cara meningkatkan traffic di website

10 Cara Meningkatkan Traffic di Website Anda

Apakah Anda sedang mencari tentang cara meningkatkan traffic di website? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang cara meningkatkan traffic di website. Langsung saja mari kita mulai.

Setiap pemilik website ingin lalu lintas mereka meningkat dari waktu ke waktu. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana meningkatkan lalu lintas ke website? Website adalah salah satu alat yang baik untuk membuat bisnis online atau hanya untuk menciptakan citra merek.

Saat pertama kali membuat website, Anda pasti akan mencoba meningkatkan traffic dengan berbagai cara, dengan membuat konten yang konsisten, membagikannya di media sosial, dll. Namun, Anda merasa bahwa lalu lintas tidak meningkat. Jadi bagaimana cara meningkatkannya? Berikut akan kami sampaikan beberapa cara meningkatkan traffic di website.

Cara Meningkatkan Traffic di Website

Dengan usaha yang cukup dan cara yang benar, website tidak akan lagi mengalami kekurangan trafik. Di bawah ini, kita akan membahas cara organik dan berbayar sebagai cara meningkatkan traffic di website.

1. Optimasi SEO Website

cara meningkatkan traffic di website

Pengoptimalan SEO website berarti mengoptimalkan website Anda untuk mesin pencari (Google, Bing, dll.) untuk menarik lebih banyak pengunjung. Teknik SEO yang diterapkan dengan benar akan membantu meningkatkan peringkat website di SERP dan meningkatkan lalu lintas organik ke website. Untuk mulai mengoptimalkan website Anda, lakukan riset kata kunci konten terlebih dahulu.

Saat melakukan riset, cari tahu berapa banyak orang yang mencari kata kunci dan seberapa ketat persaingannya. Putuskan kata kunci mana yang akan digunakan untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Sertakan kata kunci ekor panjang, karena ini sering digunakan oleh orang-orang yang sudah tahu persis apa yang mereka cari di mesin pencari. Ada banyak alat penelitian kata kunci, dan yang paling populer adalah Google Keyword Planner. Temukan ide kata kunci atau lihat statistik historis seperti volume penelusuran bulanan rata-rata dan persaingan.

2. Rutin Posting di Sosial Media

cara meningkatkan traffic di website

Media sosial adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan lalu lintas website. Jika Anda menggunakannya dengan bijak dan efektif, pengunjung dijamin akan segera berduyun-duyun ke situs Anda.

Pastikan konten media sosial organik Anda dapat dibagikan dengan mengintegrasikan alat berbagi sosial. Tetapi jangan hanya duduk dan menunggu semua orang membagikannya. Jadilah proaktif dan jangkau pelanggan potensial Anda.

Setiap kali Anda mengunggah konten baru, bagikan di jejaring sosial. Buat berbagai jenis konten, seperti kutipan posting blog, infografis, foto, dan video. Metode ini tidak memerlukan banyak uang dan secara signifikan dapat meningkatkan lalu lintas website.

3. Produksi Konten yang Menarik

cara meningkatkan traffic di website

Konten adalah jantung dari setiap website, sebab konten yang menarik akan membuat pengunjung kembali untuk melihat konten yang lainnya. Selain itu, jika konten Anda berhasil menarik pengunjung, mereka pasti akan membagikannya kepada orang lain. Untuk menulis konten website yang baik, diperlukan latihan secara terus menerus. Seiring waktu, Anda akan belajar bagaimana menulis secara efektif dan meningkatkan lalu lintas website.

4. Campaign Email Marketing

cara meningkatkan traffic di website

Meskipun SEO pada halaman adalah cara meningkatkan traffic di website yang bagus untuk menarik pelanggan potensial, Anda perlu memastikan bahwa orang-orang ini tidak hanya berkunjung sekali. Dorong pengunjung untuk berinteraksi dengan mengirimkan buletin dan promosi email reguler.

Tetap berhubungan dengan pengunjung dapat membuat mereka kembali ke situs Anda. Benar sekali, layaknya pelanggan di kedai kopi, pengunjung tersebut nantinya bisa menjadi pengunjung setia situs Anda.

Untuk memulai kampanye pemasaran email, gunakan layanan pemasaran email seperti MailChimp dan Kontak Konstan. Coba versi gratis sebelum meningkatkan ke paket premium seiring pertumbuhan situs Anda.

Tapi jangan membombardir pelanggan Anda dengan terlalu banyak email. Kirim email mingguan atau dua mingguan yang berisi kampanye pemasaran, penawaran khusus, atau serangkaian pembaruan website.

