Push notifikasi social media

Berbagai Macam Push Notifikasi serta Fungsinya

Push notifikasi merupakan pemberitahuan yang dikirim ke layar device Anda, seperti laptop, smartphone, atau tab dari aplikasi atau website yang telah Anda kunjungi.

Biasanya push notifikasi akan dikirim jika Anda mengizinkan sebuah aplikasi atau web tersebut untuk mengirim notifikasi kepada Anda.

Misalnya saja Anda baru mengunjungi sebuah web portal berita, Anda tidak ingin ketinggalan informasi terbaru, maka Anda bisa mengaktifkan push notifikasi dari portal berita favorit Anda tersebut.

Jika pada aplikasi, Anda bisa juga memperoleh informasi. Seperti misalnya saja saat Anda download Whatsapp, maka Anda bisa mengatur apakah Anda ingin notifikasi pesan balasan akan muncul atau tidak.

Keuntungan Memakai Push Notifikasi

Keutungan memakai push notif, bisa bermanfaat bagi audiens maupun bagi pemilik aplikasi.

fungsi push notifikasi untuk user dan pemasar
Photo by Firmbee Com on Unsplash

Untuk User

Jika kita sebagai audiens sebuah web tertentu, lalu mengaktifkan push notification, maka kita akan memperoleh experience (UX) yang berarti.

Kita tidak akan ketinggalan informasi yang kita butuhkan. Misalnya saja saat ada jadwal meeting terbaru, reminder, balasan pesan, dan sebagainya

Jika pada portal berita, maka notifikasi yang dikirimkan akan seputar update berita, sehingga penguna tidak akan ketinggalan berita baru.

Untuk Developer/Pemasar

Sedangkan jika bagi pemilik aplikasi, push notif bisa berfungsi utuk meningkatkan trafik lalu lintas, artinya web atau aplikasi semakin tinggi kredibilitasnya karena sudah banyak dipercaya audiens.

Strategi ini tentu sangat bermanfaat bagi pemasaran digital, bahkan bisa diaktifkan melalui strategi email marketing.

Pemasar dengan calon pelanggan bisa berkoneksi secara langsung. Pemasar dapat mengirimkan seputar info mengenai perusahaan untuk calon pelanggan

Misalnya saja info promosi, event, launching product, dan sebagainya. Jika calon pelanggan tertarik, maka akan meningkatkan trafik sales perusahaan.

Macam-macam Push Notifikasi

Push notif merupakan tool yang bisa digunakan di berbagai platform digital, baik itu aplikasi, web, email, sms, dan sebagainya. Berikut ini macam-macam push notifikasi.

Push notifikasi social media
Photo by Jamie Street on Unsplash

1. Notifikasi Media Sosial

Mungkin banyak orang sudah tahu, hampir semua Media Sosial menyediakan fitur ini bagi penggunanya. Tujuannya agar pengguna tidak terlambat dalam mengakses pesan balasan.

Misalnya saja Instagram, kita dapat mengaktifkan notifikasi terbaru jika ada seseorang yang baru saja follow kita.

push notifikasi email
Photo by Stephen Phillips on Unsplash

2. Notifikasi Email

Notifikasi email biasanya akan dikirim jika kita klik “berlangganan” pada satu platform tertentu. Email ini bisa beragam tujuannya.

Notifikasi email akan dikirimkan jika Anda mengisi sign up, mengisi data email Anda terlebih dahulu.

Jika Anda mengizinkan platform toko online untuk mengirimkan pesan notifikasi kepada Anda, maka mungkin isinya akan seputar promosi produk.

Berbeda halnya jika Anda berlangganan channel YouTube, maka Anda akan dikirimkan pemberitahuan terbaru jika YouTuber favorit Anda upload konten terbaru.

3. Web Notifikasi

Web notifikasi bisa dari berbagai industri, mungkin yang paling familiar adalah portal berita. Jika Anda mengizinkan portal berita untuk mengirim notifikasi untuk Anda, maka Anda akan dikirimkan update berita terbaru.

4. Reminder Notifikasi

Reminder notifikasi akan muncul saat device kita dihubungkan pada aplikasi sejenis calendar, planner, atau alarm.

Tujuannya untuk memberi tahu kita saat sudah dekat dengan deadline. Reminder notifikasi juga dapat dihubungkan dengan email.

Pengaturannya bisa berupa jam, tanggal, hari, dan sebagainya. Reminder notifikasi sangat cocok dipakai untuk orang-orang yang ingin pola hidup lebih teroganisir.

Apalagi jika Anda pekerja giat yang memilki banyak kerjaan. Palikasi organizer sangat cocok untuk dipasang di device Anda.

5. Transaksional

Notifikasi transaksional adalah pesan yang dikirim berdasarkan interaksi pengguna dengan aplikasi. Informasi yang dibawa adalah yang diperlukan oleh pengguna dan bersifat mendesak.

