Cara Menghapus Akun Twitter

Cara Menghapus Akun Twitter Permanen

Ingin menghapus akun Twitter Anda? Anda mungkin mencari cara menghapus akun Twitter Anda karena sejumlah alasan, misalnya, Anda tidak ingin menggunakan platform lagi, Anda ingin memulai akun dari awal, atau Anda menutup akun bisnis.

Bergantung pada alasan Anda menghapus akun, Anda mungkin ingin menyelesaikan sesuatu secepat mungkin. Untungnya, Twitter memungkinkan Anda untuk menghapus akun Anda dalam beberapa langkah sederhana. Meskipun ada periode penonaktifan 30 hari, akun Anda tidak akan terlihat lagi (sebagian besar) selama waktu tersebut.

Dalam posting ini, kami mengungkapkan dengan tepat cara menghapus akun Twitter Anda. Kami juga menjelaskan beberapa tindakan pencegahan yang mungkin ingin Anda ambil untuk memastikan semua informasi Anda dihapus secara permanen, dan menawarkan alternatif penghapusan akun yang mungkin lebih sesuai untuk beberapa pengguna.

Yang Harus Dilakukan Sebelum Menghapus Akun Twitter

cara menghapus akun twitter

Sebelum Anda melanjutkan dan menghapus akun twitter Anda, pastikan Anda melakukannya untuk alasan yang benar dan telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Kami akan membahas lebih detail di bawah ini, tetapi berikut adalah beberapa pertanyaan singkat yang harus dijawab sebelum Anda menonaktifkannya:

  • Apakah Anda ingin mengubah nama pengguna Anda? Jika demikian, Anda tidak perlu menghapus akun Anda dan memulai yang baru. Twitter memungkinkan Anda mengubah nama pengguna menjadi nama yang belum digunakan. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan pengikut Anda dan Anda dapat memilih apakah Anda ingin menyimpan salah satu atau semua Tweet Anda.
  • Apakah Anda berencana untuk membuat akun Twitter baru dengan nama pengguna atau alamat email yang sama yang terkait dengan akun Anda saat ini? Jika demikian, Anda harus melakukan ini sebelum menonaktifkan akun Anda .
  • Apakah Anda ingin menyimpan beberapa informasi di akun Twitter Anda? Dalam hal ini, Anda harus meminta data yang diarsipkan sebelum melanjutkan proses penonaktifan.
  • Apakah Anda hanya ingin menghapus banyak Tweet, tetapi tidak dapat menghadapi kerumitan menghapusnya satu per satu? Alih-alih menghapus akun Anda dan memulai dari awal, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti TweetDelete untuk menghapus Tweet Anda secara massal.

Cara menghapus akun Twitter Anda secara permanen

Untungnya, menghapus akun Anda hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Untuk menghapus akun Anda, Anda harus menonaktifkannya. Ini memberitahu Twitter bahwa Anda ingin menghapusnya.

Penonaktifan akan segera menghapus akun Anda (sehingga orang tidak akan melihat profil atau Tweet Anda di platform), tetapi penghapusan penuh tidak akan terjadi hingga 30 hari setelah penonaktifan. Berikut ini adalah cara menghapus akun twitter melaui browser maupun ponsel. 

Cara menghapus akun Twitter Anda dari browser web

Cara Menghapus Akun Twitter browser

Untuk cara menghapus akun twitter melalui PC atau browser sebenarnya cukup mudah anda bisa mengikuti langkah langkah berikut.

  1. Masuk ke akun Twitter Anda.
  2. Dari halaman utama, klik ikon menu tiga titik di bilah sisi kiri dan pilih Settings and privacy .
  3. Pilih Deactivate your account .
  4. Baca informasi dan klik Deactivate.
  5. Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi kata sandi Anda, lalu Anda dapat mengklik Deactivate sekali lagi.

Cara menghapus akun Twitter Anda di aplikasi seluler

Cara Menghapus Akun Twitter android

Cara menghapus akun twitter melalui smartphone hampir sama dengan cara menghapus akun twitter melalui website. Berikut adalah langkah langkah untuk menghapusnya.

  1. Masuk ke akun Twitter Anda melalui aplikasi seluler.
  2. Klik gambar profil Anda dan pilih Settings and privacy dari menu.
  3. Di bawah nama pengguna Anda, pilih Account.
  4. Klik Deactivate your account .
  5. Baca pesan dan pilih Deactivate .
  6. Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi Anda dan kemudian Anda dapat menekan Deactivate untuk terakhir kalinya.