5. Audit Konten Agar Tetap Up to Date

cara meningkatkan traffic di website

Memposting konten baru secara teratur sangat efektif dalam mendatangkan lalu lintas ke website Anda. Namun, Anda juga tidak boleh melupakan konten lama. Mesin pencari akan terus merayapi website untuk mencari konten baru. Setiap kali Anda memperbarui konten lama, perayap mesin pencari akan merayapi ulang halaman untuk mengevaluasi kembali dan memperbarui peringkat SERP Anda berdasarkan perubahan.

Memperbarui konten lama bisa menjadi cara meningkatkan traffic di website yang cukup cepat untuk meningkatkan lalu lintas website. Ini karena konten mungkin sudah memiliki peringkat yang baik di SERP, jadi pembaruan akan membuatnya tetap relevan dan meningkatkan peluang peringkatnya.

Gunakan Google Analytics untuk mengetahui konten apa yang paling populer dan pilih postingan yang menjanjikan. Tapi ingat, jangan membuat pembaruan yang tidak perlu untuk meningkatkan lalu lintas. Fokus pada kualitas, bukan kuantitas.

6. Buat External Link

cara meningkatkan traffic di website

Kumpulkan sebanyak mungkin tautan masuk atau tautan balik ke situs Anda. Tautan ini diperoleh ketika website lain menempatkan tautan ke situs Anda di halamannya. Demikian juga, jika Anda menempatkan tautan ke website lain di situs Anda, situs itu akan menerima tautan balik dari Anda.

Cara meningkatkan traffic di website satu ini terbukti ampuh, Anda dapat melakukannya dengan cara mengumpulkan tautan eksternal. Hal ini penting dalam cara meningkatkan traffic di website karena membantu memaksimalkan kinerja SEO. Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin tinggi kemungkinan situs Anda dilihat oleh crawler mesin pencari.

7. Buat Internal Link

cara meningkatkan traffic di website

Terkadang webmaster sangat fokus pada tautan balik sehingga mereka melupakan tautan internal. Padahal keduanya sama-sama penting dalam cara meningkatkan traffic di website.

Google menggunakan tautan internal dan eksternal untuk menentukan nilai halaman. Jika ada beberapa tautan ke suatu halaman, Google akan menganggap halaman itu penting. Ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan peringkat situs di antara hasil pencarian.

Saat membuat konten, selalu sisipkan tautan internal ke artikel yang relevan di postingan Anda. Misalnya, jika postingan Anda tentang memulai bisnis, sertakan tautan ke artikel terkait yang ditulis, seperti tips atau ide bisnis.

8. Ciptakan Website yang Mobile Friendly

Menurut data handphone atau mobile user menyumbang 56% dari semua traffic suatu website, oleh sebab itu, hal ini menjadikan mobile user sangatlah penting. Jika Anda tidak membuat website Anda mobile friendly, maka siap-siap saja untuk kehilangan sebagian besar potensi traffic yang ada.

Websie yang mobile friendly maksudnya harus responsif ketika diakses melalui smartphone atau perangkat mobile lainnya. Pengunjung juga dapat mengunjungi website dengan nyaman serta tanpa banyak harus scrolling kesana kemari. Jadi pastikan buat website Anda friendly terhadap user mobile, agar dapat meningkatkan traffic Anda.

9. Optimalkan Kecepatan Website

Kecepatan situs mengukur seberapa cepat pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan website setelah mengunjungi. Selain menjadi salah satu faktor peringkat mesin pencari utama, kecepatan juga memengaruhi pengalaman pengguna, waktu tunggu, dan tingkat konversi.

Secara umum, semakin cepat pemuatan website, semakin baik SEO website tersebut. Sebuah studi Google menemukan bahwa rasio pentalan meningkat sebesar 32% ketika waktu buka halaman meningkat dari 1 detik menjadi 3 detik. Selain itu, lebih dari setengah dari semua kunjungan akan ditinggalkan jika versi seluler situs membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat.

10. Aktif di Komunitas Online

Pastinya setiap blogger, pengusaha atau internet marketer memiliki komunitas online yang tersebar di berbagai forum jejaring sosial, seperti Facebook, Kaskus, dll. Anda dapat bergabung dengan komunitas online tergantung pada website yang Anda kelola. Selain menambah jaringan, Anda juga dapat mempromosikan situs di komunitas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara meningkatkan traffic di website, semoga informasi yang kami sampaikan tentang cara meningkatkan traffic di website tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.