7 Jenis Tanaman Hias Gantung Ini Layak Dipajang di Rumah, Eksotik dan Menyejukkan!

7 Jenis Tanaman Hias Gantung Ini Layak Dipajang di Rumah, Eksotik dan Menyejukkan!

Tanaman hias gantung memiliki pesona sendiri. Tanaman ini juga mampu membuat rumah terlihat lebih indah dan juga menarik karena memiliki tata letak dan varian yang berbeda. Di perumahan yang tipenya minimalis, tanaman hias ini sering menjadi pilihan karena tidak memerlukan banyak tempat saat pengaplikasiannya. Rumah minimalis dengan tanaman gantung ini juga terlihat lebih asri dan menarik dibandingkan dengan rumah polos tanpa tanaman apapun.

Tidak semua jenis bunga ini bisa ditanam di dalam pot gantung. Bunga hias dengan batang tinggi dan kuat ini tentu tidak bisa ditanam dengan cara menggantung karena pertumbuhannya bisa terhambat.

Jenis Tanaman Hias Gantung Untuk Rumah Anda

Ada beberapa jenis tanaman hias gantung yang dipercaya bisa membuat tampilan rumah atau halaman rumah Anda terlihat lebih menarik seperti berikut ini:

1. Philodendron Scandens Medio Pictum

Philodendron Scandens Medio Pictum

Merupakan tanaman hias gantung daun yang paling direkomendasikan oleh desainer pertamanan. Nama tanamannya adalah sirih belanda variegata. Sirih belanda merupakan jenis philodendron, dengan nama ilmiah Philodendron Scandens Medio Pictum.

Tanaman ini juga sering disebut dengan Flame Leaved Heart Plant. Sekilas tanaman ini sangat mirip dengan Philodendron epipremnum aureum namun keduanya ini berbeda terlihat dari warna dan juga garis di daun.

2. Carnosa Compacta

Carnosa Compacta

Dari bentuknya, tanaman gantung Carnosa Compacta ini tergolong unik mirip plastik menjuntai. Karena hal tersebutlah tanaman gantung ini digemari. Yang menarik adalah tanaman ini dibanderol dengan harga relatif murah dan terjangkau dimana harganya dalam kisaran 100 ribu sampai dengan 150 ribu. Bentuknya yang menawan membuat bunga ini tidak terlihat murahan.

4. Peperomia Prostata

Merupakan tanaman gantung berasal dari Brazil dimana termasuk dalam famili piperaceae dimana saat ini justru berkembang di Belanda dan juga Hongkong. Karakteristik paling kas dari tanaman ini adalah menyukai hidup di bawah naungan. Tanaman ini juga tidak bisa terkena sinar matahari langsung sehingga cocok ditempatkan di teras rumah.

5. Tali Hati

Tidak ada yang membahagiakan selain melihat bunga-bunga bermekaran di dalam rumah. Hal itulah yang sering dijadikan alasan mengapa pecinta tanaman hias selalu bertambah. Salah satu jenis tanaman hias gantung yang menjadi idola adalah Tali Hati. Tali Hati ini memiliki nama latin Ceropegia Woodii. Yang membuat tanaman hias ini digemari adalah bentuknya yang manis dan perawatannya yang relatif mudah. Tanaman hias ini juga tahan naungan sehingga sangat pas ketika digantung.

Karena bentuknya yang eksotik tidak mengherankan jika tanaman satu ini dibanderol dengan harga yang mahal yaitu mulai dari 800 ribu rupiah. Warna dari bunga ini beragam ada merah muda, perak, dan juga original.

6. Hoya Carnosa Variegata

Jenis bunga gantung hias satu ini sangat digemari. Menjadi salah satu spesies hoya asli dimana sekitar 200 spesies ini ada di Asia Timur, Austria dan jua kepulauan Pasifik. Tanaman ini sering dibudidayakan dan tumbuhnya merambat ke pohon dan batu di hutan subtropis. Bunga gantung Hoya Carnosa Variegata menjadi spesies tanaman bunga dengan tingkat penghapusan kontaminan tertinggi.

Bunga ini mampu menghapus sejumlah senyawa organik yang mudah menguap dalam rumah tangga atau kantor seperti benzema, toluene, oktan alpha-pinene, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu tidak mengherankan selain bunga ini memiliki kecantikan yang luar biasa  bunga ini juga multi manfaat.

Yang harus Anda perhatikan adalah bunga ini tidak akan mekar jika tidak cukup sinar matahari. Jangan memetik bunga mati atau memangkas bunga dari batang yang masih berdaun setelah mekar.  Bunga ini akan menghadap ke cahaya yang lebih terang. Jangan mengubah posisi tanaman yang sedang kuncup karena hal ini bisa membatalkan proses pemekaran.

7. Spider Plant

Memiliki nama latin Chlorophytum comosum namun lebih familiar dikenal dengan Spider Plant. Tanaman ini aslinya berasal dari Afrika Selatan namun mudah dibudidayakan dimana saja. Di Indonesia tanaman ini akan sangat mudah untuk Anda jumpai karena sering dijadikan sebagai tanaman hias gantung favorit di depan rumah.

Karakteristik tanaman ini adalah daunnya yang panjang dan rimbun serta tersedia dalam warna hijau atau warna  hijau dengan strip kuning atau putih. Batangnya yang panjang ini sebenarnya kokoh dan juga ditumbuhi oleh bunga berwarna putih.

Secara fisik Spider Plant ini memiliki daun yang panjang dengan ujung yang meruncing. Panjang dari tanaman ini pun bervariasi antara 20 cm sampai dengan 40 cm. Meski bisa dibiarkan tumbuh di atas tanah namun tanaman ini jauh lebih subur jika ditempatkan di dalam pot yang menggantung. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dalam cahaya terang yang tidak langsung menjurus ke tanaman tersebut. Saat siang hari cahaya matahari langsung ini akan membuat daun tanaman tersebut terbakar bahkan layu.

8. Philodendron Epipremnum Aureum

Tanaman hias ini dikenal dengan istilah sirih-sirihan atau sirih gading kuning gantung. Jenis ini merupakan tanaman hias gantung favorit para pecinta bunga. Tumbuhnya menjuntai, jika subur daun tanaman ini akan sangat lebat dan akan membuat rumah terlihat lebih indah.

Jangan sampai salah dalam memilih tanaman hias gantung karena pemilihan yang salah hanya akan membuat tanaman Anda tidak dapat tumbuh dengan baik dan justru membuat tampilan rumah terlihat menjadi aneh, semoga beberapa informasi tentang tanaman hias paling eksotik di atas bermanfaat untuk Anda. Silahkan simak tulisan menarik lainnya di blog matob ini.

artikel ini disponsori oleh Fal Florist Surabaya. Fal Florist merupakan pusat karangan bunga surabaya berkualitas: Toko Bunga Papan – Karangan Bunga Duka Cita – Krans Bunga Duka – Standing Flower – Buket. Kunjungi website https://falfloristsurabaya.com/ untuk informasi resminya.