Prinsip Kerja Mesin 4 Tak: Cara Kerja dan Mekanisme yang Harus Diketahui

Prinsip Kerja Mesin 4 Tak: Cara Kerja dan Mekanisme yang Harus Diketahui

Jika Anda pernah mengendarai atau bahkan hanya melihat mobil, pastinya Anda sudah mengetahui tentang mesin 4 tak. Mesin ini menjadi mesin yang paling umum digunakan oleh kendaraan saat ini, mulai dari mobil, motor, hingga pesawat terbang. Prinsip kerja mesin 4 tak adalah menghasilkan daya gerak dengan bahan bakar dan oksigen melalui sebuah sistem yang telah dirancang secara terperinci. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, akan dijelaskan secara mendetail tentang cara kerja dan mekanisme dari mesin 4 tak ini.

Cara Kerja Mesin 4 Tak

Mesin 4 tak berfungsi dengan siklus kerja yang terdiri dari 4 tak atau langkah, yaitu:

1. Langkah Pemasukan (Intake Stroke)

Pada tahap ini, pada saat piston turun ke bawah, klep masuk terbuka dan memungkinkan campuran bahan bakar dan udara untuk masuk ke ruang bakar mesin.

2. Langkah Kompresi (Compression Stroke)

Setelah langkah pemasukan , piston pada mesin bergerak naik dan mendorong campuran bahan bakar dan udara ke ujung panggul yang akan dirampas oleh busi, selama masa ini, udara dan bahan bakar diperas dan dikompresi untuk membentuk percikan api.

3. Langkah Pembakaran (Power Stroke)

Pada langkah pembakaran, bahan bakar yang telah terkompresi ini kemudian dibakar oleh busi, menghasilkan energi termal yang akan membuat piston turun kembali ke bawah.

4. Langkah Buang (Exhaust Stroke)

Langkah terakhirnya adalah langkah buang, pada saat piston kembali naik, klep buang terbuka dan memungkinkan gas buang keluar dari mesin dan keluar dari knalpot.

Mekanisme pada Mesin 4 Tak

Mesin 4 tak terdiri dari beberapa komponen penting yang mungkin perlu Anda ketahui. Berikut diantaranya:

1. Ruang Bakar

Ruangan bakar selalu menjadi komponen paling penting dari mesin 4 tak. Ini adalah area di mana bahan bakar dan udara dicampur dan dibakar untuk menghasilkan tenaga. Ruang bakar memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung pada jenis mesin yang digunakan.

2. Piston

Piston adalah salah satu komponen utama dari mesin 4 tak, yang berguna untuk mengontrol arus bahan bakar dan udara. Piston bergerak ke atas dan ke bawah dalam silinder mesin sesuai dengan tahapan 4 tak.

3. Busi

Busi merupakan komponen penting pada mesin 4 tak. Busi ini bekerja dalam tahap pembakaran, busi menciptakan busur listrik dan menyala, yang membakar bahan bakar yang sudah terkompresi.

4. Klep

Secara umum, mesin 4 tak memiliki beberapa jenis klep, seperti klep masuk dan klep buang. Klep masuk memungkinkan campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar, sedangkan klep buang memungkinkan gas buang keluar dari mesin.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang prinsip kerja dan mekanisme dari mesin 4 tak. Meskipun mesin ini memiliki desain yang kompleks, namun dengan mengetahui dasarnya, Anda dapat memahami cara kerja mesin 4 tak dengan lebih mudah. Jangan lupa, perawatan mesin secara rutin sangat penting untuk memperpanjang usia kendaraan dan menjaga performanya tetap optimal. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.