Mislanya saja seperti pembaruan status, konfirmasi pesanan, verifikasi, status pembayaran, dan pembaruan pengiriman.

Notifikasi ini akan membuat pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti misalnya harus membayar pembelian sebelum batas waktu pembayaran yang sudah ditentukan.

marketing push notifikasi
Photo by Stephen Phillips on Unsplash

6. Marketing

Push notifikasi jenis ini tidak penting untuk UX seperti saat menggunakan aplikasi tertentu. Pemberitahuan yang dikirim berupa promosi, info launching produk, dan sebagainya.

Tujuan utama dari push notif ini adalah berjualan, sehingga dapat meningkatkan sales bagi produk perusahaan.

Membuat Notifikasi Menarik

Memanfaatkan push notifikasi sebagai strategi pemasaran digital sangat efektif untuk meningkatkan metric bisnis.

Untuk membuat notifikasi bekerja, maka harus direncanakan penyusunan pesan, hingga tampilan yang menarik.

Mari lihat beberapa elemen umum untuk membuat strategi push notifikasi bekerja menarik perhatian pengguna.

1. Headline Persuasif

Pastikan Anda menulis headline sesuai dengan target audiens Anda. Ketahui copywriting yang ideal untuk menarik audiens.

Anda juga dapat memanfaatkan visual untuk membuat konten Anda lebih mudah dipahami. Berapapun banyak notif yang Anda kirimkan tidak akan berarti jika kontennya sendiri tidak menarik.

Jadi pastikan copywriting atau headline Anda sangat persuasive.

2. Deskripsi Singkat dan Jelas

Buat pesan yang jelas dan tajam sebagai deskripsi pembuka pada notifikasi Anda. Lakukan lebih dari sekadar menyatukan kata-kata indah.

Tulis pesan pemberitahuan Anda dengan mengingat audiens target Anda. Hindari menggunakan jargon, gunakan bahasa yang sederhana dan langsung, dan buat pengguna Anda tetap terhubung dengan satu kalimat dan CTA yang menarik.

Pesan tersebut harus dengan mudah menyampaikan tentang apa notifikasi tersebut, dan beritahu pengguna manfaat apa yang akan mereka peroleh dari mengklik notifikasi tersebut.

Trik selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggoda pengguna dengan kalimat urgensi.

Sampaikan dengan jelas apa yang terjadi jika pengguna tidak segera mengambil tindakan. Misalnya saja informasi seputar flash sale.

Jika pengguna tidak membeli barang tertentu pada batas waktu yang sudah ditentukan, maka mereka akan ketinggalan diskonnnya.

3.  Memberikan Tautan

Beritahu audiens Anda mengenai tautan yang menuju ke halaman Anda, untuk memicu keikutsertaan mereka.

Beri tahu mereka, bahwa banyak orang-orang yang sedang datang ke halaman tersebut agar tidak ketinggalan suatu informasi tertetu.

Misalnya saja sedang ada pertandingan olahraga, dimana dalam halaman Anda disiarkan live streaming pertandingan tersebut.

Maka Anda dapat mengirimkan tautan live streaming tersebut kepada pengguna anda.

4. Gunakan Bahasa yang Sesuai

Dalam menulis copy yang memikat, Anda juga harus memahami target audiens Anda. Kira-kira gaya Bahasa seperti apa yang harus Anda gunakan.

Jika audiensnya merupakan anak muda, maka Anda bisa menggunakan Bahasa yang lebih fun. Tapi, jika audiensnya adalah orang dewasa, mungkin Anda bisa menggunakan Bahasa yang lebih formal.

Tergantung dari latar belakag bisnis yang Anda tawarkan juga. Berikut ini cara mengatur segmentasi kampanye push notifikasi.

  • Page visit

Cara termudah untuk mengetahui maksud pengguna Anda adalah melalui behavior mereka.

Kategorikan mereka berdasarkan berbagai tindakan yang dilakukan selama kunjungan halaman, untuk menyampaikan pesan yang dipersonalisasi.

Segmentasikan mereka berdasarkan URL halaman yang mereka kunjungi, URL rujukan, kata kunci pencarian, jenis rujukan, parameter kueri, dan banyak lagi.

  • Subscribers Properties

Segmentasikan pelanggan Anda berdasarkan properti pengguna. Targetkan mereka berdasarkan Sistem Operasi, Platform, hingga Browser yang mereka gunakan.

Kesimpulan

Push notifikasi merupakan metode pemasaran digital yang bisa berbagai macam fungsinya. Misalnya untuk berjualan, untuk reminder, notifikasi mendesak, dan sebagainya.

Push notifikasi bisa beragam macam jenisnya, datangnya bisa berasal dari web, aplikasi, atau email. Push notifikasi bisa diatur oleh pengguna sehingga tidak terlalu mengganggu.

Keuntungan utama bagi pemasar digital dengan strategi push notifikasi, adalah meningkatkan penjualan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang fungsi push notifikasi, semoga informasi yang kami sampaikan tentang jenis website, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.