apa yang dimaksud proklamasi

Apa yang dimaksud Proklamasi?

Tahukah kamu apa yang dimaksud proklamasi? Jika kamu belum tahu dan belum paham apa yang dimaksud proklamasi, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang apa itu proklamasi pada artikel berikut ini.

Pengertian Proklamasi

apa yang dimaksud proklamasi

Proklamasi adalah suatu pernyataan resmi yang diumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia dan seluruh dunia yang didalamnya memiliki arti puncak perjuangan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia sekaligus titik awal perjuangan baru dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Proklamasi dapat disebut sebagai lahirnya negara kesatuan Republik Indonesia. Dari sekian lamanya di jajah, akhirnya sekarang Indonesia telah lepas dan terbebas dari segala penjajahan mereka (bangsa asing). Dengan adanya dan dibuatnya Proklamasi, Indonesia akan mendapatkan kebebasan dalam menentukan nasibnya. Selain itu, dapat menjadikan negara Indonesia sejajar dengan negara yang lainnya.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia di laksanakan pada tahun 1945 tepatnya tanggal 17 Agustus. Proklamasi ini dibacakan oleh presiden pertama kita, yaitu Ir. Soekarno. Pada pembacaan teks proklamasi, Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta. Kegiatan ini dilaksanakan di sebuah kediaman Soekarno (Jalan Pegangsaan Timur, Nomor 56, Jakarta). Adapun isi dari teks proklamasi tersebut adalah sebagai berikut:

PROKLAMASI

ㅤㅤKami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

ㅤㅤHal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain. Di selenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

ㅤJakarta, 17 Agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta

teks proklamasi

Nah demikian merupakan pembahasan apa yang dimaksud proklamasi. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kalian.

READ  Apa Yang Dimaksud Dengan (2nd)