Apa Fungsi Patung

Apa Fungsi Patung?

Tahukah kalian apa fungsi patung? Jika kalian belum tahu apa saja fungsi patung, tenang saja karena kami sudah merangkumnya pada artikel kali ini. Jika anda penasaran apa saja fungsi patung yuk simak artikel berikut ini.

Pengertian Seni Patung

FUNGSI PATUNG

Seni patung adalah salah satu cabang dalam seni rupa yang berbentuk tiga dimensi dan termasuk dalam seni murni seperti seni lukis karena lebih mengutamakan fungsi keindahan atau nilai estetisnya. Berdasarkan bentuknya, patung dapat dibagi menjadi dua yaitu:

Patung figuratif: jenis patung yang berbentuk objek visual yang ada dalam kehidupan nyata. Contohnya seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Patung non-figuratif: jenis patung yang bentuk objek visualnya tidak realistis atau tidak dapat ditemukan di kehidupan nyata. Contohnya seperti patung abstrak.

Fungsi Patung

fungsi patung adalah untuk kepentingan religi, monumen, arsitektur, personal, kerajinan, dan dekorasi. Berikut penjelasannya

1. Patung Religi

Patung religi adalah patung yang dibuat sebagai sarana dalam beribadah dan memiliki makna religius bagi penganut agama yang mempercayainya. Contohnya adalah patung Bunda Maria yang ada di gereja.

2. Patung Monumen

Patung dengan monumen adalah patung yang diciptakan untuk memperingati suatu peristiwa bersejarah atau mengenang jasa seorang pahlawan besar dalam sebuah bangsa atau kelompok. Contohnya adalah patung Selamat Datang yang ada di Jakarta.

3. Patung Arsitektur

Patung ini berfungsi untuk memberi kesan keindahan dan kemegahan pada sebuah bangunan, terutama bangunan publik. Contoh patung arsitektur adalah patung-patung yang ada di Candi Prambanan.

4. Patung Seni

Patung ada yang diciptakan untuk kepentingan personal atau pribadi sebagai ekspresi perasaan dan ungkapan pribadi per orang. Patung itu dibuat untuk memberi kepuasan tersendiri bagi seniman yang membuatnya dan penikmat seni tertentu. Contoh dari patung seni adalah patung Penari Rebana yang dibuat oleh Dolorosa Sinaga.

5. Patung Kerajinan

Jika patung seni adalah patung yang berfungsi untuk memenuhi kepuasan seniman yang membuatnya, patung kerajinan adalah patung yang dibuat untuk memenuhi kepuasan atau orderan konsumen. Contoh dari patung kerajinan adalah patung kuda yang ada di perumahan Ciputra.

6. Patung Dekorasi

Patung dekorasi bertujuan untuk menghias lingkungan taman rumah atau taman umum untuk bermain. Contoh dari patung dekorasi adalah patung kurcaci (gnome) yang ada di taman.

Demikian merupakan pembahasan mengenai apa fungsi patung, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat baik untuk anda.