Panduan Cara Menulis Copywriting Website Yang Baik dan Berkualitas

Panduan Cara Menulis Copywriting Website Yang Baik dan Berkualitas

Copywriting website sekarang menjadi hal yang harus dilakukan untuk setiap bisnis khususnya bisnis online yang menggunakan website. Tapi apa yang harus anda lakukan ketika anda akan membuat konten website yang berkualitas? Sepertinya anda butuh panduan cara menulis copywriting yang berkualitas. Tenang saja pada kesempatan kali ini Matob Creative StudioJasa Pembuatan Website Jogja akan berbagi bagaimana cara menulis copywriting website. Maka dari itu mari kita simak pembahasan berikut ini.

Kunci sebenarnya adalah fokus pada konten yang sederhana, ringkas, dan dapat mudah dipahami sehingga ketika seseorang mengunjungi website anda, mudah bagi mereka untuk mengetahui bahwa mereka berada di website yang tepat.

Berikut ini adalah daftar tips panduan cara menulis copywriting untuk membantu anda mengalirkan ide kreatif dan menulis konten yang dapat dibaca dan mudah dipahami

Batasi penggunaan kata “kami” dan gunakan lebih banyak kata “Anda”

Anda akan menemukan bahwa anda sering sekali menggunakan terlalu banyak kata “kami” dibandingkan dengan kata “Anda” dalam copywriting.

Hal ini jelas merupakan kesalahan nomor satu yang cenderung sering dilakukan. Saat menulis copywriting tentang bisnis Anda sendiri, Anda menjadi sangat bersemangat ingin membagikan apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya dengan sebaik-baiknya.

Akan tetapi kebanyakan orang, terutama pelanggan dan klien Anda, senang mendengar tentang diri mereka sendiri dan ingin diajak bicara secara langsung. Dalam hal ini maja perlu melibatkan mereka dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut.

Alih-alih menggunakan kalimat “Kami adalah tim ahli dan kami akan memberi Anda website terbaik yang dapat dibeli dengan uang Anda”, coba ganti dengan kalimat, “Anda akan memiliki website terbaik yang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau dan dibuat untuk Anda oleh tim ahli.”

Jangan terlalu super teknis dan terlalu profesional

Jika Anda terus-menerus berpikir bahwa Anda harus menulis esai yang terlalu akademis tentang produk atau layanan Anda, copywriting website akan menjadi terlalu berlebihan.

tips copywriting dari apple- Jangan terlalu super teknis dan terlalu profesional
tips copywriting dari apple – Jangan terlalu super teknis, ganti spesifikasi teknis dengan kalimat awam sederhana.

Jangan menghilangkan separuh audiens anda dengan menulis konten yang terlalu sulit untuk dipahami. Mereka lebih suka mencari informasi yang mudah dicerna sehingga dapat mengambil keputusan secepat dan semudah mungkin.

Buatlah konten yang lebih sederhana dan mudah untuk dipahami oleh banyak orang sehingga mereka lebih lama untuk mebaca konten artikel di website anda.

Periksa Struktur Kalimat

Jika anda bukan seorang copywriter yang profesional, Anda akan cenderung menulis bagaimana Anda berbicara. Hal ini menghasilkan terlalu banyak kalimat. Jika kalimat yang anda buat terlalu panjang, tidak akan masuk akal ketika dibaca oleh pengunjung website anda.

Maka dari itu sangat penting untuk memeriksa struktur kalimat yang anda buat, sesuaikan dengan EYD dan buatlah kalimat sebagus mungkin agar pengunjung atau audiens website anda menjadi lebih paham apa yang sedang anda sampaikan.

Ajak Audiens Mengalir Dengan Konten

Sangat penting untuk memasukan elemen emosi ke dalam konten yang anda buat, dengan tujuan agar pembaca dapat mengikuti alur konten yang anda buat dan apa yang sedang anda sampaikan didalam konten tersebut.