Apa yang terjadi setelah saya menonaktifkan akun?

Setelah Anda mengonfirmasi penonaktifan akun, profil Twitter Anda dan informasi terkait lainnya tidak akan dapat diakses lagi melalui platform. Namun, dibutuhkan waktu hingga 30 hari bagi Twitter untuk memulai proses penghapusan akun Anda. Penghapusan akun penuh dapat memakan waktu hingga satu minggu tambahan.

Dalam periode 30 hari, Anda dapat mengaktifkan kembali akun Anda kapan saja hanya dengan masuk dan mengonfirmasi pengaktifan kembali. Ini adalah kabar baik bagi siapa saja yang telah menonaktifkan akun mereka karena kesalahan atau berubah pikiran beberapa hari atau minggu setelah menutup akun mereka.

Namun, ini berarti nama pengguna dan alamat email Anda akan tetap terikat pada akun tersebut selama 30 hari tersebut, sehingga Anda tidak dapat menggunakannya di akun lain.

Apakah Tweet saya akan tetap terlihat?

Perhatikan bahwa beberapa profil dan Tweet mungkin masih muncul secara online di mesin telusur atau arsip internet.

Mesin pencari

Tweet yang dihapus atau Tweet dari akun yang dinonaktifkan atau dihapus dapat muncul di hasil pencarian untuk beberapa waktu (sampai halaman tersebut di-crawl ulang). Jika ada tautan ke profil dan Tweet yang dihapus, mengekliknya akan membawa Anda ke halaman kesalahan, tetapi kontennya masih dapat terlihat di halaman hasil mesin pencari itu sendiri.

Jika Anda benar-benar ingin menghapus konten tertentu, Anda dapat meminta Google menghapus Tweet tertentu:

  1. Masuk ke akun Google Anda (atau buat akun).
  2. Salin URL Twitter yang ingin Anda hapus.
  3. Buka halaman “Remove outdated content” Google.
  4. Tempelkan URL Twitter yang Anda salin sebelumnya.
  5. Klik tombol REQUEST REMOVAL yang berwarna merah .

Bing dan Yahoo menawarkan layanan serupa untuk menghapus URL tertentu. Perhatikan bahwa Anda hanya dapat meminta penghapusan URL yang sudah tidak ada lagi. Jadi misalnya, Anda tidak dapat meminta agar Tweet dihapus jika masih ada di platform Twitter.

Arsip internet

Anda juga dapat melihat beberapa tweet lama melalui layanan arsip internet. Misalnya, Library of Congress biasanya mengarsipkan setiap Tweet, tetapi menghentikan praktiknya pada tahun 2017. Wayback Machine adalah layanan lain yang menyimpan Tweet; perusahaan tidak mengungkapkan dengan tepat bagaimana memutuskan halaman Twitter mana yang akan diarsipkan, tetapi direktur Wayback Machine Mark Graham mengatakan:

“Jadi kami mengarsipkan beberapa tweet tidak semuanya dan bahkan tidak hampir sebagian besar ​​tetapi kami mengarsipkan puluhan juta tweet setiap minggu, dan kami mengarsipkannya dari berbagai sumber.”

Ketika ditanya apakah Tweet Donald Trump disimpan secara otomatis, jawaban Graham adalah “Cukup banyak. Itu hal yang mudah.”

Tapi, mari kita hadapi itu, kecuali Anda seorang selebriti, politisi, atau tokoh publik lainnya, Wayback Machine tidak mungkin menyimpan Tweet Anda secara default. Yang mengatakan, itu memang menawarkan fitur yang disebut Simpan Halaman Sekarang, yang memungkinkan pengguna mengarsipkan URL tertentu. 

Melalui metode ini, sangat mungkin satu atau beberapa Tweet Anda berakhir di arsip. Setelah mereka ada di sana, menghapusnya sulit karena Wayback Machine hanya menerima permintaan penghapusan dari pemilik domain.

Bagaimana cara mengubah nama pengguna atau memindahkannya ke akun lain?

Jika Anda ingin mengubah nama pengguna pada akun Anda yang ada, Anda cukup mengklik ikon menu tiga titik di halaman akun utama Anda, buka Settings and privacy > Account > Login and security , dan ubah nama pengguna Anda.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin menggunakan nama pengguna yang ada di akun lain? Anda mungkin berasumsi bahwa menonaktifkan akun Anda akan segera membebaskan nama pengguna Anda untuk digunakan di tempat lain. Tapi ini tidak terjadi. Nama pengguna pada akun yang dinonaktifkan akan tetap tidak tersedia selama 30 hari (sampai akun sepenuhnya dihapus).

