pengertian dan langkah langkah metode ilmiah

Pengertian dan Langkah Langkah Metode Ilmiah

Tahukah kalian apa pengertian metode ilmiah dan langkah langkah metode ilmiah? Jika kaliam belum tahu apa pengertian metode ilmiah dan langkah langkah metode ilmiah, maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang apa itu metode ilmiah dan langkah langkahnya.

Pengertian Metode Ilmiah

pengertian dan langkah langkah metode ilmiah

Ilmu ilmiah saat ini sudah banyak menjawab berbagai permasalahan yang berdasrkan riset dan penalaran akal sehat. Riset dan eksperimen harus dilakukan secara logis dan sistematis (berurutan). Maka dari itu sangat diperlukan sebuah metode standar dalam melaksanakannya maka digunakanlah sebuah metode ilmiah. Metode ilmiah adalah suatu prosedur pemecahan masalah dengan menggunakan langkah yang sudah tersusun secara sistematis. Langkah-langkah tersebut dilakukan melalui konsep dasar berpikir secara ilmiah yaitu konseptual, empiris, logis dan analitis.

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Berikut ini merupakan langkah langkah metode ilmiah yang bisa dilakukan untuk memulai suatu penelitian.

1. Identifikasi Masalah

Metode Ilmiah diawali dengan identifikasi masalah yaitu dengan cara mengamati lingkungan yang ada disekitar atau juga bisa dilakukan dengan mengidentifikasi masalah melalui buku ataupun artikel yang kalian baca. Maka dari itu sebuah identifikasi masalah sangatlah penting dilakukan sebelum memulai sebuah riset atau penelitian. Untuk menerapkan hal tersebut berikut adalah langkah langkah metode ilmiah.

2. Perumusan Masalah

Pada saat mengidentifikasi masalah langkah selanjutnya yaitu merumuskan masalah. Perumusan masalah sangat erat kaitannya dengan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian. Ada beberapa hal yang memang sangat harus diperhatikan dalam merumuskan masalah antara lainnya yaitu

  • Merumuskan masalah dengan kalimat pertanyaan yang ingin kamu jawab didalam penelitian
  • Rumusan masalah dibuat harus bisa diuji dan diobservasi dengan tujuan menjawab pertanyaan tersebut
  • Kalimat pertanyaan haruslah jelas dan mudah untuk dimengerti
READ  Arti Semboyan Bhineka Tunggal Ika

3. Penyusunan Dasar Teori

Selanjutnya setelah perumusan masalah, kalian harus melakukan penyusunan dasar teori untuk penelitian. Caranya yaitu dengan mengkaji berbagai literasi seperti membaca jurnal, menganalisis

4. Pembuatan Hipotesis

Setelah menyusun landasan teori, selanjutnya kalian dapat membuat hipotesis (dugaan sementara) atas rumusan masalah yang sudah kalian buat. Hipotesis yang dibuat harus berdasar dengan dasar teori yang kalian pilih dan memiliki sifat yang objektif (terukur)

5. Penetapan Variabel Penelitian

Variabel penelitian adalah faktor yang sangat menentukan sebuah validitas dari hasil penelitian yang dilakukan. Variabel memiliki tiga jenis yaiut variabel terikat, variabel kontrol dan variabel bebas.

6. Penetapan Prosedur Kerja

Prosedur kerja yaitu langkah langkah kerja yang runtut dan terperinci. Urutan prosedur kerja dibuat secara ringkas dan juga dapat menggambarkan secara mudah tentang pekerjaan yang akan dilakukan. Dengan ini akan mudah dalam pelaksanaannya, alangkah baiknya prosedur kerja dibuat dengan menggunakan diagram alir.

7. Pengujian Hipotesis

Bagaimana cara kita mengetahui hipotesis yang dibuat sudah benar atau masih kurang? Cara untuk mengetahui hal tersebut yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis. Contohnya yaitu melakukan uji coba di laboratorium, observasi secara langsung atau juga dengan melakukan survey. Kalian juga dapat menyiapkan tabel data (tally sheet) pengamatan sebelum melakukan uji hipotesis agar dapat memudahkan dalam pencatatan data.

8. Pengolahan dan Analisis Data

Setelah mendapatkan data pada uji hipotesis selanjutnya yaitu mengolah dan mengubah data mentah menjadi data matang yang diolah dan diubah ke dalam bentuk tabel, grafik ataupun diagram. Dalam menganalisis data kalian harus menghubungkannya dengan landasan teori yang sudah dijadikan rujukan dalam peneltiian

9. Membuat Kesimpulan

Hasil dari analisis data dapat menghasilkan sebuah pola ataupun kecenderungan. Pola ini bisa dijadikan sebagai landasan untuk membuat sebuah kesimpulan. Kesimpulan merupakan pernyataan yang berisi rangkuman apa yang sudah dilakukan didalam kegiatan penelitian. Dalam menentukan dan membuat kesimpulan kalian harus memutuskan apakah data yang terkumpul sudah mendukung hipotesis atau belum.

READ  Pengertian Kewirausahaan

10. Publikasi

Setelah didapat sebuah kesimpulan dari hasil peneltiian, kalian dapat melakukan publikasi ke dalam bentuk tulisan laporan ilmiah dan juga bisa dipublikasikan secara langsung dengan cara presentasi di dalam forum forum ilmiah.

Nah demikian merupakan langkah langkah metode ilmiah yang bisa kalian lakukan untuk memulai suatu peneltian. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda untuk memandu anda dalam peneltian.