Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Memakai SEO

Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Memakai SEO

Banyak pebisnis tahu (atau berpikir mereka tahu) bahwa mereka memerlukan Jasa SEO untuk properti digital mereka, dan manfaat yang akan mereka dapat dari SEO yang diimplementasikan pada website mereka.

SEO tentu saja akan meningkatkan keseluruhan penelusuran dan visibilitas situs web, tetapi nilai nyata apa yang ditawarkan? Mengapa SEO sangat penting?

Ke-12 alasan ini menjelaskan, terlepas dari jenis atau skala bisnis, mengapa para pebisnis perlu memakai SEO untuk meningkatkan kesuksesan bisnis mereka.

1. Pencarian Organik Sering Jadi Sumber Utama Trafik ke Website

Penelusuran organik adalah faktor terbesar yang berpengaruh pada kinerja website bisnis anda, serta komponen penting corong masukknya pembeli ke website dan pada akhirnya membuat mereka membeli produk atau jasa anda.

Seperti yang diketahui para pemasar, Google memiliki porsi pasar pencarian yang jauh lebih besar daripada pesaing seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex, DuckDuckGo, dan banyak lainnya.

Itu tidak berarti bahwa semua mesin telusur tidak berkontribusi pada visibilitas bisnis anda – mereka melakukannya – hanya saja Google memiliki sekitar 75 persen dari keseluruhan pasar pencarian. Ini adalah pemimpin yang jelas dan pedomannya penting untuk diikuti.

Tetapi sisa 25 persen dari pasar yang dimiliki oleh mesin lain jelas sangat berharga bagi merek juga.

Google, menjadi situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia (serta khususnya di Indonesia), juga merupakan penyedia email paling populer di dunia (dengan lebih dari 1 miliar pengguna). Belum lagi YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua.

Mayoritas pengguna internet di seluruh dunia yang memiliki akses ke internet, pasti mengunjungi Google setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan informasi.

Menjadi nomor 1 di Google dan mesin pencari lainnya akan menjadikan website anda banyak dikunjungi calon klien anda.

2. SEO Membangun Kepercayaan & Kredibilitas

Tujuan dari setiap proses SEO adalah untuk membangun fondasi yang kuat untuk website bisnis anda dengan cara menjadikannya mudah ditemukan dalam penelusuran berkat berkat kepercayaan dan kredibilitas merek dan properti digital anda.

Banyak elemen masuk ke dalam faktor  domain authority mesin pencari seperti Google. Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, domain authority diperoleh seiring waktu sebagai hasil dari elemen seperti:

  • backlink berkualitas.
  • Perilaku pengguna yang positif.
  • Sinyal pembelajaran mesin.
  • Elemen dan konten di-halaman yang dioptimalkan.

Tetapi menetapkan bahwa otoritas akan melakukan lebih banyak untuk merek daripada kebanyakan, jika tidak semua, pengoptimalan digital lainnya. Masalahnya, mustahil membangun kepercayaan dan kredibilitas dalam semalam – sama seperti kehidupan nyata. Otoritas diperoleh dan dibangun dari waktu ke waktu.

Membangun merek sebagai otoritas membutuhkan kesabaran, upaya, dan komitmen, tetapi juga bergantung pada penawaran produk atau layanan berkualitas dan berharga yang memungkinkan pelanggan untuk mempercayai suatu merek.

3. SEO yang Baik Juga Berarti Pengalaman Pengguna Yang Lebih Baik

Semua orang menginginkan peringkat organik yang lebih baik dan visibilitas maksimum. Hanya sedikit yang menyadari bahwa pengalaman pengguna yang optimal adalah bagian terbesar dari pencapaiannya.

Google telah belajar cara menafsirkan pengalaman pengguna yang menguntungkan atau tidak menyenangkan, dan pengalaman pengguna yang positif telah menjadi elemen penting bagi keberhasilan situs web.

Pelanggan tahu apa yang mereka inginkan. Jika mereka tidak dapat menemukannya, akan ada masalah. Dan kinerja akan menderita.

Contoh yang jelas untuk membangun pengalaman pengguna yang kuat adalah bagaimana Google menjadi lebih dan lebih dari mesin jawaban yang menawarkan data yang dicari langsung di SERPs (halaman hasil mesin pencari) untuk pengguna.

Maksudnya adalah menawarkan pengguna informasi yang mereka cari dalam klik lebih sedikit, dengan cepat dan mudah.

Kualitas SEO menggabungkan pengalaman pengguna yang positif, memanfaatkannya untuk bekerja sesuai keinginan merek.

4. SEO Lokal Berarti Peningkatan Keterlibatan, Lalu Lintas & Konversi

Dengan meningkatnya dan pertumbuhan dominasi lalu lintas seluler, penelusuran lokal telah menjadi bagian mendasar dari kesuksesan bisnis kecil dan menengah.

SEO lokal bertujuan untuk mengoptimalkan properti digital Anda untuk lingkungan tertentu, sehingga orang dapat menemukan Anda dengan cepat dan mudah, menempatkan mereka satu langkah lebih dekat ke suatu transaksi.

Pengoptimalan lokal berfokus pada kota, kota, wilayah, dan bahkan negara bagian tertentu, untuk membentuk media yang layak untuk olahpesan merek di tingkat lokal.

Pro SEO melakukan ini dengan mengoptimalkan situs web merek dan kontennya, termasuk kutipan lokal dan tautan balik, serta cantuman lokal yang relevan dengan lokasi dan sektor bisnis yang dimiliki sebuah merek.

Untuk mempromosikan keterlibatan di tingkat lokal, para profesional SEO harus mengoptimalkan panel Grafik Pengetahuan merek, daftar Google Bisnisku miliknya, dan profil media sosialnya sebagai permulaan.

Juga harus ada penekanan kuat pada ulasan pengguna di Google, serta situs ulasan lainnya seperti Yelp, Home Advisor, dan Angie’s List (antara lain), tergantung pada industri.

5. SEO berdampak pada Siklus Membeli

Pelanggan melakukan penelitian mereka. Itu adalah salah satu keuntungan terbesar internet dari perspektif pembeli.

Menggunakan taktik SEO untuk menyampaikan pesan Anda untuk transaksi yang baik, produk dan / atau layanan inovatif, dan pentingnya dan bergantung pada apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan akan menjadi pengubah permainan.

Ini juga akan mempengaruhi siklus pembelian dengan cara positif ketika dilakukan dengan benar.

Merek harus terlihat di tempat orang membutuhkannya agar koneksi yang layak harus dibuat. SEO lokal meningkatkan visibilitas dan memungkinkan calon pelanggan menemukan jawabannya, dan bisnis yang menyediakan jawaban tersebut.

6. Praktik Terbaik SEO Selalu Diperbarui

Sangat bagus untuk menerapkan taktik SEO di situs web merek dan di seluruh properti digitalnya, tetapi jika itu adalah keterlibatan jangka pendek (pembatasan anggaran, dll.) Dan situs tidak dievaluasi ulang secara konsisten dari waktu ke waktu, itu akan mencapai ambang di mana ia tidak bisa lagi berkembang karena halangan lain.

Cara dunia pencarian berkembang, pada dasarnya pada kebijaksanaan Google, membutuhkan pemantauan konstan untuk perubahan agar tetap di depan persaingan dan, mudah-mudahan, di Halaman 1.

Menjadi proaktif dan memantau perubahan algoritme utama selalu akan menguntungkan merek.

Kami tahu Google membuat ribuan algoritme berubah setiap tahun. Jatuh terlalu jauh di belakang, dan akan sangat sulit untuk kembali. Pro SEO membantu untuk memastikan bahwa dihindari.

7. Memahami SEO Membantu Anda Memahami Lingkungan Web

Dengan lingkungan yang selalu berubah yaitu World Wide Web, itu bisa menjadi tantangan untuk tetap di atas perubahan yang terjadi.

Tetapi tetap di atas SEO termasuk berada di loop untuk perubahan besar yang terjadi untuk pencarian.

Mengetahui lingkungan Web, termasuk taktik yang digunakan oleh bisnis dan pesaing lokal lainnya, akan selalu bermanfaat bagi merek-merek tersebut.

8. SEO Relatif Murah

Tentu, itu membutuhkan uang. Semua hal terbaik, kan?

