Apa tujuan dibuatnya iklan

Apa Tujuan Dibuatnya Iklan?

Tahukah anda apa tujuan dibuatnya iklan? Jika anda belum mengerti apa tujuan dibuatnya iklan, tenang saja kami sudah merangkum beberapa pembahasan tentang tujuan dibuatnya iklan, pada artikel berikut ini.

Tujuan dibuatnya iklan adalah supaya produk/jasa yang dijual dikenal oleh masyarakat melalui informasi yang disampaikan oleh iklan tersebut, sehingga menimbulkan kebutuhan akan produk/jasa tersebut, lalu membuat orang melakukan pembelian produk/penggunaan jasa tersebut.

Iklan merupakan alat komunikasi atau pesan berbayar dalam kampanye pemasaran dan periklanan yang bila digunakan secara efisien akan meningkatkan kesadaran, minat, dan keinginan dari calon pelanggan terhadap produk atau layanan yang diminta.

“Pelanggan potensial dan pelanggan yang ada saat ini” setiap hari dihadapkan pada berbagai jenis iklan termasuk iklan TV & radio, papan reklame outdoor, iklan cetak di surat kabar atau majalah, dan iklan online digital di saluran media sosial dan mesin pencari yang terkait dengan kampanye iklan yang berbeda. memenuhi banyak tujuan dan mencapai manfaat tanpa akhir untuk usaha kecil, menengah dan merek terkenal.

Dua paragraf sebelumnya berbicara secara umum tentang pentingnya iklan tetapi kami akan membahas semua tujuan dibuatnya iklan dan manfaat yang dapat dicapai ketika kampanye iklan Anda dilakukan dengan benar oleh jasa iklan yang dipilih untuk memutuskan seberapa cocok manfaat ini dengan tujuan bisnis Anda dan apakah layak anggaran pemasaran yang Anda alokasikan atau tidak.

Apa tujuan dibuatnya iklan dan manfaatnya?

Tujuan Dibuatnya Iklan (Contoh)
Contoh Iklan COD Shopee (Sumber: Youtube.com)

Kampanye periklanan harus selaras dengan tujuan pemasaran keseluruhan untuk bisnis Anda yang menunjukkan pesan spesifik dan mendorong tindakan spesifik dari audiens yang ditargetkan dari klien potensial melalui iklan yang dihasilkan untuk setiap kampanye untuk platform periklanan yang dipilih.

Tujuan dibuatnya iklan dan manfaat yang akan anda dapat adalah sebagai berikut ini:

1. Meningkatkan Kesadaran Merek & Produk

Apakah audiens yang ditargetkan dari pelanggan potensial mengetahui bisnis Anda ada?

Selama beberapa dekade terakhir, berbagai jenis iklan telah terbukti efisien dalam meningkatkan kesadaran tentang keberadaan merek baru di pasar yang ditargetkan dan menyebarkan berita tentang bisnis Anda dalam waktu singkat.

Ini bukan hanya tentang meningkatkan kesadaran tentang bisnis Anda, tetapi periklanan adalah pilihan yang valid untuk meningkatkan kesadaran tentang produk atau layanan yang baru diluncurkan atau menyoroti keunggulan kompetitif dalam produk yang sudah keluar dan penyempurnaan atau fitur baru yang ditambahkan ke produk atau layanan yang ada.

Penawaran diskon atau penawaran upselling yang terbatas memerlukan tanggapan langsung dari pelanggan yang ditargetkan yang dapat dicapai dengan menggunakan iklan terutama solusi periklanan digital seperti iklan media sosial yang membutuhkan lebih sedikit waktu untuk membuat dan meluncurkan kampanye iklan.

2. Berkompetisi dan Meningkatkan Daya Saing

Pentingnya daya saing merupakan salah satu tujuan dibuatnya iklan agar bisnis anda memiliki otoritas yang mumpuni. Banyak alternatif untuk apa yang ditawarkan bisnis Anda diproduksi setiap hari yang meningkatkan persaingan yang membutuhkan solusi pemasaran dan periklanan yang inovatif untuk menonjol dari persaingan.

Iklan khusus yang efektif akan membantu dalam hal ini dengan berfokus pada keunggulan kompetitif produk Anda, nilai tambah yang khas bagi pelanggan, seberapa sesuai harga Anda dengan anggaran mereka dan nilai tambah yang diharapkan, dan tingkat profesionalisme layanan purna jual dan dukungan solusi yang tersedia.

3. Menarik Pelanggan Saat Ini & Potensial

Menarik pelanggan yang saat ini dan pelanggan yang potensial merupakan tujuan dibuatnya iklan yang sangat penting untuk meningkatkan brand awareness anda. Setelah fase kesadaran, iklan dapat memainkan peran lain dalam mendorong pelanggan yang ditargetkan untuk mengambil langkah lebih jauh di saluran penjualan Anda dengan menarik pelanggan saat ini dan calon pelanggan untuk terlibat dengan bisnis Anda melalui:

  • Tingkatkan lalu lintas toko atau cabang dengan menyoroti info lokasi bisnis Anda di iklan Anda dan menyebarkan berita tentang pembukaan toko atau cabang baru Menghasilkan lebih banyak prospek melalui kampanye iklan yang disesuaikan untuk tujuan ini seperti iklan Facebook dan iklan LinkedIn.
  • Meningkatkan kunjungan ke situs web bisnis Anda “mis: toko e-niaga” atau aplikasi seluler bisnis Anda melalui “iklan PPC” bayar per klik yang tersedia di solusi pemasaran mesin telusur seperti iklan Google Search atau iklan media sosial yang sesuai.
  • Menggunakan jenis iklan yang sesuai untuk meningkatkan komunikasi dan keterlibatan dengan pelanggan yang ditargetkan “Iklan messenger di solusi periklanan Facebook, LinkedIn, Twitter & Instagram” atau mengklarifikasi opsi komunikasi di iklan TV & cetak.
  • Menumbuhkan basis pengikut bisnis Anda dari audiens yang tertarik pada saluran media sosial yang sesuai.
  • Meningkatkan pelanggan dalam kampanye pemasaran email Anda dan buletin email secara berkala.
  • Memanfaatkan publisitas “dari mulut ke mulut” saat pelanggan terlibat dengan kampanye iklan akan berbagi pengalaman mereka dengan bisnis Anda dengan teman dan keluarga.

4. Edukasi Pelanggan Tentang Bisnis Anda

Tujuan dibuatnya iklan yang selanjutnya yaitu untuk mengedukasi pelanggan tentang bisnis anda. Menjadi 100% yakin tentang produk atau layanan mana yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda adalah apa yang memotivasi pelanggan untuk menyelesaikan pembelian.

Iklan dapat digunakan untuk mendidik pelanggan Anda tentang penggunaan produk atau layanan yang tersedia dan bagaimana mereka dapat bergantung pada apa yang Anda tawarkan untuk memecahkan masalah pribadi atau bisnis terkait bagi pelanggan potensial.

Konten informatif yang dipromosikan terkait dengan kebutuhan dan masalah pelanggan yang ditargetkan akan menunjukkan kepemimpinan pemikiran atau kepemimpinan industri untuk bisnis Anda dan meningkatkan kepercayaan dalam memilih bisnis Anda daripada pesaing.

Iklan video seperti iklan YouTube atau iklan TV juga dapat digunakan untuk mendidik pelanggan Anda tentang cara menggunakan produk Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka “misalnya: tutorial produk atau video petunjuk”.

5. Meningkatkan Volume Penjualan & ROI

Tujuan dibuatnya iklan yang kelima yaitu untuk meningkatkan volume penjualan dan ROI. Iklan juga dapat melakukan misi tersulit yaitu mendorong lebih banyak penjualan untuk bisnis Anda dan meningkatkan laba atas investasi “ROI” dengan menargetkan pelanggan saat ini dan calon pelanggan yang selangkah lagi menyelesaikan konversi yang diinginkan.

Kampanye iklan offline akan meningkatkan kesadaran tentang solusi bisnis Anda sementara solusi periklanan digital seperti iklan mesin pencari, iklan yang dioptimalkan untuk konversi media sosial, dan penargetan ulang akan menargetkan audiens yang terlibat yang menunjukkan minat pada apa yang ditawarkan bisnis Anda dan Anda hanya akan dikenakan biaya saat pelanggan terlibat “klik” pada iklan Anda.

Iklan online hemat biaya akan mendorong lebih banyak penjualan dengan biaya serendah mungkin untuk mencapai pengembalian setinggi mungkin pada kampanye iklan “Cross Selling & Top Selling” yang dioptimalkan konversi dan penargetan ulang Anda.

Mencapai tingkat pengembalian investasi yang diinginkan akan menciptakan peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi dengan membuka cabang baru, toko atau menargetkan pasar dan wilayah baru, atau menarik mitra baru.

Iklan juga akan membantu dalam fase ini dengan menggunakan solusi periklanan offline internasional seperti surat kabar, majalah, dan saluran TV & radio untuk menargetkan pasar baru atau menggunakan opsi penargetan geografis yang tersedia dalam solusi periklanan digital untuk menjangkau segmen target baru dengan iklan yang disesuaikan.

6. Meningkatkan “CITRA” Posisi Brand Anda

Branding bisnis yang sukses dapat dicapai melalui iklan efektif yang dihasilkan untuk kampanye iklan yang bertujuan untuk menciptakan persepsi positif tentang merek Anda atau meningkatkan persepsi negatif yang ada untuk memposisikan merek Anda sebagai pilihan No.1 untuk produk atau layanan terkait.

Jenis iklan ini harus berfokus pada nilai bisnis Anda, kualitas produk Anda, strategi penetapan harga yang adil, seberapa profesional pilihan layanan pelanggan bisnis Anda, dan bahwa prioritas permanen pertama Anda adalah kepuasan pelanggan Anda.

Iklan visual seperti iklan video adalah pilihan yang cocok untuk iklan pencitraan merek karena iklan tersebut meningkatkan ingatan iklan untuk jangka waktu yang lebih lama dan mencapai pengenalan instan ketika audiens yang ditargetkan terpapar pada apa pun yang terkait dengan merek Anda.

7. Mendukung Operasi Bisnis Lainnya

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, periklanan adalah bagian dari strategi pemasaran bisnis Anda dan iklan efektif ketika mereka mencapai tujuan yang diinginkan dan mendukung operasi departemen lain termasuk:

  • Mencapai kesadaran yang diinginkan yang dibutuhkan untuk kampanye pemasaran jangka panjang yang tidak dibayar.
  • Tetapkan latar belakang pengetahuan tentang produk atau layanan Anda untuk membantu salesman dalam misi mereka.
  • Mendidik pelanggan Anda tentang bisnis Anda untuk memfasilitasi kegiatan layanan pelanggan.
  • Merekrut talenta dan karyawan yang dibutuhkan melalui iklan rekrutmen yang disponsori.
  • Mempertahankan persepsi positif tentang “citra profesional” tentang bisnis Anda.

Nah itulah pentingnya tujuan dibuatnya iklan. Bagi anda yang sedang ingin meningkatkan skala bisnis anda dimata masyarakat luas alangkah baiknya agar anda selalu beriklan dan mempromosikan produk atau layanan anda. Semoga artikel tentang apa tujuan dibuatnya iklan ini dapat bermanfaat untuk anda.