Apakah yang dimaksud teknik heading dalam permainan sepak bola

Yang dimaksud teknik heading dalam permianan sepak bola adalah menanduk atau menyundul bola dengan menggunakan kepala untuk tujuan mencetak gol, menghalau bola, atau mengoper kepada teman.

Heading/Sundulan adalah teknik yang digunakan dalam sepak bola  untuk mengontrol bola menggunakan kepala untuk mengoper, menembak, atau membersihkan. Ini bisa dilakukan dengan posisi berdiri, melompat atau menyelam. Heading adalah teknik yang umum dan digunakan oleh pemain di hampir setiap pertandingan.

Secara umum, seorang penyerang menggunakan heading/sundulan untuk mencetak gol sedangkan pemain bertahan biasanya menggunakan sundulan untuk mencegah terciptanya gol oleh lawan. Sebuah sundulan adalah satu-satunya pilihan saat bola di udara, karena aturan bahwa pemain tidak dapat melakukan kontak dengan bola menggunakan tangan mereka. Sebagian besar gol sundulan dicetak sebagai hasil dari umpan silang atau tendangan sudut. Playmaker mengoper bola melintasi gawang di udara, dan pemain penyerang (baik berdiri, melompat atau posisi menyelam) memukul bola dengan kepalanya.

teknik heading dalam permainan sepak bola

teknik heading dalam permainan sepak bola

Pesepakbola seperti Marco van Basten, Fernando Torres, Cristiano Ronaldo, Andy Carroll, Didier Drogba, Alvaro Morata, Harry Kane, Olivier Giroud, Gareth Bale, Javier Hernandez, Sergio Ramos, Peter Crouch, Giorgio Chiellini, Ali Daei dan Abby Wambach  adalah beberapa di antaranya. contoh pemain yang terkenal dengan kualitas headernya.

Teknik heading adalah gerakan menyundul bola atau menanduk bola dengan menggunkan kepala. Tujuan dari teknik menyundul bola adalah utnuk mencetak gol, menghalau bola, atau mengoper bola kepada teman. Dalam permainan sepak bola, teknik heading terdapat dua macam, yakni jump heading atau heading dengan melompat dan drive heading.

Jump heading adalah  gerakan melompat keatas untuk menyundul bola. Sedangkan drive heading adalah gerakan terjun kebawah untuk menyundul bola atau gerakan menyundul bola dengan menjatuhkan badan.

heading

Robin van Persie mencetak gol penyeimbang dalam penyisihan Grup B Piala Dunia antara Belanda dan Spanyol di Brasil, 14 juni 2014. AP/Christophe Ena

Melakukan gerakan heading merupakan hal yang sulit dan membutuhkan latihan-latihan khusus. Berikut merupakan cara melakukan teknik heading dala sepak bola.

  1. Berdiri sejajar dengan bola. Posisi badan bersiap melakukan lompatan.
  2. Saat bola mendekat, lakukan gerakan melompat kearah bola dengan mata tetap terbuka.
  3. Sundul bola sebisa mungkin dengan menggunakan dahi. Menyundul bola dengan cara mendorong kepala kedepan menggunakan otot leher.
  4. Arahkan kepala untuk mengarahkan bola kearah yang diinginkan.
Bagikan :
READ  Bedanya SSD dan HDD

Baca Juga :