letak astronomis dan geografis indonesia

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Tahukah kamu letak astronomis dan geografis Indonesia? Jika belum tahu letak astronomis dan letak geografis indonesia berikut ini merupakan beberapa pembahasan yang sudah kami rangkum untuk anda. Yuk simak selengkapnya.

Letak Astronomis dan Geografis Negara Indonesia

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Berikut adalah letak astronomis dan geografis Indonesia:

  1. LETAK ASTRONOMIS: Indonesia berada pada  6° LU [Lintang Utara] – 11° LS [Lintang Selatan] & 95° BT [Bujur Timur] – 141° BT [Bujur Timur].
  2. LETAK GEOGRAFIS: Indonesia terletak pada posisi silang di mana diapit oleh dua benua dan juga dua samudera. Indonesia berada di antara benua asia dan benua Australia sekaligus terletak di antara samudera hindia dan samudera pasifik.

Yang dimaksud dengan letak astronomis adalah letak suatu wilayah yang berdasar pada garis lintang juga garis bujur. Letak astronomis memberi pengaruh banyak pada kondisi suatu wilayah. Letak astronomis Indonesia sendiri memberikan pengaruh sebagai berikut:

  1. Curah hujan cenderung tinggi
  2. Mendapat cahaya matahari di sepanjang tahun
  3. Tingkat kelembaban udara yang tinggi
  4. Kondisi tersebut di atas membuat tanah Indonesia subur, banyak hutan hujan tropis dan lain lain.

Adapun secara geografis, Indonesia juga berada pada letak yang sangat strategis sebab berada pada jalur pedagangan internasional berbasis pelayaran. Selain itu, berkat letak geografis ini, Indonesia memiliki dua musim yakni kemarau dan penghujan. Kedua musim ini juga turut mendukung kekayaan alam Indonesia termasuk kesuburan tanah yang mendukung kegiatan agraris.