cara merasionalkan bentuk akar

Cara Merasionalkan Bentuk Akar

Tahukah kamu bagaimana cara merasionalkan bentuk akar? Jika kamu belum tahu cara merasionalkan bentuk akar, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang merasionalkan bentuk akar. Nah penasaran kan? Yuk kita simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Bentuk Akar?

Bentuk akar merupakan akar dari suatu bilangan rasional yang hasilnya adalah bilangan irasional. Bentuk akar adalah bentuk lain untuk menyatakan bilangan pangkat pecahan. Bilangan bentuk berada didalam tanda “√”, atau sering kita sebut dengan tanda akar.

Sifat Bentuk Akar

Sama halnya dengan bilangan berpangkat, bilangan bentuk akar juga mempunyai sifat tertentu. Sifat sifat ini dapat memudahkan kalian dalam mengerjakan operasi aljabar yang memiliki bentuk akar. Sifa sifart bentuk akar antara lainnya yaitu :

Cara Merasionalkan Bentuk Akar

Merasionalkan penyebit bentuk akar adalah cara membuat rasional penyebut pecahan yang merupakan bilangan irasional. Bilangan irasional disini merupakan bilangan yang merupakan bentuk akar. Bentuk akar pada penyebut pecahan. Penyebut yang berbentuk akar harus dirasionalkan. Cara merasionalkan penyebut pecahan adalah sebagai berikut:

Pecahan Bentuk 

Pecahan   (a adalah bentuk rasional dan √b adalah bentuk irasional atau bentuk akar) bagian penyebutnya dapat dirasionalkan dengan cara mengalikan pecahan tersebut dengan   sehigga pecahan menjadi seperti berikut ini :

Perlu diperhatikan bahwa dalam mengubah bilangan penyebut yang tadinya bentuk akar menjadi bentuk bilangan rasional dibutuhkan yang namanya bilangan pengali. Kunci utama dalam merasionalkan bilangan penyebut yaitu dengan menggunakan pecahan yang berbentuk akar secara umum bergantung pada bentuk penyebutnya.

Kalian dapat memperhatikan beberapa contoh yang kami sajikan berikut ini :


merasionalkan bentuk akar



Nah itulah pembahasan bagaimana cara merasionalkan bentuk akar dengan mudah. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda.