Perbedaan Antara Asteroid dan Meteorit

Perbedaan Antara Asteroid dan Meteorit

Perbedaan antara asteroid dan meteorit terletak pada penamaannya. Asteroid berada di luar angkasa, tetapi ketika memasuki atmosfer dan mencapai permukaan planet , kita menyebutnya meteorit .

Meteor, meteoroid, meteorit, dan asteroid adalah benda-benda yang berasal dari luar angkasa. Asteroid adalah benda berbatu besar yang mengorbit Matahari sedangkan meteoroid adalah benda kecil yang mengorbit Matahari. Ketika asteroid atau meteoroid memasuki atmosfer planet, kita menyebutnya meteor . Apalagi ketika memasuki atmosfer dan mencapai permukaan planet, kita menyebutnya meteorit .

Tabel Perbedaan Asteroid vs Meteorit

Asteroid Meteorit
Asteroid adalah benda besar berbatu luar angkasa yang mengorbit matahari Meteorit adalah puing-puing padat dari komet, asteroid, atau meteoroid yang berasal dari luar angkasa dan bertahan melewati atmosfer untuk mencapai permukaan planet.
Asteroid tetap berada di luar angkasa Meteorit berhasil menembus atmosfir dan mencapai permukaan planet

Apa itu Asteroid

Asteroid adalah benda berbatu besar yang mengorbit Matahari. Mereka lebih kecil dari planet tetapi lebih besar dari meteoroid, yang biasanya berukuran kerikil. Tata surya kita memiliki jutaan asteroid. Kebanyakan asteroid di tata surya berada di sabuk asteroid utama, di antara dua planet Mars dan Jupiter. Tetapi beberapa asteroid juga ditemukan di lokasi lain. Misalnya, beberapa asteroid mengorbit Matahari di jalur yang mendekatkan mereka ke Bumi.

Perbedaan Antara Asteroid dan Meteorit

Terkadang, kita menyebut asteroid sebagai planet minor atau planetoid , tetapi asteroid adalah benda berbatu yang tidak memiliki atmosfer. Namun, beberapa asteroid memiliki bulannya sendiri. Ukuran asteroid bisa berkisar dari beberapa meter hingga ratusan kilometer. Asteroid Ceres adalah asteroid terbesar, dengan diameter sekitar 952 km. Sangat besar sehingga terkadang dikategorikan sebagai planet kerdil.

Kebanyakan asteroid tersusun dari bebatuan, tetapi jika kita melihat komposisinya dengan cermat, kita dapat mencatat logam, terutama nikel dan besi. NASA menyatakan bahwa sebagian kecil asteroid mungkin merupakan komet terbakar yang esnya telah menguap dan terlempar ke luar angkasa.

Apa itu Meteorit

Meteorit adalah puing-puing padat dari komet, asteroid, atau meteoroid yang berasal dari luar angkasa dan bertahan melewati atmosfer untuk mencapai permukaan planet. Ketika benda, yaitu asteroid, komet, dll., Memasuki atmosfer, faktor-faktor seperti tekanan, gesekan, dan reaksi kimia dengan gas atmosfer menyebabkannya memanas dan memancarkan energi. Kemudian menjadi meteor dan membentuk bola api. Kami juga menyebutnya bintang jatuh atau bintang jatuh.

Apa itu Meteorit Meteorit adalah puing-puing padat dari komet, asteroid, atau meteoroid yang berasal dari luar angkasa dan bertahan melewati atmosfer untuk mencapai permukaan planet. Ketika benda, yaitu asteroid, komet, dll., Memasuki atmosfer, faktor-faktor seperti tekanan, gesekan, dan reaksi kimia dengan gas atmosfer menyebabkannya memanas dan memancarkan energi. Kemudian menjadi meteor dan membentuk bola api. Kami juga menyebutnya bintang jatuh atau bintang jatuh.

Secara tradisional, ada tiga kategori meteorit: meteorit berbatu, meteorit metalik, dan meteorit metalik berbatu. Sesuai namanya, meteorit berbatu adalah batuan, terutama terdiri dari mineral silikat sedangkan meteorit logam sebagian besar mengandung besi dan nikel . Mineral logam berbatu mengandung bahan logam dan batuan. Meteorit memiliki ukuran yang bervariasi. Ini dapat berkisar dari seukuran kerikil (sepersekian gram) hingga 100 kilogram atau lebih (seukuran batu besar). Micrometeorites adalah nama yang diberikan untuk meteorit yang lebih kecil dari 2mm.

Perbedaan Antara Asteroid dan Meteorit

Definisi

Asteroid adalah benda berbatu besar yang mengorbit Matahari sedangkan meteorit adalah pecahan padat dari puing-puing komet, asteroid, atau meteoroid yang berasal dari luar angkasa dan bertahan melewati atmosfer untuk mendarat di permukaan planet.

Lokasi

Asteroid berada di luar angkasa sementara meteorit mencapai permukaan planet.

Kesimpulan

Asteroid adalah benda berbatu besar yang mengorbit Matahari sedangkan meteorit adalah pecahan padat dari puing-puing komet, asteroid, atau meteoroid yang berasal dari luar angkasa dan bertahan melewati atmosfer untuk mendarat di permukaan planet. Dengan kata lain, perbedaan antara asteroid dan meteorit terletak pada penamaannya. Asteroid berada di luar angkasa, tetapi ketika memasuki atmosfer dan mencapai permukaan planet, kita menyebutnya meteorit.

Referensi:

1. “Meteor & Meteorit”. NASA, 25 Januari 2019, Tersedia di sini .
2. Mann, Adam. Apakah Meteorit Itu? Space.com, Space, 5 Desember 2018, Tersedia di sini .

Gambar Courtesy:

1. “Pemandangan sabuk asteroid” Oleh Pablo Carlos Budassi – Karya sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Commons Wikimedia
2. “Meteoroid meteorit meteorit” Oleh Anynobody – dibuat dengan Blender (CC BY-SA 3.0) melalui Commons Wikimedia


Baca Juga :


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *