web scraping

Web Scraping: Pengertian, Teknik, Serta Manfaat

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang web scraping? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang web scraping.

Pengertian Web Scrapping

web scraping

Web extraction atau biasa disebut Web scrapping merupakan metode otomatisasi yang digunakan untuk mengekstrak data dari sebuah website, database, aplikasi enterprise, atau sistem legacy lalu disimpan ke dalam file dengan spreadsheet

Sederhananya, web scraping adalah proses pengambilan data dari sebuah website.

Data scraping umumnya dipakai untuk beberapa pekerjaan yang terikat dengan data semisal research konten website, urusan bisnis dalam perbandingan harga, riset pasar pada sumber data public, dan semacamnya.

Terdapat dua metode web scrapping umum yang bisa Anda terapkan:

  • Metode manual yang menyalin data dengan cara copy paste dari suatu website.
  • Metode otomatis yang menerapkan coding, aplikasi, dan extension browser.

Teknik-Teknik Web Scraping

web scraping

Web scraping kini dimanjakan dengan bantuan browser extension dan aplikasi Tapi, hasil dari metode tersebut tidak sebaik metode manual dan koding. Berikut ini adalah enam teknik web scrapping yang perlu anda ketahui:

1. Menyalin Data secara Manual

Menyalin data website secara manual merupakan teknik web scrapping paling sederhana. Metode ini sangat efektif dari segi pencarian data. Berbeda dengan tool atau bot, Anda tahu betul letak informasi yang ingin disalin dari suatu website sehingga hasil web scraping dengan metode ini sangat akurat

Teknik ini menghabiskan lebih banyak waktu karena informasi harus diambil dan disimpan secara satu per satu. Cara ini bersifat lambat dan tidak praktis. Teknik ini tidak direkomendasikan bila jumlah data yang disalin pada website sangat besar.

2. Menggunakan Google Sheet

Umumnya, aplikasi web milik Google ini dipakai untuk membuat spreadsheet. Tapi nyatanya aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan web scraping dengan mudah.

Anda membutuhkan Google Spreadsheet dan browser berfitur inspect element untuk melakukan teknik ini. Anda hanya tinggal menyalin expression XPath dari elemen halaman website yang datanya akan Anda salin ke dalam command IMPORTXML yang terdapat di Google Sheet.

3. Menganalisa DOM

Document object model atau sering disingkat DOM adalah do representasi struktur sebuah halaman website yang ditulis dengan HTML.

Saat proses parsing HTML, DOM dari halaman yang ingin diekstrak datanya akan dimuat terlebih dahulu. Untungnya, DOM juga memikul data yang ada pada file HTML.

Oleh sebab itu, analisa DOM dapat dijadikan alternatif web scraping terhadap website dinamis bila parsing HTML tidak bekerja.

4. Menggunakan XPath

XPath merupakan bahasa kueri yang berfungsi untuk mencari data dari struktur file penunjang halaman seperti XML dan HTML. XPath umumnya diimplementasikan pada kerangka kerja yang kerap menangani data berupa dokumen XML atau dokumen markup lainnya. Anda dapat memilih teknik XPath saat analisa DOM bekerja kurang efektif.

5. Menggunakan Regular Expression

Regex atau Regular expression adalah baris kode atau serangkaian karakter yang diterapkan dalam algoritma pencarian untuk menemukan tipe data tertentu dari file-file penunjang sebuah website.

Keunggulan regular expression untuk web scraping adalah konsistensi syntaxnya di dalam berbagai bahasa pemrograman sehingga teknik ini bersifat sanga fleksibel. Regular expression juga berguna untuk mencari data berdasarkan jenisnya, seperti nama produk, harga, dan alamat email.

6. Parsing HTML

Parsing HTML adalah metode yang digarap dengan menyampaikan HTTP request kepada server penyimpanan data website yang datanya akan diekstrak.

Melalui teknik ini, Anda dapat melakukan web scraping pada halaman website yang bersifat statis dan dinamis. Tidak hanya itu, parsing HTML juga membantu Anda untuk menyalin jumlah data yang banyak dalam waktu singkat.

Tapi sangat disayangkan bahwa parsing HTML dapat ditangkal oleh proteksi website. Selain itu, anda juga dapat diblokir dari suatu situs bila terlalu sering melangsungkan teknik ini.

