tokoh penemu televisi

Mengenal Tokoh Penemu Televisi

Tahukah kamu siapa penemu televisi? Jika kamu belum tahu siapa penemu televisi, pada kesempatan ini kami akan berbagi tentang siapa penemu televisi. Maka dari itu mari kita simak pembahasannya pada artikel berikut ini.

Televisi berkembang mulai dari televisi dengan warna hitam putih, televisi tabung, hingga yang sering kita gunakan saat ini yaitu Smart TV. Televisi adalah alat elektronik yang memiliki fungsi sebagai media telekomunikasi. Televisi ini bisa menerima siaran berupa gambar bergerak dan suara. Televisi berasalh dari dua kata yunani yaitu Tele yang berarti jauh dan kata latin yaitu visio yang berarti penglihatan. Sehingga jika digabungkan menjadi alat komunikasi jarak jauh dengan menggunakan media visual (penglihatan).

Sejak pertama kali Televisi ditemukan pada tahun 1940 an setelah perang dunia ke 2 usai, televisi menjadi pusat perhatian masyarakat dunia yang bahkan pada saat itu mengalahkan kepopuleran radio. Lalu sekitar tahun 1950 an sebagian orang sudah mempunyai televisi hitam putih.

Siapa Ilmuwan Penemu Televisi?

Sejak ditemukannya gelombang elektromagnet, penemuan radio dan tabung katoda hingga televisi berwarna, dari sederet beberapa ilmuwan yang sudah berjasa, sejarah penemuan televisi sangat sering dikaitkan dengan dua nama yaitu John Logie Baird dan Philo Farnsworth. Maka dari itu alangkah baiknya baca tentang dua tokoh penemu televisi berikut ini.

1. John Logie Baird

Penemu Televisi

John Logie Baird lahir di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus 1888, dia merupakan orang pertama yang mengenalkan tentang konsep Objek atau gambar bergerak. Konsep gambar bergerak ini merupakan sebuah cikal bakal untuk cara kerja televisi. Baird menggunakan Nipkow Disc yang mana adalah sebuah cakram besar dengan lubang yang mengitari cakram. Cakram ini adalah hasil dari penemuan peneliti jerman yaitu Paul Nipkow.

READ  Apa yang dimaksud formal dan informal?

Pada saat cakram diputar, sorotan cahaya mengenai objek statis dengan melalui lubang cakram. Cahaya tersebut mengenai sensor khusus yang berperan untuk menangkap pola perputaran cakram. Lalu, pemancar tersebut mengirimkan sinyal listrik dalam bentuk gelombang radio ke dalam receiver.

Penemuan dari Baird tersebut didemontrasikan pertama kalinya pada tahun 1926 di Royal Institution London Inggris. Akan tetapi televisi mekanik ini jauh dari kata sempurna. Gambar yang dihasilkan sangat sederhana dan masih terlihat buram.

Pada tahun 1928 Baird melakukan penelitian tentang Stereoscopic television, bedanya dengan penelitian yang sebelumnya yaitu terlihat dari kontras gambar yang dihasilkan sehingga objek dan warnanya dapat terlihat seperti wujud asli. Dari pembahasan ini amak dapat disimpulkan penemu televisi mekanik pertama yaitu John Logie Baird.

2. Philo Farnsworth

Ilmuwan yang sering dikaitkan dengan penemu televisi selanjutnya yaitu Philo Farnsworth. Dia sejak umur 6 tahun sudah mempelajari berbagai hasil penelitian dari Albert Einstein, Alexander Graham Bell dan juga Thomas Alva Edison. Philo Farnsworth lahir di Amerika pada tanggal 19 Agustus 1906, dia merupakan ilmuwan yang sangat berjasa dalam perkembangan televisi elektronik.

Sebelum risetnya berhasil, ada dua peneliti lain yang berdedikasi atas perkembangan televisi yaitu Alan Archibald Campbell-Swinton dan Boris Rosing yang berhasil mengembangkan tabung sinar katoda untuk menggantikan cakram milik Nipkow.

Pada saat usianya ke 21 tahun, Farnsworth sudah berhasil mengembangkan risetnya yang disebut dengan Image dissector. Alat ini memiliki bentuk tabung dengan kaca bening dan didalamnya ada sebuah tabung lagi. Perbedannya adalah tabung ini dilapisi dengan sesium oksida yang bisa memancarkan elektron pada saat terkena cahaya. Cara kerjanya hampir sama dengan cermin yang memantulkan refleksi objek.

READ  Apa arti dari wanita feminim?

Secara umum tabung ini bekerja cukup baik. Hanya memiliki kekurangan yaitu membutuhkan cahaya untuk menangkap bentuk dari suatu objek. Selain itu pada saat Farnsworth mengembangkan tabung Image dissector ada juga ilmuwan yang bernama Vladimir Zworykin juga memiliki alat yang sama yang disebut iconoscope. 

Pada tahun 1932 ada sebuah konflik antara Farnsworth dan Zworykin terkait dengan paten “siapa penemu televisi”. Hasil dari sidang diputuskan oleh pengadilan bahwa perusahaan tempat Zworykin bekerja yaitu Radio Corporation of America (RCA) harus membayar royalti terhadap pihak Farnsworth sebagai pemenang dari hak paten sistem televisi elektronik.

Nah itulah pembahasan mengenai siapa penemu televisi, semoga artikel kali ini bisa berguna dan bermanfaat dengan baik untuk anda.