Page Authority adalah metric yang digunakan untuk mengestimasi seberapa tinggi ranking halamanmu, dibandingkan dengan halaman lain dengan topic pembahasan yang sama.
Sama dengan domain authority, page authority juga dikembangkan oleh perusahaan pengembang SEO, yaitu Moz.
Jika Anda ingin meningkatkan peringkat bisnis Anda di Search Engines Results Pages (SERPs), ada beberapa alat dan metrik bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Page Authority.
Untuk mencapai Page Authority yang ideal, maka Anda harus meningkatkan kualitas pembuatan tautan dan kreasi konten.
Bagaimana Page Authority Dikalkulasikan?
Sama halnya dengan domain authority, Moz memperhitungkan banyak kriteria untuk meningkatkan Page Authority pada website Anda.
Penilai Page Authority adalah skor 1 – 100, semaking tinggi skornya, maka akan semakin besar kemungkinan lama sebuah website menduduki peringkat teratas.
Dalam perhitungan ini, tautan dan konten adalah yang paling penting, namun terdapat beberapa contoh lain yang juga diperhitungkan: Buat sejumlah besar tautan eksternal dan internal, yang mengarah dengan jangkar yang dioptimalkan untuk halaman
Bertukar dan menjual link di internet adalah hal yang sering dilakukan oleh para blogger untuk mencapai tujuannya
Saat bertukar tautan, tentukan DA situs web yang ingin Anda tautkan, karena jika situs web tersebut memiliki Otoritas Domain yang kuat, halaman tersebut akan memiliki peluang lebih baik untuk meningkatkan PA-nya.
Mempertimbangkan pengalaman pengguna situs web atau halaman yang dilihat oleh pengunjung.
Rasio pentalan dan waktu yang dihabiskan oleh pembaca pada suatu halaman adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan otoritas halaman website
Kuantitas dan kualitas tautan masuk dan keluar
- Kualitas penulisan dari Penulis
- Trafik yang ditautkan ke halaman
- Sikap pembaca
- Kepadatan keywords
Mengapa Page Authority menjadi sangat penting dalam pengembangan SEO? Semakin tinggi page authority, semakin tinggi pula domain authority, semakin tinggi peluang website menjadi kredibel bagi Google.
Page Authority: Bagaimana Cara Meningkatkannya pada SEO?
Pada sistem ini, Moz mencoba untuk mereplikasi algoritma Google, maka terdapat dua kriteria yang dianggap penting bagi Moz untuk meningkatkan Page Authority.
1. Konten
Konten dianggap penting sebagai penunjang meningkatkan skor Page Authority dari sebuah website¸ mari simak beberapa langkah membuat konten yang baik.
Hal pertama yang bisa diterapkan sebelum membuat konten, adalah memahami unsur E-A-T terlebih dahulu.
E-A-T adalah singkatan dari Expertise, Authority, dan Trustworthiness. Tujuan dari penerapaan tiga unsur ini, adalah sebagai bukti bahwa website Anda dapat dipercaya.
Banyak orang menyukai konten buatanmu, maka tidak menutup kemungkinan orang-orang akan kembali mengunjungi website milik Anda.
Berikut penjelasan dari E-A-T
-
Espertise
Pengetahuan serta wawasan. Seorang Penulis butuh banyak sekali sumber ilmu, agar tidak pernah kehabisan bahan tulisan.
Rajin membaca adalah kuncinya, selanjutnya jangan pernah malas untuk melakukan research, baik di internet maupun buku.
-
Authority
Sebuah konten jika sudah banyak dibaca orang saja rasanya akan senang sekali, tapi akan lebih memuaskan jika konten kita bisa menjadi sumber inspirasi.
-
Trustworthyness
Berasal dari kata “trust”, dalam Bahasa Inggris yang artinya percaya, artinya Anda harus bisa membangun kepercayaan para audiens.
Berikan mereka ilmu, sumber informasi yang kredibel dan terpercaya, sehingga mereka akan selalu mengunjungi website Anda untuk mencari informasi lainnya.
Setelah membuat konten, Anda bisa mulai mempromosikan kontenmu di berbagai Media Sosial, seperti Facebook, Twitter, maupun media chatting seperti WhatsApp atau Line.
2. Tautan
Tautan dalam sebuah konten, bisa berupa internal link maupun external link. Keduanya bsia berpengaruh pada peningkatan Page Authority.
Internal link merupakan tautan yang mengarah kepada satu halaman, kemudian ditempelkan kepada konten halaman lain di satu website yang sama.
Sedangkan external link, merupakan tautan untuk satu halaman, kemudian ditempelkan kepada satu konten di halaman lain yang berasal dari website berbeda.
Penempelan internal link ini bertujuan untuk menggiring audiens mengunjungi konten lain di website yang sama, jika kedua halaman tersebut memiliki topik yang berhubungan.
Sedangkan penempelan external link, bertujuan untuk meningkatkan visibilitas konten halaman website yang seakan mengikuti external link tersebut.
Jadi pastikan external link memiliki Page Authority dan Domain Authority yang tinggi.
Dengan internal link, visibilitas konten bisa lebih meningkat serta mengurangi tingkat bounce rate website. Itulah alasan kenapa internal link dapat mempengaruhi skor Domain Authority dan Page Authority website Anda.
Perhatikan 3 hal berikut ketika membuat internal link:
- Buat internal link ke halaman yang saling berkaitan.
- Jangan terlalu banyak menggunakan internal link dalam sebuah artikel.
- Gunakan jenis anchor text yang tepat.
Page Authority: Cara Mengoptimalkannya pada SEO
Mulai membuat sejumlah besar tautan eksternal dan internal, tempelkan tautan-tautan tersebut pada konten di halaman website.
Bertukar dan menjual link di internet adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh para untuk mencapai tujuannya
Saat bertukar tautan, tentukan Domain Authority website yang ingin Anda tautkan, website dengan Domain Authority yang kuat akan membantu website Anda.
Jika website tersebut memiliki Domain Authority yang kuat, maka bisa meningkatkan Page Authority halaman dari website Anda.
Pertimbangkan pula user’s experience dari website. Jika audiens menikmati website Anda, dan berlama-lama menjelajahinya, maka dapat meningkatkan Page Authority.
Penutup
Setelah membaca artikel ini, pastikan Anda memeriksa skor domain authority dan page authority di website Anda.
Lakukan tips di atas, cara untuk meningkatkan skor page authority serta cara menerapkannya pada konten-konten SEO.
Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.
Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profile, website toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.
—
Sumber foto: Foto oleh Pixabay