Sebagai gantinya, Anda harus mengubah nama pengguna di akun yang ada untuk membebaskan nama pengguna yang ingin Anda gunakan. Kemudian ubah nama pengguna akun kedua menjadi yang baru saja Anda bebaskan. Anda harus melakukan perubahan secepat mungkin karena setelah nama pengguna dibebaskan, siapa pun dapat mengambilnya.

Anda harus melakukan peralihan serupa jika Anda ingin menggunakan alamat email tertentu di akun lain (karena Twitter hanya mengizinkan satu akun per alamat email). Meskipun, jika Anda pengguna Gmail, ada cara untuk mengatasinya.

Gmail tidak mengenali titik di alamat email, tetapi Twitter mengenalinya. Jadi Anda dapat menambahkan alamat email yang sama tetapi menyertakan titik acak. Twitter akan mengenalinya sebagai alamat email baru, tetapi kenyataannya, Anda akan memiliki beberapa profil Twitter yang ditautkan ke akun email yang sama.

[email protected]

[email protected]

[email protected]

Misalnya, ketiga alamat email di atas semuanya terlihat sama di Gmail tetapi berbeda dengan Twitter.

Bagaimana cara menyimpan data saya sebelum saya menghapus akun saya?

Saat Anda menghapus akun Twitter Anda, kemungkinan besar Anda mungkin ingin menyimpan beberapa data yang tersimpan di platform. Twitter mempermudah pengunduhan semua data Anda, termasuk Tweet, media, dan pesan.

Berikut cara menyimpan data Twitter Anda:

  1. Buka ikon menu tiga titik dan pilih Settings and privacy .
  2. Di bawah Data and permissions , klik Your Twitter data .
  3. Masukkan kata sandi Anda dan pilih Confirm.
  4. Kemudian klik tombol Request archive di sebelah Twitter. Ada juga opsi untuk meminta data Periscope yang akan mengarahkan Anda ke akun Periscope Anda (jika ada).
  5. Setelah data Anda siap, Anda akan menerima pemberitahuan di Twitter serta email dengan tautan. Sekarang, ketika Anda masuk ke Your Twitter data , seharusnya ada tombol Download archive. Klik ini untuk mengunduh data Anda.

Bagaimana jika saya hanya ingin menghapus semua Tweet saya?

Alih-alih menghapus seluruh akun Anda, Anda mungkin hanya ingin menghapus Tweet Anda. Salah satu metode adalah melalui dan menghapusnya satu per satu. Untuk melakukannya, klik panah tarik-turun di sudut kanan atas Tweet dan pilih Delete.

Tentu saja, tergantung pada berapa banyak yang ingin Anda hapus, ini bisa sangat membosankan (dan memicu terowongan karpal). Sebagai gantinya, Anda mungkin merasa terbantu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TweetDelete atau TweetEraser.

Versi gratis TweetDelete memungkinkan Anda menghapus hingga 3.200 Tweet sekaligus dan Anda dapat memutuskan seberapa jauh Anda ingin menghapusnya. TweetEraser dan TweetDelete versi berbayar keduanya menawarkan opsi untuk menghapus semua Tweet Anda sekaligus.

FAQ Seputar Cara Menghapus Akun Twitter

Apakah menonaktifkan Twitter sama dengan menghapus?

Menonaktifkan akun Anda akan menghapus akun Anda dari Twitter, tetapi tindakan tersebut dapat dibatalkan. Penonaktifan memberi sinyal ke Twitter bahwa Anda ingin menghapus akun Anda, tetapi proses penghapusan tidak akan dimulai hingga 30 hari setelah Anda menonaktifkannya. Penonaktifan dapat dibatalkan selama 30 hari tersebut, tetapi setelah akun Anda dihapus, akun tersebut tidak dapat dipulihkan.

Bisakah saya menghapus akun Twitter saya dan membuat akun baru dengan email yang sama?

Anda tidak diperbolehkan memiliki beberapa akun Twitter yang terkait dengan email yang sama. Tetapi Anda dapat mengubah alamat email yang terkait dengan akun yang ada. Saat Anda menonaktifkan akun, alamat email terkait tidak akan tersedia selama 30 hari. Jika Anda ingin segera membuat akun baru dengan email itu, cara terbaik Anda adalah mengubah email di akun yang akan Anda hapus sebelum Anda menonaktifkannya.

Bisakah saya menghapus akun Twitter saya dan memulai lagi?