Tetapi SEO relatif murah dalam skema besar, dan imbalannya kemungkinan besar akan cukup besar dalam hal manfaat dan keuntungan suatu merek.

Ini bukan biaya pemasaran; ini adalah investasi bisnis sejati. Implementasi SEO yang baik akan menahan air selama bertahun-tahun yang akan datang. Dan, seperti kebanyakan hal dalam hidup, hanya akan lebih baik dengan lebih banyak perhatian (dan investasi) yang didapatnya.

9. Ini Strategi Jangka Panjang

SEO dapat (dan semoga) memiliki dampak yang nyata dalam tahun pertama tindakan yang diambil, dan banyak dari tindakan tersebut akan memiliki dampak yang berlangsung lebih dari beberapa tahun.

Seiring perkembangan pasar, ya, sebaiknya ikuti tren dan perubahan dengan cermat. Tetapi bahkan sebuah situs yang tidak memiliki muatan penuh dari rekomendasi SEO yang diimplementasikan akan meningkatkan dari praktik terbaik SEO dasar yang dipekerjakan di situs web yang jujur dengan pengalaman pengguna yang layak.

Dan semakin banyak waktu, usaha, dan anggaran SEO yang berkomitmen untuk itu, semakin baik dan semakin lama situs web menjadi pesaing yang layak di pasarnya.

10. Itu Dapat Diukur

Meskipun SEO tidak menawarkan ROI yang lebih mudah dihitung seperti pencarian berbayar, Anda dapat mengukur hampir semua hal dengan pelacakan dan analisis yang tepat.

Masalah besar adalah mencoba menghubungkan titik-titik di bagian belakang karena tidak ada cara yang pasti untuk memahami korelasi antara semua tindakan yang diambil.

Namun, perlu dipahami bagaimana tindakan tertentu seharusnya mempengaruhi kinerja dan pertumbuhan, dan semoga mereka melakukannya.

SEO yang baik akan mengarah pada peningkatan itu, jadi menghubungkan titik-titik seharusnya tidak menjadi tantangan.

Merek juga ingin tahu dan memahami di mana mereka berada, di mana mereka berada, dan kemana mereka pergi dalam hal kinerja digital, terutama untuk SEO ketika mereka memiliki orang / perusahaan yang dibayar untuk dieksekusi atas namanya.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan kesuksesan SEO. Kita semua tahu data tidak pernah berbohong.

11. SEO Membawa Peluang Baru ke Cahaya

SEO berkualitas tinggi akan selalu menemukan cara untuk menemukan dan memanfaatkan peluang baru untuk merek, bukan hanya ditemukan, tetapi untuk bersinar.

Menawarkan kualitas SEO untuk merek berarti menyerahkan tim SEO dalam segala hal yang merupakan merek itu. Ini adalah satu-satunya cara untuk benar-benar memasarkan merek dengan semangat dan pemahaman yang dimiliki oleh pemangku kepentingan merek untuk itu: menjadi pemangku kepentingan.

Semakin baik suatu merek dipahami, semakin banyak peluang akan muncul untuk membantunya berkembang. Hal yang sama dapat dikatakan tentang SEO.

12. Jika Anda Tidak di Halaman 1, Anda Tidak Memenangkan Klik

Bukan rahasia di dunia SEO bahwa jika Anda tidak berada di Laman 1, Anda kemungkinan tidak akan membunuh permainan penelusuran organik.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tiga posisi pencarian organik pertama menghasilkan hampir 40 persen dari semua klik-tayang, sementara hingga 30 persen dari semua hasil di Laman 1 dan 2 tidak diklik sama sekali.

Apa maksudnya ini? Dua hal:

  • Jika Anda tidak berada di Halaman 1, Anda harus.
    Masih terlalu banyak contoh saat pengguna mengetikkan permintaan pencarian dan tidak dapat menemukan apa yang dicari.

Kesimpulan

Penerapan SEO yang kuat dan berkualitas di situs web merek dan properti digital selalu akan bermanfaat bagi merek tersebut dan upaya pemasarannya. Ini dianggap sebagai teknik pemasaran “usia baru”, tetapi sangat penting bagi keberadaan web merek di zaman sekarang ini, terutama karena data yang tersedia dan persaingan yang bersaing terus meningkat dan berkembang.

Close Menu
Open chat