fungsi palisade

Fungsi Palisade Pada Daun

Tahukah kamu apa fungsi palisade pada daun? Jika kamu belum tahu apa fungsi palisade pada daun, yuk simak pembahasan pada artikel ini hingga selesai. Karena kami sudah merangkumnya khusus untuk anda.

Apa Fungsi Palisade?

fungsi palisade
Gambar Jaringan Palisade

Jaringan palisade adalah salah satu jaringan yang dimana juga sering disebut dengan jaringan tiang. Jaringan palisade ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Sebagai tepat terjadinya proses fotosintesis karena pada jaringan tersebut terdapat sel yang dimana mengandung banyak kloroplas. Kloroplas memiliki pigmen-pigmen fotosintesis seperti klorofil atau pigmen hijau untuk dapat menyerap radiasi matahari. Energi dari radiasi matahari dan beberapa komponen seperti air dan karbon dioksida dimanfaatkan untuk membuat senyawa organik berupa karbohidrat yang dimana akan menjadi makanan bagi tumbuhan. Jaringan tiang pada daun dikenal juga sebagai parenkim asimilasi dan parenkim pagar.
  • Sebagai bagian dari jaringan mesofil yang tersusun atas sel-sel parenkim yang dimana berfungsi sebagai pengisi utama lapisan sel dalam daun
  • Berkaitan dengan proses transpirasi. Dalam proses transpirasi, air yang menguap ke luar dari dinding sel-sel parenkim jaringan tiang menuju ke ruang interseluler.

Ciri-ciri Jaringan Palisade

Jaringan palisade ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  • Memiliki bentuk yang memanjang
  • Memiliki bagian sel yang dimana tersusun rapat sehingga sel tersebut dapat memisahkan ruang antar sel jaringan dan juga sel spons
  • Memiliki susunan satu lapis sel saja
  • Memiliki kandungan sel dalam jumlah yang cukup besar

Nah itulah pembahasan terkait dengan apa fungsi palisade pada daun. Kami harap artikel materi jaringan palisade ini dapat bermanfaat untuk kamu.