Cara Membuat Website Tanpa Coding

Cara membuat website merupakan pertanyaan yang banyak dicari orang-orang ketika ingin bekerja di dunia online.

Website sendiri merupakan kumpulan halaman web yang dapat diakses publik dan saling terkait, berbagi satu nama domain.

Berbagai topik bisa kita angkat di website, seperti e-commerce, personal blog¸ portal berita, forum pendidikan, dan sebagainya.

Semua website dapat diakses public membentuk World Wide Web, artinya seluruh orang di dunia dapat mengakses website Anda.

cara membuat website tanpa coding
Photo by Domenico Loia on Unsplash

Langkah-langkah Cara Membuat Website Tanpa Coding

Pertama kali dikemukakan oleh fisikawan Inggris di CERN, ia mengumumkan bahwa website adalah tempat dimana semua orang dapat mengakses dan menggunakan World Wide Web secara gratis

Fisikawan Inggris bernama Tim Berners Lee membuat pengumuman itu dibuat pada tahun 1993, setelah keberhasilan mereka membuat website pertama di dunia pada tahun 1990.

Sayangnya, untuk membuat website kita membutuhkan kemampuan coding atau programming, namun seiring berkembangnya zaman, kini Anda dapat membangun website tanpa kemampuan coding.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat website tanpa coding.

1. Menentukan Topik Website

Ketika membuat sebuah website, maka tentu Anda harus menentukan terlebih dahulu isi dari website tersebut apa.

Mulailah dengan memikirkan apa tujuan Anda membuat website? Tujuan ini bisa beragam, seperti untuk ruang menyimpan portfolio, tempat berjualan, website pemerintah, portal berita, dan sebagainya.

Ketika sudah tahu akan diisi apa website Anda, maka nanti akan berpengaruh kepada domain Anda.

Apa itu Domain?

Domain adalah alamat dari website. Ibaratnya website adalah sebuah rumah, maka domain tersebut adalah alamat rumah Anda.

Jika pada Tim Berners Lee sebuah website membutuh kode IP berupa angka-angka sebagai alamatnya, maka kini nama website berupa nama yang lebih jelas.

Berikut ini contoh domain berdasar topik yang dipilih:

  • Situs web lembaga pemerintah = .gov
  • Situs web lembaga pendidikan = .edu
  • Situs web organisasi nirlaba = .org
  • Situs web komersial = .com
  • Situs informasi = .info

Setelah Anda mengetahui topik dan nama domain Anda, maka Anda bisa dengan mudah menentukan headline dari website Anda.

Headline tersebut bisa sama dengan nama alamat website¸ bisa juga berbeda. Pastikan nama headline berhubungan dengan topik yang Anda bahas di website.

building a website membuat website tanpa coding
Photo by Stephen Phillips on Unsplash

2. Tentukan Platform Website

Cara membuat website bisa dimulai dengan menentukan platform.

Platform website seperti penyedia ruang atas website Anda. Ibaratnya Media Sosial, maka platform yang biasa dipakai orang adalah Instagram, TikTok, Twitter, dan sebagainya.

Begitu pula dengan platform website, misalnya seperti WordPress dan blogger. Platform website terdapat beberapa metode yang bisa kita pilih untu menkreasikannya.

Menggunakan CMS

Content Management System (CMS), merupakan platform pembuat website gratis yang sangat user-friendly.

Sistem manajemen konten ini menyediakan kemudahan dalam menkreasikan website Anda.

Anda dapat membuat konten, mengeditnya, menambahkan media seperti foto dan video, serta menambahkan tampilan desain semenarik mungkin.

Contoh dari platform CMS adalah WordPress, Magento, dan Drupal, merupakan 3 contoh CMS paling populer di pasaran.

Website Builder

Website builder akan menyedikan fitur yang lebih luas dibandingkan hanya memanajemen konten website Anda.

Jadi, langkah-langkah cara membuat website yang Anda lakukan bisa lebih leluasa dibandingkan hanya sekadar menajemen konten.

Website builder memudahkan orang-orang untuk membuat website tanpa kemampuan coding.

Menurut 99designs, web builder adalah software atau aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membuat website dengan menggunakan template yang telah disediakan.

membuat website tanpa coding
Photo by Ilya Pavlov on Unsplash

Coding

Metode terakhir tentu adalah metode manual from scratch, yaitu dengan coding. Membangun website dengan coding tentu Anda harus paham ilmu programming.

Membangun website dengan coding akan memberbaskan Anda untuk menambahkan fitur apapun ke website¸tanpa dibatasi template dan aturan tertentu seperti pada CMS dan website builder.

Dari ketiga metode di atas, Anda bisa menentukan membuat website tergantung dari topic dan tujuan website Anda.

Jika hanya website pribadi, blogging, portfolio mungkin Anda masih bisa memilih CMS atau website builder.

Untuk website dengan skala professional, seperti kepentingan bisnis besar, Anda bisa menyewa jasa web developer untuk membangun website from scratch¸alias lewat coding.

3. Tentukan Hosting

Ketika kita membuat sebuah website, maka berbagai data serta media tentu akan kita masukkan sebagai isi dari website kita.

Data tersebut berupa foto, video, HTML, plugin, tema, hingga draft. Semua data tersebut tentu membutuhkan tempat untuk disimpan secara digital.

Tempat penyimpanan tersebut disebut dengan hosting, atau web hosting. Terdapat 3 jenis web hosting bisa Anda pilih, yaitu shared hostingcloud hosting, dan VPS hosting.

Shared Hosting

Shared hosting tepat untuk Anda pilih jika ingin membuat layanan website sederhana. Cocok untuk menaungi banyak user untuk mengurus website beskala kecil.

Biaya shared hosting juga sangat terjangkau, tapi banyak batasan yang ketat untu kmenjaga keamanan website tidak menyalahgunakan resource yang ada.

Hosting membuat website tanpa hosting
Photo by Stephen Phillips on Unsplash

Cloud Hosting

Cloud hosting akan sangat cocok untuk website berskala besar, seperti toko online dan portal berita yang visitornya paling sering datang.

Cloud hosting juga menyediakan banyak ruang untuk menaungi banyak user, tetapi dengan virtual server yang lebih canggih.

Cara kerja cloud hosting adalah dengan menyimpan Salinan website di beberapa server fisik yang saling bekerja sama.

Jadi, kalau ada satu server yang down, server lain akan menopang website agar tetap online.

VPS Hosting

VPS hosting merupakan tipe hosting andalan untuk website berskala besar, nantinya bisa dioptimasi penuh.

Singkatan dari Virtual Private Server, bisa menjadi pilihan tepat bagi user yang ingin kebebasan penuh dapat mengelola platform dan website.

Menjalankan VPS hosting dibutuhkan skill manajemen server dan cara mengoperasikan terminal. Artinya VPS hosting membuat Anda melakukan kustomisasi tinggi terhadap semua opsi website. Mulai dari system operasi hingga software stack.

Cara membuat website tanpa coding
Photo by Le Buzz on Unsplash

4. Desain Website

48% pengguna internet menyebutkan bahwa desain website adalah faktor dalam menentukan kredibilitasnya, apalagi untuk website bisnis.

Bukan hanya eye-catching, tetapi juga user-friendly. Bukan hanya warna dan desain yang keren, tetapi juga mudah untuk diakses di berbagai perangkat.

Tampilan dari website diatus dalam pengaturan layout. Beberapa komponen website yang bisa diatur pada layout setting, diantaranya sebagai berikut:

Beranda (Home)

Beranda atau jika dalam Bahasa Inggris sering disebut Home, merupakan halaman pertama saat pengunjung pertama kali datang ke website milik kita.

Seringkali, Beranda semacam “hub” di mana semua halaman lain dapat diakses. Halaman web internal di mana beberapa halaman lain ditautkan dalam kategori tertentu.

Halaman Beranda juga bisa disebut sebagai halaman induk.

Rekomendasi Post

Rekomendasi post merupakan sidebar website yang isinya rekomendasi postingan internal, biasanya berupa recent post atau popular post.

Halaman ini ditempatkan di samping halaman postingan utama.

Navigasi

Kolom navigasi ditampilkan di setiap halaman, bukan hanya di Beranda. Memudahkan pengguna untuk pindah dengan cepat melintasi struktur situs web utama.

Footer

Website adalah ruang dimana perusahaan dapat mencantumkan identitas, portfolio, informasi tentang harga produk dan sebagainya.

Biasanya, website juga berfungsi sebagai ruang informasi mengenai lokasi dimana perusahaan itu berada. Biasanya informasi tentang lokasi ini berada di kolom footer.

Footer biasa ditempatkan di bawah bawah halaman website. Salah satu informasi yang dicantumkan di footer adalah contact person, sekaligus lokasi dari perusahaan.

Selain itu, footer juga diisi dengan tauta menuju persyaratan layanan, kebijakan privasi, dan tautan eksternal lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat website, semoga informasi yang kami sampaikan tentang jenis website, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.