Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan.

Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer untuk membuat tampilan visual website perusahaan menjadi lebih profesional dan terpercaya.

Desain website bukan melulu mengenai gambar warna-warni, lebih dari itu, tetapi juga harus diisi dengan konten-konten edukatif, website yang user-friendly, dan sebagainya.

Menentukan niche atau topik pembahasan dengan menjadi spesifik adalah salah satu upayanya, dalam desain website perusahaan menjadi lebih mudah tingkatkan trafik.

Berikut ini beberapa tips pentingnya membuat desain website yang profesional.

1. Tampilan Homepage Minimalis dan Sesuai dengan Fungsinya

Homepage atau berAnda adalah halaman awal saat audiens pertama kali mengunjungi website perusahaan.

Berikan informasi atau konten yang sesuai dengan kebutuhan yang sedang dicari audiens di internet. Jadi, pastikan website Anda melalui tahapan user experience (UX).

BerAnda website harus mudah diingat oleh audiens, bahkan audiens dapat menemukan solusi atas masalahnya saat mengunjungi website perusahaan.

Sertakan pula kata kunci yang menggambarkan karakter perusahaan dan produk yang ditawarkan perusahaan secara rinci.

Menggunakan ikon atau gambar juga bisa diupayakan sebagai penunjang atau alternatif untuk menyampaikan pesan yang diinginkan perusahaan.

2. Desain Website Menarik

Para desainer berlomba-lomba mengoptimalkan ide kreatifnya agar desain menarik dan disukai oleh audiens yang berkunjung ke website perusahaan.

Dimulai dari mengetahui karakter brand¸ produk yang ditawarkan, identity sebuah brand¸ hingga target pasar perusahaan.

Desainer harus memperhatikan komposisi warna, ukuran, dan kontras agar desain website bisa memperindah website perusahaan.

3. Konten Situs Web yang Mudah Dibaca

Konten adalah upaya yang harus dimaksimalkan untuk mengembangkan website perusahaan. Dipercaya atau tidak, diterima atau tidak website oleh mesin pencarian, tergantung dari konten.

Pastikan pemilihan kalimatnya tepat dan tidak terlalu panjang, mudah untuk dipahami, tidak membuat audiens kebingungan.

Kata-kata, slogan, atau kutipan harus singkat dan jelas, tidak bertele-tele. Tetap bersifat informatif, namun efisien.

Beberapa tips agar konten website mudah digunakan:

  •         Kontras adalah kuncinya: Pastikan untuk memilih warna yang kontras agar teks yang ditampilkan jelas dan mengidentifikasi atau mewakili website perusahaan.

Namun jangan takut bermain dengan warna, sebagai wujud kreativitas yang ingin ditampilkan.

  •         Selain memilih warna yang kontras, pastikan Anda juga memilih ukuran teks dan font yang sesuai untuk memaksimalkan tampilan pada website Anda.

Lakukan kombinasi dengan komposisi yang tepat dan tidak berlebihan

4. Memiliki Navigasi yang Mudah

Buat navigasi yang solid untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, misalnya dengan meletakkan logo di beranda.

Selain itu, menu di bagian atas (header) disusun sesuai dengan kepentingan masing-masing halaman website.

Sediakan juga beberapa navigasi alternatif, misalnya mempermudah audiens untuk scrolling, coba gunakan satu klik, untuk cepat kembali ke halaman atas, atau turun langsung ke bawah.

Footer adalah hal terakhir yang mungkin Anda lihat di situs web, jangan lupa untuk menyertakan tautan penting seperti kontak, FAQ, dan ikon media sosial yang dibutuhkan pengunjung audiens.

5. Mobile Friendly

Tidak semua audiens menggunakan laptop sebagai perangkat untuk jelajah internet, banyak pula audiens yang hanya memilih perangkat mobile.

Tampilan website pada pc/laptop dan tampilan website pada mobile sudah pasti berbeda, melihat dari ukuran layar kedua perangkat yang berbeda.

Pada mobile, kemungkinan tampilan visual lebih kecil, sehingga harus upayakan tampilan yang lebih sesuai.

Beriku rekomendasi website yang dapat Anda kunjungi untuk memperoleh ide desain website.

Rekomendasi Website Dapet Ide Desain

Sulit untuk mencari ide desain? Berikut ini rekomendasi website yang bisa Anda kunjungi agar memperoleh ide desain.

1. CANVA

Canva menjadi favorit para content creator yang hanya bermodalkan smartphone karena Canva mudah diunggah secara gratis.

Selain mudah diunggah, Canva juga menyediakan banyak sekali komponen desain yang bisa diakses secara gratis.

Untuk mengaksesnya secara penuh, Anda harus mengaktifkan Canva premium terlebih dahulu, yang kini sudah banyak jasanya yang menyediakan fitur Canva premium.

Selain komponen desain, Canva juga menyediakan banyak rekomendasi template yang bagus-bagus sehingga bisa dijadikan inspirasi ide desain. Desainer pemula bisa cek!

2. Pinterest

Salah satu Media Sosial yang menyediakan ribuan foto yang bisa kita akses kapanpun, meski tetap harus cantumkan nama akunnya.

Pinterest selain bisa menjadi tempat untuk mencari inspirasi desain, bisa juga untuk mencari foto-foto keren untuk wallpaper di handphone.

3. Dribble (Dribbble.com)

Dribble merupakan website Media Sosial yang sering dipakai para desainer untuk pamerkan karya mereka sehingga bisa Anda intip dan dijadikan bahan inspirasi desain.

Selain itu, di Dribble Anda juga bisa menjual karya desain Anda di Marketplace atau mencari lowongan kerja sebagian desainer.

4. Behance (behance.net)

Di Behance, banyak juga desainer yang turut memamerkan karya desainnya secara bebas. Di sini Anda bisa banyak memperoleh inspirasi dari karya-karya tersebut.

Behance juga masih satu grup dengan Adobe, sehingga terjamin kredibilitasnya. Anda bisa mencari desain berdasar tema desain, hingga software yang digunakan desainernya, bisa Anda filter semua.

Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.

Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profilewebsite toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.

Sumber foto: Photo by Amélie Mourichon on Unsplash

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

Bagaimana cara membuat logo yang baik

Bagaimana cara membuat logo yang baik?

Beberapa pengusaha berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan logo. Namun. Ada banyak tugas penting lainnya. Anda dapat mendesain logo di generator logo Turbologo. Apa itu logo?

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital. Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

SEO atau AdWords, merupakan strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan trafik website di halaman hasil pencarian Google. Setelah peringkat website naik, Anda akan memperoleh