu, ini membahas khalayak ramai secara bersamaan. Ini menghasilkan hasil yang jauh lebih efisien dan lebih cepat juga.

Elemen Kunci SEO Copywriting

Kecepatan Situs Web

google pagespeed test

Kecepatan pemuatan situs web Anda sangat berarti dalam hal meningkatkan reputasi daring. Situs Anda mungkin juga muncul di atas hasil pencarian Google. Tapi, jika itu ceroboh dan lesu, konsumen akhirnya akan mencoba opsi lain.

Google telah mengungkapkan bahwa sekitar 53% pengguna ponsel keluar dari halaman yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat konten. Jadi, jika situs web Anda memiliki waktu buka lebih dari 2 atau 3 detik, pertimbangkan untuk mengoptimalkan konten untuk meningkatkan kecepatan memuat.

Riset kata kunci

Riset kata kunci adalah aspek yang paling mendasar dan juga paling penting dari copywriting SEO. Ada cukup banyak orang yang akan memberitahu Anda untuk fokus hanya pada kualitas konten, daripada mencoba memasukkan kata kunci. Namun, dalam ekosistem digital yang luas, kata kunci adalah komponen utama yang membuat situs web Anda terapung.

Analisis kata kunci apa yang dibutuhkan audiens target Anda dan terapkan itu untuk membuat copywriting yang unik. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan hasil maksimal.

Kualitas konten

Kualitas konten itu sendiri adalah faktor penting lainnya. Seperti yang dinyatakan di atas, tujuan utama SEO copywriting adalah untuk memberikan informasi dan mempromosikan produk Anda. Anda tidak dapat langsung beralih dan mempromosikan produk Anda dengan memasukkan selusin kata kunci yang berbeda.

Pada akhirnya, baik konsumen maupun algoritma mesin pencari lebih memilih kualitas daripada kuantitas. Jadi, fokuslah untuk membuat konten yang unik dan informatif dan letakkan kata kunci strategis untuk memastikan efisiensi yang optimal.

Deskripsi meta

SEO copywriting tidak hanya berlaku untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari. Cara Anda menyajikan konten dalam deskripsi singkat memainkan peran yang sama pentingnya. Bagaimanapun, deskripsi Meta adalah hal pertama yang menarik pembaca ke halaman web Anda.

Deskripsi Meta yang unik atau bahkan unik mendorong lebih banyak klik sebagai lawan dari mitra yang sangat sederhana dan tidak antusias. Pada dasarnya, Anda ingin meyakinkan pelanggan Anda bahwa jenis informasi yang mereka butuhkan disajikan kepada mereka.

Tautan balik

Singkatnya, backlink adalah ukuran keandalan dan otoritas situs web Anda juga. Jika konten web Anda direkomendasikan atau di-backlink melalui situs web lain, itu menunjukkan konten halaman web Anda berkualitas tinggi dan dapat dipercaya juga.

Demikian pula, cobalah untuk menautkan kembali situs web andal lainnya saat Anda membuat konten SEO copywriting. Ini akan membantu Anda menjalin hubungan baik dengan situs web sejenis lainnya, dan juga meningkatkan frekuensi backlink situs web Anda.

Kesimpulan

SEO copywriting memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas situs web Anda dengan sangat besar. Namun, itu adalah salah satu hal yang tidak mudah. Anda perlu melakukan penelitian yang luas dan melaksanakan semua komponen dengan baik untuk memastikan hasil terbaik.

Bahkan jika Anda tidak melihat hasil instan, kampanye SEO yang komprehensif dan profesional pasti akan menguntungkan situs web Anda.

Demikian artikel dari Matob Creative Studio Jasa Pembuatan Website Jogja sejak 2017. Semoga bermanfaat.

 

Best regrads,

Matob Creative Studio

Jasa Pembuatan Website & SEO Jogja

KLIK DIBAWAH INI

atau

WA/SMS/TELP : 0821-3442-3869
Email : matobcreative@gmail.com

Main office : Jl. Jatipratama 245. Sinduadi, Mlati, Sleman – Yogyakarta.