membuat konten berkualitas untuk blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara meghasilkan uang dari blog tidak mudah, tidak semua blogger berhasil menghasilkan uang dari blogging.

Blogger mapan seperti Ryan Robinson, membuat topic niche blog miliknya tentang blogging dan berhasil memperoleh uang sebanyak $30.000 per bulan

Selain untuk personal blog, atau membagikan banyak informasi mengenai niche tertentu, Anda juga bisa membuat blog sebagai online shop.

Sebenarnya, terdapat dua faktor yang mempengaruhi jika blog Anda dapat menghasilkan profit atau tidak, yaitu niche dan monetisasi blog.

Anda harus aktif mengurus blog Anda, rajin upload konten dan berinovasi untuk meluncurkan berbagai produk.

cara menghasilkan uang dari blog
Photo by Anete Lusina on Unsplash

1. Tentukan Jenis dan Niche Blog

Sudah disebutkan sebelumnya, cara menghasilkan uang dari blog langkah pertamanya adalah menentukan niche, topic pada blog Anda.

Jika niche yang ditentukan spesifik, maka target audiens juga spesifik, lebih mudah bagi Anda untuk memperoleh lebih banyak pengunjung.

Niche yang berantakan, tidak tahu arah tujuanya akan membuat audiens kebingungan juga. Seseorang pasti menyukai satu bidang atau hobi tertentu yang tidak bisa digabungkan dengan hobi lainnya dalam satu ruangan.

“Cari tahu apa niche Anda dan mengapa Anda harus menulis tentang topic tersebut. Buat persona untuk diri Anda agar Anda tetap nyaman dengan topic tersebut karena Anda memang menyukainya.”

Tentu Anda tidak ingin menulis sesuatu yang tidak Anda sukai, atau bahkan tidak paham. Ini akan menyulitkan Anda, sebaiknya tentukan niche yang memang Anda menyukainya dan memahaminya.

Berikut tipsnya:

  • Tentukan niche sesuai bidang yang Anda sukai dan ahli
  • Rendah kompetisi pada niche tersebut
  • Potensi monetisasi. Perhatikan berapa banyak iklan yang ingin memasang pada niche yang Anda pilih.

Selain menentukan niche, Anda juga perlu menentukan tipe blog Anda akan seperti apa. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih, yaitu blog pribadi atau blog bisnis.

  •  Blog Pribadi

Jika Anda memilih blog pribadi, mungkin isinya akan seputar konten yang berhubungan dengan kegiatan Anda, hobi Anda, sehingga kontennya bersifat informatif.

Misalnya saja konten tentang book review, travel stories, makeup review, music chords, dan sebagainyae.

Nantinya jika blog Anda menarik Anda bisa bekerja sama dengan brand tertentu, untuk Anda membuka peluang endorsement atau menjadi ambassador. Peran Anda akan seperti influencer.

  • Blog Bisnis

Berbeda halnya dengan blog bisnis, Anda akan membangun blog Anda sebagai tempat pertemuan antara penjual dengan pembeli.

Misalnya saja Anda akan menjadikan blog Anda sebagai online store, program affiliate marketing, ruang menaruh portfolio saat Anda membuka jasa freelance, dan sebagainya.

Baik blog pribadi maupun blog bisnis bisa menghasilkan profit bagi Anda. Kuncinya tetap sama, yaitu konsistensi dan keaktifan Anda dalam membangun blog tersebut.

Menentukan domain cara menghasilkan uang dari blog
Photo by Markus Winkler on Unsplash

2. Tentukan Nama Domain

Domain merupakan alamat lain sebagai identitas blog agar mudah dikenal banyak audiens. Tentukan nama domain yang berkaitan dengan niche Anda.

Tips mudahnya cari nama domain yang menarik, unik, dan menggambarkan karakter dari blog Anda tersebut.

Misalnya saja Anda ingin membuat blog tentang travel, maka Anda bisa membuat nama domain seperti mytraveldiary.com

Domain ini juga berpengaruh ke SEO nantinya, sehingga pastikan cari nama domain yang mudah dicari audiens lewat kueri yang dimasukkan.

building a website membuat website tanpa coding
Photo by Stephen Phillips on Unsplash

3. Tentukan Platform Blog

Selanjutnya cara menghasilkan uang dari blog, yaitu Anda perlu tentukan platform apa yang Anda gunakan untuk membangun blog Anda

Di era modern ini, membangun website atau blog menjadi lebih mudah bagi orang awam, walau kita bukan seorang web deveoloper, atau teknisi IT sekalipun.

Sebut saja CMS atau web builder bisa menjadi pilihan Anda untuk membangun blog Anda.

Content Management System (CMS)

Content Management System (CMS) sebagai platform pembuat website gratis yang sangat user-friendly. Sistem manajemen konten ini mudah digunakan bagi orang awam di dunia IT.

Tanpa melakukan coding¸ Anda tetap dapat mengatur segala media yang Anda masukkan, seperti foto, video, teks, dengan desain yang juga bisa Anda atur.

CMS sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat blog pribadi, dimana Anda akan rajin mengupdate konten Anda karena konten tersebut bersifat dinamis.

Misalnya saja blog diary travel hari ini pergi ke destinasi tertentu, lalu minggu depan tentu kontennya berbeda lagi.

Contoh CMS yang paling populer adalah WordPress, Magento, dan Drupal.

Web Builder

Perbedaan paling signifikan antara CMS dengan web builder adalah dari segi pengaturan yang lebih dinamis. Benar, web builder menawarkan pengaturan web yang lebih dinamis.

Cara kerjanya setelah memiliki akun, Anda bisa langsung memilih template untuk digunakan dalam membangun blog Anda.

Tampilan web builder lebih sederhana dan akan tetap menarik meskipun tidak diisi konten. Jadi, Anda bisa mengisinya dengan konten statis.

Misalnya saja menyediakan keterangan produk, personal branding, portfolio, atau saat Anda menjalankan affiliate program.

Baik CMS maupun web builder tetap bisa diaplikasikan ke berbagai jenis blog, tujuan, dan niche. Jadi, tergantung pada kenyamanan Anda, platform mana yang menurut Anda paling tepat.

membuat konten berkualitas untuk blog
Photo by Igor Miske on Unsplash

4. Buat Konten Berkualitas

Saat seseorang berkunjung ke blog Anda, pastikan mereka memperoleh jawaban atas pertanyaan yang mereka cari di search engine.

Jika mereka merasa masalah mereka terpecahkan dengan membaca atau melihat konten dari Anda, maka artinya Anda berhasil membuat mereka percaya pada Anda.

Audiens yang sudah percaya dengan blog Anda, maka akan kembali lagi ke blog Anda untuk mencari informasi lainnya. Jadi selalu pastikan konten Anda berkualitas sebagai tanda kredibilitas.

Berikut ini tips membuat konten berkualitas:

  • Cari ide konten yang dapat menjawab pertanyaan audiens seputar niche yang Anda tentukan
  • Gunakan judul copywriting yang menjanjikan, seperti “Cara Mudah Travel Low Budget”
  • Buat gaya storytelling yang menarik, nyaman dibaca, dan gaya Bahasa sesuai dengan target audiens
  • Berikan experience berarti untuk audiens dengan visual menarik seperti gambar dan video.

5. Tawarkan Produk dan Layanan

Blog untuk bisnis bisa Anda masukkan konten berupa informasi seputar produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Membuat online store di blog Anda bisa menjadi efektif cara menghasilkan uang dari blog. Pastikan saja informasi tentang produk dan jasa tersebut lengkap.

Contoh layanan yang dapat Anda jual pada blog Anda meliputi:

  • Pelayanan konsultasi
  • Desain grafis freelance
  • Penulis Freelance
  • Bantuan virtual
  • Kelas atau lokakarya

Contoh produk fisik yang bisa Anda jugal di blog:

  • Mugs
  • T-shirts
  • Stickers
  • Posters
  • Tote bags
  • Phone cases

Contoh produk digital yang bisa Anda jugal di blog:

  • ebooks
  • Printables
  • Workbooks
  • Online courses

Permudah pelanggan untuk menghubungi kita sehingga dapat mengatur jadwal temu dan tentukan pembayaran. Promosikan semaksimal mungkin layanan dan produk Anda melalui blog.

Kesimpulan

Berbagai upaya bisa Anda terapkan sebagai cara menghasilkan uang dari blog. Seperti membuat konten diary tentang topik tertentu, berjualan online, menjalankan program afiliasi, dan sebagainya.

Cara menghasilkan uang dari blog yang paling utama berpengaruh adalah pemilihan niche dan bagaimana Anda mampu monetisasi blog Anda.

Buat audiens atau calon pelanggan Anda merasa nyaman saat berkunjung ke blog Anda. Berikan konten berkualitas, berikan solusi atas pertanyaan yang mereka cari.

Dengan begitu, secara perlahan audiens akan semakin percaya dengan Anda, website Anda juga meningkat kredibilitasnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang identifikasi dan pencegahan email spoofing, semoga informasi yang kami sampaikan tentang jenis website, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.