Jika didalam konten anda mengatakan “Kami memiliki website terbaik di pasaran.” hal ini sangatlah tidak cukup untuk melibatkan audiens. Anda perlu menggambarkan atau mendeskripsikan seperti apa produk atau layanan Anda akan terlihat dalam kehidupan mereka dan menjadi solusi yang tepat untuk audiens anda.

Tips: Gunakan kalimat pembuka “bayangkan/bayangkan ini…”.

Misalnya, “Coba bayangkan setiap pagi anda bangun dan memeriksa email, dan banyak sekali kotak masuk berbagai pertanyaan tentang produk atau mungkin penawaran terkait dengan produk layanan anda. Anda tidak perlu melakukannya sendirian, ada website yang akan bekerja untuk anda.

Ajak Audiens Mengalir Dengan Konten

Pastikan tidak menggunakan kalimat berulang

Saat sedang melakukan copywriting, Anda bisa melupakan apa yang baru saja ditulis dan selalu menggunakan kata deskripsi pertama yang muncul di benak Anda.

Jika anda hanya menggunakan kalimat itu itu saja atau terlalu banyak kalimat yang berulang maka konten anda jauh dari kata sempurna. Perlunya penggunaan tesarurus untuk mencari sinonim yang sesuai agar konten anda menjadi lebih bervariasi dan lebih unik lagi.

Tips: https://www.thesaurus.com/ adalah solusi terbaik dan buka setiap saat saat ketika anda menulis konten website.

Gunakan gaya bahasa yang konsisten

Bisnis Anda harus memiliki kepribadian dan nada suara yang spesifik dan unik.

Konten yang anda buat harus memiliki karakter tersendiri dan keunikan sendiri mulai dari bahasa penyampaian dan juga gaya kepenulisan yang bagus.

Jika konten konten yang anda buat sudah memiliki gaya yang khas maka konten memiliki keunikan tersendiri dan sudah pasti akan bebas dari plagiasi.

Tips: Berikan karakteristik bisnis dan sifat kepribadian Anda seolah-olah itu adalah karakter dalam film.

Apple-Copywriting-One-Big-Idea2

Diskusikan dengan para ahli

Saat menulis copywriting website untuk bisnis Anda, Anda tidak perlu tahu semuanya! Apakah Anda CEO, koordinator pemasaran, atau copywriter freelance, Anda tidak diharapkan untuk mengetahui semuanya. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan seseorang dalam bisnis Anda.

Jika anda buntu, tempat yang tepat adalah memulai berbicara dengan bagian CS anda yang setiap harinya menjawab telepon dan pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan anda.

Tanyakan kepada mereka pertanyaan apa yang biasanya mereka dengar dari klien Anda saat ini, pelanggan, dan yang lebih penting, calon klien dan pelanggan.

Jika bisnis Anda sangat beragam, carilah orang yang ahli di bidang tertentu yang perlu Anda tulis dan wawancarai mereka untuk konten yang dibutuhkan.

Checklist untuk copywriting yang baik

Berikut Ini adalah hal-hal yang jelas untuk dipikirkan dan dipertimbangkan:

  • Pastikan bahwa anda harus mengoreksi konten, alangkah baiknya anda mengeceknya di malam hari sehingga pikiran lebih fresh untuk memeriksanya.
  • Hal besar lainnya adalah perhatikan penggunaan tanda seru.
  • Pertanyaan juga merupakan cara yang sempurna untuk menangani dan melibatkan klien Anda, tetapi jangan saling membelakangi. Letakkan setidaknya satu kalimat di antaranya.
  • Blok penulis tidak ada. Mulailah menulis apa pun yang muncul di benak Anda yang sesuai dengan topik yang ingin dibuat. Terus menulis sampai Anda mendapatkan konten yang bagus dan kemudian Anda dapat kembali dan merapikan beberapa kalimat yang sudah anda buat.

 

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.