Manfaat Web Scraping

web scraping

Penggunaan web scraping mempersembahkan banyak manfaat. Berikut ini adalah empat keuntungan utamanya.

1. Mencari Informasi Suatu Perusahaan

Hadirnya berbagai situs web pada era digital saat ini membuat segala data dan informasi menjadi tersedia. Segala data dan informasi tersebut bernilai penting khususnya pada dunia bisnis, karena informasi tersebut berguna untuk mengungguli kompetitor mereka.

Dalam menjalankan bisnisnya, setiap perusahaan pasti pernah mendata informasi penting mengenai produk dan layanan perusahan pesaing. Lalu, data tersebut disimpan di dalam sebuah spreadsheet seperti Microsoft Excel, Google Sheet atau aplikasi semacamnya.

Apabila anda akan bekerjasama dengan pemilik bisnis lain, anda harus melakukan “investigasi” mandiri terhadap usaha tersebut dengan bantuan web scraping untuk memastikan bahwa usaha tersebut dapat dipercaya.

2. Memperoleh Leads

Leads adalah seseorang yang berminat dan tertarik pada suatu produk atau layanan perusahaan dalam beberapa cara atau bentuk. Jika dipandang melalui perspektif pelaku bisnis, leads patut diburu untuk dijadikan pelanggan

Caranya adalah dengan mendekati pengikut akun media sosial kompetitor agar mereka tertarik terhadap produk dan layanan anda.

Web scraping memudahkan proses ini, Anda dapat menyalin daftar pengikut masing-masing kompetitor dan menyalin alamat email mereka. Anda juga dapat memanfaatkan data lain berupa demografi pengikut sebagai bahan pengelompokan pasar dalam segmen tertentu.

3. Optimasi Harga Produk atau Layanan

Tidaklah gampang dalam menentukan harga bagi layanan atau produk Anda. Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yakni biaya produksi, sumber daya manusia, brand positioning, dan harga produk milik pesaing.

Beban pengumpulan harga produk dan layanan kompetitor dapat diringankan oleh Web Scrapping, dengan begitu anda bisa mengamati tren harga yang terdapat di pasar secara mudah.

4. Membandingkan Ulasan dalam Jumlah Besar

Untuk memenangkan hati konsumen, anda wajib memahami kebutuhan-kebutuhan mereka. Dengan berbekal pengetahuan tersebut, Anda bisa mengembangkan layanan dan menciptakan produk yang solutif.

Upaya yang dapat anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan membaca ulasan-ulasan konsumen mengenai produk dan layanan kompetitor di blog review, forum, ataupun marketplace online. Berkat web scraping, usaha untuk mendokumentasikan data tersebut akan dipermudah dan dipercepat.

Kendala dalam Melakukan Web Scraping

web scraping

Web scraping merupakan teknik yang sangat membantu dalam ekstraksi data situs, tapi terdapat juga hal-hal yang menjadi hambatan dalam implementasinya

1. Anda wajib paham mengenai struktur halaman website

Sebenarnya tidak semua teknik web scraping membutuhkan kemampuan coding. Tetapi, Anda tetap harus mempelajari dan memahami HTML dan CSS. Pemahaman mengenai kedua komponen tersebut diperlukan saat Anda hendak mencari letak data yang ingin diekstrak menggunakan fitur inspect element pada browser.

2. Tiada teknik web scraping yang 100% efektif

Tidak ada metode web scraping yang sempurna, baik teknik-teknik diatas ataupun yang menggunakan aplikasi. Mereka memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

3. Data yang dihasilkan tidak selalu rapi

Tidak peduli metode apa yang Anda terapkan pasti masih menyisakan teks-teks yang tidak diinginkan semisal tag HTML. Maka dari itu, Anda masih harus membereskan data hasil web scraping agar rapi.

4. Terdapat website yang sulit diekstrak datanya

Untuk tujuan keamanan, web developer akan senantiasa mengupdate websitenya dari segi kode maupun struktur halamannya. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa tidak semua website mudah diekstrak datanya.

5. Pemblokiran akses ke suatu website

Terlalu sering melaksanakan web scraping terhadap suatu website dapat berakibat IP Anda diblokir oleh adminnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang web scraping, semoga informasi yang kami sampaikan tentang web scraping, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja