fungsi lembaga sosial secara umum

Bagaimana fungsi lembaga sosial secara umum?

Tahukah anda bagaimana fungsi dari lembaga sosial secara umum? Jika anda belum mengetahui bagaimana fungsi lembaga sosial secara umum, kamu bisa membaca beberapa pembahasan berikut ini.

Lembaga sosial adalah lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Lembaga sosial terbagi menjadi 5 jenis, yaitu lembaga keluarga, agama, ekonomi, pendidikan, dan politik.

Fungsi lembaga sosial secara umum, diantaranya yaitu :

  1. Lembaga sosial berfungsi sebagai pemberi pedoman bagi anggota-anggota masyarakat guna menyikapi dan menghadapi berbagai jenis masalah kehidupan agar tidak menimbulkan penyimpangan yang meresahkan masyarakat.
  2. Lembaga sosial berfungsi untuk mengatur berbagai aktivitas anggota masyarakat, sehingga terwujud kehidupan yang serasi, harmonis, dan terciptanya integrasi dalam masyarakat.
  3. Lembaga sosial berfungsi sebagai kontrol sosial untuk pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota masyarakatnya.

Fungsi lembaga sosial yaitu sebagai sebuah pedoman masyarakat dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas di kehidupan sehari-harinya. Tak hanya itu, lembaga sosial juga berfungsi untuk menyatukan individu-individu yang berada di lingkungan kehidupan masyarakat.

Lembaga sosial biasanya dijadikan sebagai sarana belajar sekaligus sebagai penegak berbagai macam tindakan yang dilakukan masyarakat. Selain itu, lembaga sosial juga sebaga wadah atau tempat bersatunya masyarakat yang ada di sekitar lembaga sosial tersebut.