Jenis-Jenis Penutup Kolam Renang (Pool Cover) Terpopuler

Simak tulisan menarik dari kami tentang Jenis Cover Penutup Kolam Renang Untuk Menjaga Kebersihan Kolam anda di rumah.

Saat merancang dan membuat sebuah kolam renang, penutup kolam renang sering kali dilupakan atau bahkan sengaja ditinggalkan.

Padahal penutup kolam renang memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu menjaga kebersihan kolam dari daun, kotoran, maupun debu yang jatuh dari atas kolam.

Dengan adanya penutup kolam renang, perawatan kebersihan kolam renang tentunya dapat Anda lakukan dengan lebih mudah.

Jenis Cover Penutup Kolam Berdasarkan Metode Instalasi

Berdasarkan instalasinya, penutup cover kolam renang dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu otomatis, semi otomatis, dan konvensional.

Pada penutup konvensional, instalasi masih dilakukan secara manual. Sedangkan pada penutup otomatis dan semi otomatis, instalasi penutup dilakukan dengan menggunakan rel.

Bedanya, pada penutup otomatis, cover dapat tergulung sendiri dengan sistem, sedangkan pada penutup semi-otomatis, untuk membentangkan cover masih dilakukan dengan bantuan orang.

Jenis Material untuk Cover Kolam Renang Terpopuler

Sementara itu, berdasarkan bahan-bahannya, penutup kolam renang dibedakan sebagai berikut.

1. Tenda

metrocanopy.co.id

Tenda adalah jenis penutup kolam renang yang paling banyak digunakan karena harganya yang relatif murah. Biasanya, model penutup tenda masih dilakukan dengan manual. Meskipun dilakukan dengan manual, menggunakan penutup berupa tenda memiliki kelebihan tersendiri.

Dengan menggunakan penutup model ini, kegiatan berenang tetap dapat Anda lakukan, karena biasanya penutup kolam renang disertai dengan penyangga. Akan tetapi, karena instalasi masih manual, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk lepas pasang penutup kolam renang satu ini.

2. Jaring (net)

Jenis penutup kedua adalah jaring. Penutup model jaring ini banyak digunakan di negara-negara Eropa maupun Amerika. Penutup jenis ini biasanya berupa jaring-jaring. Oleh karena itu, kotoran berupa daun-daun yang jatuh dari atas tidak akan dapat mengotori kolam renang Anda.

3. Papan

Dari jenis-jenis penutup kolam renang yang disebutkan, penutup dengan model papan adalah jenis penutup yang akan membuat Anda merogoh gocek cukup dalam untuk instalasinya. Penutup degan bahan papan belum begitu banyak diterapkan di Indonesia.

Penutup model papan biasanya digerakkan dengan sistem robotik yang sangat memudahkan untuk Anda, karena Anda tidak akan dipusingkan mengenai instalasi dan sebagainya.

Dengan sistem ini, Anda dapat melakukan pengaturan kapan harus terbuka dan tertutup. Umumnya, penutup akan dibuka pada pagi hari, sedangkan pada siang yang terik serta malam hari akan ditutup.

Selain itu, untuk instalasi, sebaiknya Anda menyerahkannya pada jasa konstruksi kolam renang yang sudah berpengalaman, karena pengerjaan penutup jenis ini memerlukan keahlian tersendiri.

4. Solar

Jenis penutup kolam renang selanjutnya adalah solar. Solar merupakan bahan plastik yang sangat tipis dengan kualitas tinggi.

Penutup jenis ini dapat menyerap sinar matahari 5 hingga 15 persen serta melindungi dari sinar ultraviolet. Untuk aplikasinya, Anda dapat memilih antara otomatis, semi otomatis, atau bahkan manual.

5. Vinyl

Material vinyl memiliki warna lebih gelap serta lebih padat. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan bahan solar, vinyl cenderung lebih berat. Kemampuan untuk menyerap sinar matahari pada material vinyl adalah 20 hingga 40 persen.

Pilih Sesuai Budget Anda

Itulah jenis-jenis penutup kolam renang yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk menjaga kolam renang Anda agar tetap bersih.

Dengan melakukan instalasi penutup kolam renang, tentu saja Anda dapat mengehemat biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa perawatan kolam renang.

Apabila Anda ingin melakukan instalasi cover kolam renang, Anda dapat menggunakan jasa idealpools.id. Konstruksi berpengalaman satu ini tidak hanya akan membantu pembuatan kolam renang dan seluk beluknya, melainkan juga perawatan dan juga renovasi.


Baca Juga :


Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: