Kekurangan VPS Tanpa Sistem Cloud

Kekurangan VPS Tanpa Sistem Cloud

Selama beberapa tahun terakhir popularitas Virtual Private Servers (VPS) telah meningkat secara signifikan. Namun, adanya teknologi modern saat ini ternyata juga memberikan solusi yang lebih baik seperti Cloud VPS. Lalu, apa itu VPS dan kekurangannya jika tidak ada sistem cloud yang menyertai? Simak penjelasan Kekurangan VPS Tanpa Sistem Cloud selengkapnya, yuk.

Pengertian VPS dan Cloud VPS

Apa itu VPS?

VPS adalah sebuah teknologi virtualisasi untuk membagi satu server menjadi beberapa server virtual.

Server virtual ini memang telah disediakan secara pribadi dan khusus untuk kebutuhan website milikmu. Jadi, tidak perlu lagi untuk berbagi RAM, CPU, atau data apa pun dengan pengguna lainnya.

Hosting VPS ini sangat cocok digunakan oleh pemilik situs web yang memiliki banyak traffic setiap harinya karena lebih aman dan stabil.

Keuntungan lainnya, kamu bisa mendapatkan beberapa fasilitas di atas, tanpa harus menyewa server khusus. Sehingga biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih terjangkau.

Apa itu Cloud?

Cloud adalah jaringan server jarak jauh yang dapat diakses melalui internet untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data di server lokal atau komputer pribadi.

Dengan penggunaan Cloud tentu kamu akan lebih mudah mengakses mesin komputer kapan saja dan dari mana saja selama terhubung ke internet.

Jadi, apa itu Cloud VPS?

Pada dasarnya, Cloud VPS adalah pengembangan teknologi dari layanan hosting VPS biasa dengan menerapkan teknologi Cloud modern.

Penggunaan Cloud VPS pada sebuah situs website ini akan membuat performa yang lebih optimal, cepat, aman, dan stabil.

Performa yang lebih optimal tersebut didukung dengan adanya teknologi Cloud modern yang meliputi High Availability, Distributed Storage, dan Scalable.

Selain itu, Cloud VPS juga beroperasi di Cluster Server yang sangat berbeda dengan VPS biasa berada di Single Server.

Tentu beberapa teknologi tersebut membantu website untuk meningkatkan performa, skalabilitas, dan uptime yang lebih optimal jika dibandingkan VPS biasa.

Cloud VPS ini menawarkan sumber daya yang dapat diskalakan dan ter virtualisasi. Selain itu, kamu juga tak perlu membayar secara keseluruhan, tetapi yang hanya digunakan saja. Kamu bisa temukan VPS murah sistem Cloud server hanya di DomaiNesia.

cloud vps
harga cloud vps dari Domainesia (januari 2021)

Apa saja kekurangan VPS tanpa sistem Cloud?

1. Tidak memiliki skalabilitas yang optimal

Dengan Cloud VPS kamu dapat mengubah atau menyesuaikan pengaturan untuk membuat situs web lebih menarik bagi pengunjung. Namun, tanpa adanya sistem Cloud hal ini tidak dapat dilakukan.

Selain itu, kamu juga tidak dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak penyimpanan ke VPS, memperbesar RAM atau menskalakan kinerja CPU. Ada juga kemungkinan terjadinya waktu henti atau server down.

2. Lebih sulit mendapatkan aksesibilitas

Memiliki VPS Cloud hosting memberikan keuntungan penting dari aksesibilitas. Namun, tanpa adanya sistem Cloud kamu akan lebih sulit atau bahkan tidak dapat memiliki akses ke data dan layanan kapan saja.

3. Performa speed kurang bisa optimal

Kekurangan lain dari VPS tanpa sistem Cloud adalah performa speed yang kurang bisa optimal. Situs tidak mampu berjalan dengan cepat karena sedikit sumber daya yang dimiliki. Selain itu, kamu juga tidak bisa melakukan pengaturan dengan mudah.

4. Tidak memiliki self healing hardware

Perlu kamu ketahui bahwa Cloud VPS memiliki teknologi untuk self healing. Jika terjadi masalah mereka akan bisa mengatasinya secara otomatis, sehingga kamu tidak akan kehilangan waktu dan pendapatan. Jadi, Cloud VPS akan otomatis dipindahkan ke node lain jika salah satunya gagal.

Namun tanpa adanya sistem Cloud, hal ini tidak mungkin terjadi. Dengan kata lain, kamu akan membutuhkan waktu perbaikan jika mengalami gangguan pada server.

5. Tidak dapat menyimpan data lebih banyak

VPS memang dapat menyimpan semua file dengan aman di beberapa perangkat keras. Namun, tanpa Cloud kamu jadi tidak bisa menambahkan lebih banyak penyimpanan ke VPS.

6. Tidak memiliki kendali secara penuh

Cloud VPS memiliki akses root yang membuat kamu dapat menginstal sistem operasi dan panel kontrol secara mandiri. Namun tanpa sistem Cloud, kamu jadi tidak dapat instal program dan aplikasi sebanyak yang diinginkan.

Itulah pengertian VPS hingga perkembangannya menjadi teknologi lebih canggih seperti Cloud VPS. Di mana situs website milikmu akan memiliki performa lebih baik, stabil dan aman karena Cloud VPS didukung oleh teknologi modern seperti High Availability, Distributed Storage, dan Scalable.

 

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.