Anda dapat memulai kembali di Twitter setelah menghapus akun Anda. Tetapi jika Anda ingin menggunakan nama pengguna atau alamat email yang sama, Anda harus beralih sebelum menghapus akun yang ada.

Apakah Anda kehilangan pengikut jika menonaktifkan Twitter?

Setelah anda mengikuti cara menghapus akun twitter, berubah hati dan ingin mengaktifkan kembali akun Anda? Selama periode penonaktifan 30 hari, pengikut Anda tetap tidak tersentuh. Jadi ketika Anda mengaktifkan kembali, kecuali seseorang telah secara aktif berhenti mengikuti Anda, nomor Anda harus sama. 

Meskipun demikian, Twitter mengakui bahwa jumlah pengikut dan pengikut dapat berfluktuasi dalam 24 jam pertama setelah pengaktifan kembali. Jika penghitungan belum sepenuhnya pulih dalam 48 jam, Anda harus menghubungi dukungan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan Twitter untuk menghapus akun yang tidak aktif?

Mencari akun lama Anda tetapi tidak dapat menemukannya? Twitter mungkin sudah menghapusnya. Platform ini mendorong pengguna untuk masuk secara teratur. Jika akun tetap tidak aktif selama enam bulan, Twitter dapat menghapusnya.

Bagaimana cara mengaktifkan kembali Twitter saya setelah dinonaktifkan?

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali akun Anda, semudah masuk dari perangkat apa pun. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mengaktifkan kembali akun Anda dan kemudian Anda dapat terus menggunakannya seperti biasa.

Mengapa saya masih dapat melihat Tweet yang dihapus?

Jika sebuah halaman dihapus atau diubah, perlu beberapa saat sebelum di-crawl ulang dan diperbarui oleh mesin telusur. Sementara itu, laman masih dapat muncul di hasil penelusuran. 

Misalnya, jika Anda melakukan pencarian Google untuk nama dan “twitter” Anda, beberapa Tweet Anda akan muncul di halaman hasil. Tweet ini dapat mencakup beberapa yang baru saja Anda hapus. Mengkliknya akan membawa Anda ke halaman kesalahan, tetapi kontennya masih terlihat di halaman hasil mesin pencari.

Seperti disebutkan di atas, Google, Yahoo, dan Bing memungkinkan Anda untuk meminta penghapusan URL inpidual dari halaman hasil masing-masing.

Jika Anda ingin menghindari hal ini terjadi sama sekali, Anda dapat menggunakan opsi Tweet yang dilindungi di dalam Twitter. Ini akan mencegah perayap mesin pencari mengindeks Tweet Anda, meskipun setiap pengikut baru sekarang harus meminta izin untuk melihat posting Anda.

Untuk mengubah Tweet Anda dari publik menjadi dilindungi, klik ikon menu tiga titik dan buka Settings and privacy > Privacy and safety . Di bawah Tweet , centang kotak di sebelah Protect your Tweets. .

Apa yang ditunjukkan oleh arsip Twitter kepada Anda?

Data arsip Anda akan datang dalam bentuk folder zip. Mengklik tautan Arsip Anda akan menampilkan dokumen HTML dengan antarmuka yang estetis mirip dengan platform Twitter itu sendiri. File ini menyimpan semua informasi akun Anda hingga saat arsip diminta.

Anda dapat melihat informasi akun, Tweet, suka, pesan langsung, akun yang diblokir dan dibisukan, data personalisasi, daftar, dan banyak lagi. Perhatikan bahwa file ini hanya untuk referensi dan tidak dapat digunakan sebagai cadangan untuk memulihkan data ke akun Anda.

Bisakah Anda memiliki 2 akun Twitter dengan email yang sama?

Tidak, Anda tidak dapat memiliki dua akun Twitter yang terkait dengan email atau nama pengguna yang sama. Untuk menggunakan email atau nama pengguna yang sama di akun lain, transfer terlebih dahulu, lalu nonaktifkan akun Anda yang sudah ada.

Bisakah Anda memiliki 2 akun Twitter dengan nomor telepon yang sama?

Ya, Anda dapat memiliki hingga 10 akun Twitter yang terkait dengan nomor telepon yang sama. Tetapi Anda hanya dapat memiliki satu nomor telepon yang terkait dengan setiap akun.

Bisakah Anda memulihkan akun Twitter yang dihapus setelah 30 hari?

Tidak, Anda harus membuat akun baru.

Semoga dengan artikel cara menghapus akun twitter ini, privasi anda dapat terjaga dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.